Komitmen Semen Padang Menerapkan Kaidah Green Industry

pabrik indarung v

Semen Padang memiliki motto yang unik yang membuat saya ingin mengenal lebih dalam tentang perusahaan besar yang tergabung dalam konsorsium Semen Indonesia ini. Motto mereka adalah Kami telah berbuat sebelum yang lain memikirkannya. Nah apa sebenarnya makna motto tersebut?!

Aktivitas tambang termasuk penambangan batu kapur dan tanah liat sebagai bahan pembuatan semen kerap dianggap kambing hitam perusak lingkungan. Padahal tidak seluruh industri pertambangan memiliki dampak negatif ke lingkungan dan sosial kemasyarakatan.

Semen Padang salah satu perusahaan yang bergerak di pertambangan yang ingin menepis tudingan negatif akan industri semen dengan menunjukkan komitmennya sebagai industri pertambangan yang peduli terhadap lingkungan. Pabrik semen ini ingin menjadi pionir sebagai perusahaan yang berkonsep green industry seperti halnya sejarah mencatat Semen Padang merupakan pabrik semen tertua di Indonesia, bahkan pertama di kawasan Asia Tenggara.

Yang mungkin belum banyak diketahui masyarakat, termasuk saya, Semen Padang telah hadir sejak jaman sebelum Indonesia merdeka yakni pada 18 Maret 1910. Pada saat itu Semen Padang masih bernama NV Nederlandsch Indische Portland Cement Maatschappij dan pabrik semen pertamanya adalah Pabrik Indarung I yang saat ini telah menjadi industrial heritage.

1506110750_sejarah

Semen Padang pun kemudian tumbuh semakin besar dan menjadi salah satu perusahaan besar yang berlokasi di luar Jawa. Jumlah pabriknya pun semakin bertambah dengan akan beroperasinya Pabrik Indarung VI

Motto “Kami telah berbuat sebelum yang lain memikirkannya” rupanya telah diluncurkan sejak tahun 1970. Berdasarkan motto tersebut, bukan hanya pabriknya saja yang dibangun paling awal dibandingkan pabrik semen lainnya, namun komitmen mereka untuk memperhatikan kelestarian alam dengan melakukan reklamasi dan penghijauan sejak tahun 1990-an bagi saya patut diacungi jempol

Pada tahun 1990-an, yakni sejak tahun 1993 PT Semen Padang telah memulai program penghijauan di penjuru Sumatera Barat. Program penghijauan ini rutin diselenggarakan termasuk baru-baru ini di lahan reklamasi lapangan golf dengan melakukan penanaman pohon-pohon langka seperti majapahit, indarung, garahan, dan keben. Sementara untuk program reklamasi telah dilakukan mulai tahun 1995 dengan mereklamasi tambang tanah liat menjadi lapangan golf.

Komitmen Semen Padang terhadap kelestarian lingkungan tidak hanya berhenti di situ, agar tidak terjadi polusi saat mengangkut batu kapur maka digunakan long belt conveyor dan untuk pengurangan emisi gas buang sekaligus membangun kemandirian energi maka sejak tahun 2012 telah beroperasi Waste Heat Recovery Power Generation (WHRPG). Pembangkit listrik gas buang ini bisa menghasilkan 8,5 MW listrik. Sehingga emisi gas buang bisa direduksi sedangkan di sisi lain juga menghasilkan energi.

Selain memperhatikan kelestarian lingkungan, Semen Padang juga memberikan perhatian ke masyarakat sekeliling dengan program CSR-nya seperti program kemitraan dan bina lingkungan. Batik Tanah Liek merupakan salah satu mitra binaan Semen Padang dimana memiliki keunikan karena pewarnaannya menggunakan tanah liat. Ada juga program ekonomi komunitas untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat, penyelenggaraan Loka Latihan dan Keterampilan bagi kaum muda, pemberian beasiswa, aktivitas donor darah, penyaluran bantuan bencana alam, dan sebagainya.

batik

Nah pada usianya yang menginjak 106 tahun pada 18 Maret ini, Semen Padang akan semakin meningkatkan produktivitas dan memberikan kontribusi dengan berkomitmen menerapkan kaidah green industry. Wah omong-omong saya jadi makin penasaran seperti apa operasional Semen Padang yang disebut-sebut berkomitmen green industry ini.

poster2

Gambar dari website semen padang

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Februari 27, 2016.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: