Ada Apa dengan AADC 2?

Aadc 2

Film sekuel Ada Apa dengan Cinta merupakan film yang paling mengundang penasaran pada tahun 2016. Tentunya yang paling ditunggu-tunggu bagaimanakah kelanjutan kisah romansa Cinta dan Rangga, apakah mereka bakal bersatu ataukah menempuh jalan hidup masing-masing?

Pada film pendahulunya, Rangga memberikan puisi pada Cinta sebelum pesawatnya lepas landas ke Amerika. Puisi berjudul Ada Apa dengan Cinta itu menyiratkan perasaan sesungguhnya Rangga pada Cinta.

...ada apa dengan cinta
tapi aku pasti akan kembali
dalam satu purnama
untuk mempertanyakan kembali cintanya

Sebenarnya film tersebut sudah pas dengan adegan yang mengambang. Tidak ada sekuelnya pun tidak masalah karena penutup kisah seperti dalam AADC 1 juga sudah pas.

Akan tetapi setelah sebuah aplikasi chatting menayangkan kemungkinan kelanjutannya muncullah kembali euforia AADC. Riri dan Mira Lesmana yang awalnya tidak ingin membuat sekuelnya pun jadi ikut kasak-kusuk dan akhirnya memutuskan untuk menggarap sekuel AADC.

Waktu yang terpaut 14 tahun dari film pertamanya tentu menjadi problema tersendiri. Akan tetapi dalam film ini hal tersebut dapat disikapi dengan cerdik. Pembuat skenarionya cerdas karena mampu menjalin kisah AADC 1 ke AADC 2 dengan rapi.

Kisah AADC 2 diawali dengan pertemuan gang mading Cinta yang kini telah dewasa. Semuanya telah menikah selain Cinta yang baru tahap pertunangan.

Maura telah memiliki beberapa anak dan menjadi super mom yang trendi. Milly menikah dengan Mamet dan sedang menunggu buah hatinya. Sedangkan Carmen bermasalah dengan obat terlarang setelah suaminya memilih perempuan lain.

Mereka pun kemudian sepakat untuk mengadakan liburan bersama ke Yogyakarta. Sebenarnya liburan tersebut merupakan kado bagi Carmen yang baru keluar dari rehabilitasi, tak dinyana liburan kemudian berubah ketika Carmen dan Milly melihat sosok legendaris Rangga juga berada di kota yang sama.

Seperti yang terlihat di trailer-nya Rangga kemudian bertemu dengan Cinta dan melakukan pertemuan empat mata. Apa saja yang mereka perbincangkan tentunya bakal menarik karena bakal mengupas alasan Rangga memutuskan Cinta secara sepihak melalui surat. Hemmm apakah setelah Cinta mendengar alasan Rangga bakal mau berdamai?

Paragraf berikutnya bakal mengandung spoiler, jadi bisa di-skip jika Kalian belum menontonnya.

Memang ada perbedaan besar antara cuplikan aplikasi chatting dan film layar lebarnya. Menurut saya cuplikan di aplikasi chatting itu sukses meracuni cerita. Cerita dalam aplikasi chatting memang tidak logis dan memang hanya bertujuan mengiklankan layanan aplikasinya sehingga jangan jadikan landasan atau harapan ceritanya seperti itu.

Dalam filmnya, tidak ada 14 tahun tanpa kabar. Keduanya melakukan hubungan jarak jauh lewat email, SMS, dan telpon, bahkan Cinta sempat mengunjungi Rangga ke New York bersama keluarganya. Mereka baru benar-benar berpisah tahun 2006 ketika sekonyong-konyong Rangga mengirimkan surat yang membuat Cinta patah hati. Dari sisi cerita hal ini cukup logis karena pada era saat ini komunikasi tentunya lebih mudah.

Saya menyukai jalinan ceritanya dimana Cinta dan Rangga kembali seperti remaja. Beberapa kali Cinta ingat akan statusnya sebagai tunangan seseorang, tapi beberapa waktu lainnya ia seperti mengingat kembali alasan ia menyukai seorang Rangga. Di sini Rangga tidak lagi terus-terusan memasang wajah dingin dan cuek, ia juga bisa bercanda, menggoda, dan tersenyum.

Ada banyak tempat-tempat menarik yang dipamerkan dalam film ini. Saya seolah melihat pasangan Jesse-Celine dalam trilogi before (Sunrise-Sunset-Midnight) yang asyik mengobrol apa saja sambil mengunjungi berbagai tempat menarik. Saya memang merasa ada kemiripan AADC 2 dengan trilogi before karena pasangan Jesse dan Celine berpisah dan kemudian bertemu lagi sembilan tahun kemudian. Mereka malah benar-benar berpisah tanpa kabar dan bertemu lagi tanpa disengaja.

Before_Sunrise_poster

Tempat-tempat menarik dalam AADC 2 begitu memanjakan mata dan bisa menjadi tujuan wisata baru jika berlibur ke Yogyakarta. Selain panorama juga disajikan aneka pertunjukan seni dan cita rasa sehingga berwisata ke Yogya bakal makin lengkap.

Selain cerita tentang Cinta-Rangga yang membuat film ini segar adalah teman-teman Cinta. Karakter mereka lebih ditonjolkan di sini. Seperti tambahan karakter pada Maura yang tidak hanya modis tapi selalu ingin tampil rapi. Carmen karakternya juga berkembang menjadi sosok yang tegar sekaligus rapuh. Sedangkan Milly memiliki pesona tersendiri dalam hal mencairkan suasana. Celetukannya yang mengundang tawa begitu natural.

Gang mading

Dari segi soundtrack sayangnya saya masih belum bisa pindah ke lain hati dari lagu-lagu pada film perdananya. Lagu-lagu seperti Bimbang, Suara Hati Seorang Kekasih dan Hanya dalam film ini masih terdengar enak dibandingkan tembang-tembang barunya seperti Ratusan Purnama.

Untuk urusan puisi, puisi dari Rangga tetap menarik. Puisi Batasnya memiliki diksi yang memikat dan pesan yang bermakna.

Namun film ini tak luput dari keterbatasan. Kehadiran adik tiri Rangga agak dipaksakan. Aktingnya juga masih terlihat kurang natural. Ending-nya klise. Dan ada beberapa gambar yang goyang saat di New York yang membuat mata penonton kurang nyaman.

Selebihnya film ini asyik sebagai ajang nostalgia terutama mereka yang menonton film pendahulunya. Bagi yang belum pernah menonton, sah-sah saja menonton drama romansa ini karena memang bisa dinikmati secara terpisah.

Ayo buruan nonton sebelum filmnya turun. Saat ini sudah sejuta lebih yang menonton. Moga-moga bisa menggeser Comic 8: Casino Kings Part 2 sebagai film terlaris 2016.

Detail Film:
Judul: Ada Apa dengan Cinta 2
Sutradara : Riri Riza
Produser : Mira Lesmana
Pemeran : Dian Sastrowardoyo, Nicholas Saputra, Titi Kamal, Adinia Wirasti, dan Sissy Priscilia
Genre : Drama romansa
Rating : 8/10

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Mei 5, 2016.

6 Tanggapan to “Ada Apa dengan AADC 2?”

  1. Mantap ulasannya. Terima kasih

  2. Film tentang cinta memang tdk akan habis diulas. Menarik sekali ulasannya dan masuk film layak tonton tahun ini

  3. btw kalo gak salah di aadc 1 ada ladya cheryl, nah di aadc 2 gak ada kan?dikasih penjelasannya gak?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: