Tujuh Cara Unik Mendapatkan Ide

ide

Berdiam diri di depan meja dengan alat tulis sambil serius mengerutkan dahi tidak selalu berhasil mengeluarkan ide terbaik. Terkadang hal-hal santai atau ketika asyik mengikuti sebuah acara komunitas anak muda malah bisa memunculkan ide kreatif. Nah yang masih bingung bagaimana cara mengeluarkan ide kreatif berikut tujuh cara unik menghasilkan ide kreatif:

1. Bersih-bersih rumah
Ide memang bisa muncul sekonyong-konyong, tak terkecuali saat bersih-bersih rumah seperti menyapu, mengepel, atau sekedar membereskan koleksi buku dan mencuci piring. Ya terkadang rumah yang kotor dan berantakan membuat pikiran sumpek. Sebaliknya ruangan yang bersih dan teratur umumnya menimbulkan perasaan nyaman. Jika pikiran nyaman dan rileks, ide kreatif pun bisa datang tak diundang.

2. Naik angkutan umum
Angkutan umum terutama di Jabodetabek identik dengan kendaraan bagi mereka yang terpaksa. Ya, sebagian besar angkutan umum memang tidak nyaman dan hanya sebagai solusi terdesak karena memerlukan. Akan tetapi jangan salah sangka, seringkali ide malah mengalir ketika melihat kondisi jalanan yang macet dan transportasi umum yang suka ngetem, banyak pengamen, dan suka berhenti seenaknya. Kalian bisa jadi terinspirasi untuk membuat cerita tentang pengamen yang berubah jadi kaya raya tapi kemudian nasibnya kembali berbalik seperti yang dialami beberapa kontestan ajang pencarian bakat di Indonesia atau tiba-tiba mendapat ide solusi jitu mengatasi macet, atau siapa tahu tiba-tiba terbersit nada yang asyik dibuat lagu yang tak kalah keren dari “Si Komo Lewat Tol”.

3. Kongkow bersama sahabat
Biasanya jika kita kongkow di tempat makan bersama sahabat terdekat ada saja yang diperbincangkan. “Eh Kalian ada proyek apa, bisa gabung kah?” atau “Bagaimana acara nonton bareng kemarin, serukah?” Atau bisa saja obrolan kalian berubah menjadi pembicaran serius tentang kegiatan cinta alam dan penghijauan, misalnya. Ide-ide yang muncul dari pembicaraan santai ini bisa Kalian catat di aplikasi catatan (note) di smartphone Kalian dan cobalah membahas secara santai tentang ide ini bersama sahabat Kalian. Tak terasa pembicaran dari hal-hal sederhana ini bisa mengalir menjadi ide besar yang siap diimplementasikan.

4. Piknik
Piknik memang ajang untuk melepas kepenatan. Saat piknik, pikiran terasa santai, mata termanjakan oleh panorama alam yang indah, dan Kalian bisa menikmati berbagai aktivitas favorit seperti berenang, snorkeling, atau memanjat gunung. Seringkali saat piknik Kalian bertemu dengan orang-orang baru. Adakalanya saat berkenalan atau ngobrol hangat bersama mereka, sebuah ide kreatif tercetus. Seperti ide membuat video tentang para wanita penjelajah gunung. Saat inspirasi tersebut hadir, maka segera rekam melalui catatan di smartphone atau buku saku Kalian.

5. Mengikuti acara gaul anak muda
Acara gaul anak muda bukan hanya acara tentang musik dan film. Saat ini ada banyak komunitas menarik yang inspiratif dan bisa diikuti oleh kalangan muda maupun yang berjiwa muda. Apa saja? Ada Gerakan Ampuh bagi yang ingin memiliki bisnis sendiri. Ada 1001 buku bagi yang gemar membaca dan berdonasi buku.

6. Mengikuti grup chatting sesuai dengan hobi dan minat yang disukai
Saya yakin pasti Kalian saat ini memiliki minimal tiga grup chatting di berbagai media sosial seperti whats App, Line, BBM, dan sebagainya. Ada grup yang suka mengobrol apa saja bahkan banyak yang malah membuat anggotanya bertengkar. Tapi ada pula sebuah grup yang saling menyemangati dan tidak pelit bertukar ide. Grup tersebut bisa santai juga bisa serius. Nah, aktiflah di grup yang sekiranya mendukung hobi dan minat, karena ada kalanya muncul ide ketika bersemangat membahas topik yang menarik. Misalnya ide membuat desain kaus dan kartu pos dengan tema kartun di bidang pariwisata.

7. Nonton film
Cara paling mudah untuk mendatangkan ide adalah menonton film. Tak terkecuali jika Kalian menonton film berbau komedi maupun animasi. Saat Kalian tertawa dan terhibur, Kalian merasa rileks dan ada keinginan untuk menyenangkan orang lain, eh tiba-tiba bisa jadi muncul ide membuat bakti sosial untuk kalangan kurang mampu. Saat menonton film horor bisa jadi terbersit ide untuk membuat desain penutup telinga kedap suara yang modis agar tidak takut saat ditantang nonton horor bersama pasangan.

Selamat mencari ide dan wujudkan setelah mendapatkannya!

gambar dari sini

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Mei 29, 2016.

5 Tanggapan to “Tujuh Cara Unik Mendapatkan Ide”

  1. Nomor 7 nih yang paling sering 😁

  2. aku sudah pernah mendapatkan ide dengan cara demikian itu..

    ide dengan taktik seperti itu rata rata idenya segar dan unik mbak

    semoga sukses menelurkan ide baru

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: