Patema Inverted: Ketika Ilmuwan Bermain dengan Gravitasi

Screenshot-2014-02-17-15.37.59

Apa yang terjadi jika dunia yang kita anggap paling riil saat ini ternyata memiliki tempat yang anomali di kawasan lain. Di sana kita malah yang menjadi anomali. Itulah yang terjadi pada Patema yang menemukan sebuah kawasan yang gravitasinya kebalikan dengan dirinya. Patema pun ketakutan.

Adanya reverse-gravity ini dikarenakan kegagalan ilmuwan meneliti gravitasi bumi sebagai energi. Yang terjadi manusia dan berbagai benda melayang, terbang menjauh dari bumi karena pengaruh reverse-gravity. Manusia yang tersisa pun hidup di bawah tanah dan diminta menjauh dari terowongan yang berbahaya. Patema yang penasaran akan cerita kawannya, Lagos, pun tertarik menyelidikinya. Ia ingin menemukan dimana sebenarnya Lagos berada karena ia menghilang secara misterius.

Patema jatuh dalam sebuah lubang di terowongan dan memasuki tempat bernama Aiga. Di sana ia ketakutan karena ia bisa melayang dan terbang jika berada di tempat terbuka. Seorang remaja bernama Age keheranan melihatnya. Ia pun membantunya dengan menggunakan berat badannya sehingga mereka bisa berjalan dengan posisi saling berlawanan. Ia menyembunyikan Patema di sebuah tempat dan keduanya pun saling bercerita tentang dunianya. Pimpinan Aiga memandang inverts sebagai pendosa, ia pun menangkap Patema dan mengancamnya. Apa yang sebenarnya terjadi pada dunia mereka dan mana sosok dunia yang ‘normal’?

patema_1

Filmnya bagus dan unik, tapi melihat film ini saya langsung teringat film Kirsten Dunst berjudul Upside Down yang juga tentang dunia dengan gravitasi yang berbeda. Tapi nuansanya berbeda sih juga ceritanya.

Film ini menarik karena ceritanya sulit ditebak dan memiliki twist yang asyik diikuti. Saya bisa membayangkan bagaimana takutnya Patema kepada langit di Aiga karena ia berasa seperti jatuh pada lubang yang tak berdasar. Film yang disutradarai oleh Yasuhiro Yoshiura dan dirilis tahun 2014 ini saya beri skor 7,8/10 untuk ceritanya yang tak biasa.

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Juni 1, 2016.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: