Penumpangnya yang Mengumpulkan Ongkos

17948495-illustration-of-Van--Stock-Vector-van-cartoon-minibus

Ada yang menarik ketika saya naik angkutan umum menuju Cikarang. Angkutan umum dengan trayek 59 ini berupa Isuzu Elf yang menampung sekitar 18 penumpang. Penuh sesak. Yang membuat unik, tidak ada petugas yang menarik ongkos. Penumpanglah yang berpatungan membayar ongkos angkutan tersebut.

Ini yang ketiga kalinya saya naik elf ini. Untuk naik Elf ini penumpang bisa menunggunya di seberang Wika di Jalan DI Panjaitan. Elf ini tidak akan berangkat jika penumpangnya penuh, tapi juga bisa kurang 1-2 orang, namun dengan syarat penumpangnya menambahkan ongkos. Jika ongkos normal Rp 11 ribu maka jika kurang 1 penumpang maka menjadi 12ribu.

Yang mengumpulkan ongkos tersebut adalah para penumpang itu sendiri. Biasanya ada yang berinisiatif untuk mengumpulkannya. Memberikan kembalian dan kemudian memberikannya ke pak sopir.

Saat saya naik dari Bekasi Barat, seingat saya turunnya persis di dekat Lippo Cikarang. Tetapi waktu saya naik dari Cawang, rupanya turun di fly over menuju Cibarusah, sehingga harus naik mikrolet lagi menuju Lippo Cikarang.

Meskipun agak ribet tapi hal ini mending dibandingkan naik bus mayasari dari Kampung Rambutan-Cikarang karena bus ini turunnya di Terminal Cikarang dan melalui Cibitung. Jika saya bandingkan ongkosnya, jika naik Ef+ mikrolet = 12+5=17 ribu. Sedangkan jika naik bus+mikrolet 17 maka tarifnya menjadi 9+10=19 ribu, belum lagi pengamen yang naik turun dan waktu tempuh yang lebih lama.

Sebenarnya sih lebih enak naik dari Blok M, AC 121 atau bus dari Lippo Cikarang. Akan tetapi bus dari Lippo jarang beredar dan menunggu AC 121 ini juga harus sabar. Kalau dari biaya paling enak sih bus Lippo karena turunnya di terminal Lippo Cikarang, sehingga tidak perlu ganti angkutan umum lagi.

gambar dari sini

 

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Juni 3, 2016.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: