Kita Beruntung Gerhana Matahari Total 2016 Hanya Terlihat di Indonesia

banner

Indonesia memang diberi banyak anugerah oleh Yang Maha Kuasa. Tidak hanya kekayaan alam dan panorama alamnya yang luar biasa indah. Akan tetapi juga beberapa kesempatan untuk menikmati momen langka, yakni gerhana matahari. Siapkah Anda menikmati keindahan gerhana matahari total dan gerhana matahari sebagian 9 Maret mendatang di berbagai destinasi?

Gerhana matahari total adalah sebuah momen langka yang tidak terjadi setiap tahun. Tidak setiap daerah mendapat kesempatan menikmati momen alam yang menakjubkan ini. Beruntunglah masyarakat Indonesia karena sejak Indonesia merdeka sudah terjadi sembilan kali gerhana matahari total.

Sayangnya gerhana matahari ini dulu disikapi dengan penuh ketakutan. Saya juga termasuk yang was-was akan gerhana matahari. Kekuatiran utama adalah takut buta. Kekuatiran itu sempat tertanam dalam benak karena kisahnya dituangkan lewat cerpen anak-anak.

Saya masih ingat ceritanya dimana si anak lupa jika hari tersebut adalah gerhana matahari. Ketika bermain di luar ia heran langit menjadi gelap seperti malam, maka ia secara spontan melihat langit dan terbakarlah retina matanya. Ia pun menjadi buta. Gadis kecil tersebut menyesal bermain di luar dan lalai atas peringatan ibunya akan gerhana matahari.

Ketika terjadi gerhana matahari total tahun 1988 dan 1995 saya merasa senang fenomena langka tersebut tidak terjadi di daerah saya, di kota Malang. Saya merasa was-was apabila saya lupa seperti yang dialami gadis kecil dalam cerita tersebut dan kemudian menjadi buta.

Cerita itu benar-benar menancap dalam benak. Sehingga ketika pemerintah saat ini malah menghimbau dan mengajak masyarakat untuk menikmati keindahan gerhana matahari total awalnya saya malah ragu. Dalam hati berkata, hei apa tidak salah nih. Apa pemerintah tidak kuatir warganya jadi buta masal? Namun prasangka dan pandangan saya kemudian berubah.

Setiap hari sejak awal tahun 2016 saya membaca satu-persatu berita dan artikel tentang gerhana matahari total yang akan terjadi 9 Maret mendatang. Di antara warta online yang rajin menginfokan hal tersebut adalah detik.com.

Rupanya ada banyak hal menarik yang telah dipersiapkan pemerintah untuk mendorong warganya untuk menyaksikan momen langka ini. Yang dilakukan pertama oleh pemerintah adalah menghapus stigma negatif akan menyaksikan gerhana matahari. Ketakutan berlebihan masyarakat Indonesia terhadap gerhana matahari harus direduksi, syukur-syukur rasa takut itu hilang dan berganti dengan rasa ingin tahu yang tinggi.

Pemerintah pun menyosialisasikan bahwa gerhana matahari adalah momen sains dimana posisi bulan berada di tengah dan menutupi matahari sehingga matahari seolah lenyap. Saat kemudian bulan bergeser dan korona matahari mulai nampak inilah momen terindah sekaligus berisiko dimana warga yang menonton memerlukan kacamata khusus.

Saya memang pernah melihat dokumentasi foto-foto tentang gerhana matahari total tahun 1983 di sebuah majalah. Dan memang sangat indah. Akan tetapi karena tidak punya kacamata khusus dan tidak tahu cara menontonnya dengan aman, maka saya pun lebih baik bersembunyi daripada lupa melihat langsung dan buta.

Menonton Gerhana Matahari Sambil Berwisata
Rupanya pemerintah pusat dan pemerintah daerah memiliki konsep terpadu untuk menyemarakkan momen langka gerhana matahari total dan sebagian 2016. Mereka tidak mau kalah dengan pelukis terkenal Affandi yang mengabadikan momen gerhana matahari 1983 lewat lukisannya.

Gerhana matahari 2016 menjadi salah satu promosi pariwisata di Indonesia. Ada 11 daerah dengan 12 titik obyek pemantauan untuk menonton gerhana matahari total dan daerah untuk menikmati gerhana matahari sebagian. Sebagian besar daerah tersebut adalah tempat wisata. Sehingga para pemburu atau laskar gerhana matahari bisa menikmati keindahan alam, menikmati kekayaan kuliner dan budaya sembari menyaksikan momen istimewa ini.

Daerah yang dilewati gerhana matahari total adalah Bengkulu, Sumatera Selatan, Jambi, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara. Belitung yang terkenal akan keindahan pantainya tiketnya telah diburu. Pantai Susupu Jailolo yang penuh kambing juga menjadi tujuan destinasi pemburu gerhana matahari. Sedangkan Palembang tak mau kalah dengan mempercantik kawasan Jembatan Ampera dan Kampung Arab. Total ada 100 even di 12 titik pemantauan tersebut.

Sedangkan gerhana matahari sebagian bisa dinikmati di Jakarta, Padang, Bandung, Surabaya, Pontianak, Denpasar, Banjarmasin, Kupang, Makassar, Ambon dan Manado. Gerhana matahari sebagian juga tak kalah menawannya sehingga warga kota tersebut diharapkan menyaksikan fenomena langka ini langsung.

Selain Kementerian Pariwisata, PT Pos Indonesia tak mau kalah dengan merilis perangko dan kartu pos edisi terbatas. Kartu pos dan perangko ini bakal dirilis 23 Februari dan telah diincar para filatelis. Sedangkan Blogdetik membuat berbagai kontes, salah satunya lomba blog untuk mencari Laskar Gerhana detikcom.

Untuk menonton gerhana matahari tersebut Anda perlu mengenakan kacamata gerhana, pemantul cahaya matahari atau kamera lubang jarum pada saat korona mulai nampak. Sedangkan pada gerhana matahari sebagian Anda perlu mengenakannya sejak proses gerhana matahari karena sinar matahari masih kuat.

Nah, sudah tahu bukan gerhana matahari tidak seharusnya ditakuti. Momen langka ini sepatutnya malah disyukuri karena membuktikan kehebatan fenomena alam.

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Februari 20, 2016.

2 Tanggapan to “Kita Beruntung Gerhana Matahari Total 2016 Hanya Terlihat di Indonesia”

  1. Semoga menang kontes ya Mbak … sampe ketemu di Belitung hehehe …

    Salam,
    http://ghost-ships.blogspot.co.id/2016/02/menikmati-keindahan-gerhana-matahari.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: