Belajar Keuangan dari Film The Big Short

The_Big_Short_teaser_poster

Film-film bertema pasar modal meskipun berat tetap asyik diikuti. Setidaknya menambah wawasan tentang ilmu keuangan. Dalam film The Big Short rupanya krisis moneter yang terjadi di Amerika dan kemudian mengglobal disebabkan bisnis perumahan, yang melibatkan berbagai institusi termasuk pasar modal.Ada yang bangkrut ada juga yang kemudian menjadi milyuner.

Film diawali dengan pengenalan karakter Christian Bale sebagai Michael Burry, seorang manajer di jasa keuangan yang pandai menganalisis. Ia sudah merasa bakal terjadi sesuatu yang menghantam kondisi keuangan di Amerika.

Ia melihatnya dari berbagai fenomena penjualan rumah yang terkesan jor-joran dan kenaikan harga rumah yang fantastis. Ia merasa bisnis perumahan juga tidak stabil dan bakal goyang karena perbankan semakin memudahkan orang memiliki rumah tanpa menyortir kemampuan calon pemiliknya untuk melunasi pinjaman. Ia tahu ia dapat memanfaatkan situasi tersebut dan mulai menjalankan strateginya.

Di tempat lain Jared Vennet (Ryan Gosling) menyadari prediksi Burry benar dan mengikuti strategi Burry. Perbuatan Vennet membuat Mark Baum (Steve Carell) terheran-heran. Namun keduanya kemudian melakukan investigasi tentang kondisi bisnis perumahan dan mengungkap ‘kenakalan’ investasi di pasar modal.

Pensiunan perbankan, Ben Rickert (Brad Pitt) ikut terlibat dalam situasi ini setelah membantu dua anak muda yang tertarik dengan pasar modal dan ingin mengikuti jejak Vennet. Berbeda dengan dua anak muda tersebut ia merasa jenggah dan sedih melihat krisis akan segera tiba.

Saya suka dengan gaya penyutradaraan Adam McKay yang mencoba melihat pasar modal dan kondisi keuangan Amerika saat itu dari berbagai sudut pandang. Dari penjual real estate, dari sudut pandang Selena Gomez yang asyik bermain di kasino dan dari masyarakat awam yang kemudian rumahnya terpaksa disita. Gambaran dari berbagai sudut pandang ini makin menjelaskan persepsi dan situasi ekonomi di berbagai tingkatan ekonomi.

Saya merasa film ini pandai menuturkan awal mula krisis ekonomi terjadi bagi kalangan awam. Tidak terlalu serius dan ada unsur komedinya. Seperti sebuah rumah yang tak berpenghuni dan kolamnya dihuni buaya.

Pada akhir film juga ditunjukkan bagaimana porak-porandanya bursa efek dan stresnya mereka yang terkait dengan pasar modal tersebut. Belum lagi yang terjerat kasus hukum. Hemmmm krisis ekonomi itu benar-benar kondisi yang tak enak, tapi rupanya di balik keterpurukan itu ada pihak yang beruntung.

Detail
Sutradara: Adam McKay
Pemain : Christian Bale, Ryan Gosling, Steve Carell dan Brad Pitt
Genre : Drama
Rating : 7,8/10

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Maret 11, 2016.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: