Jelang Ramadhan

Makam

Ada beragam tradisi yang dilakukan masyarakat Indonesia jelang Ramadhan, dari ziarah kubur, saling bermaafan, membersihkan tubuh, hingga selamatan apem. Bagaimana dengan tradisi di daerahmu?

Jelang Ramadhan, orang tua biasanya yang sibuk menyiapkan ini itu. Dulu ketika masih kanak-kanak, biasanya kami siap menjadi asisten untuk menyiapkan selamatan. Yang dihantarkan ke tetangga ini beragam, bisa berupa kue-kue atau nasi beserta lauk-pauknya. Umumnya sih ada kue apemnya.

Tentang apem ini satu tetangga dan tetangga lainnya beda rasa. Ada yang apemnya tidak mekar alias bantat. Ada yang modelnya ceper dan diberi irisan nangka. Ada juga yang tidak asam melainkan manis. Kalau saya paling suka yang agak bantat dan tidak asam.

Untuk selamatan ini tidak harus jelang puasa. Kadang ada yang ‘ater-ater’ semasa puasa bahkan saat lebaran. Sepertinya tidak ada patokannya sih.

Setelah selamatan beres, pemakaman pun ramai oleh mereka yang ziarah kubur. Agenda lainnya kemudian mandi sekaligus keramas untuk menyucikan diri. Nah untuk keramas ini biasanua menjadi tradisi saat di rumah bersama orang tua. Dan adakalanya berlangsung dua hari berturut-turut jika ternyata besoknya belum dinyatakan sebagai hari pertama puasa.

Kalau akhir-akhir ini sih tradisinya malah bermaafan jelang puasa. Kemudian disusul aksi borong makanan dan minuman. Entah kenapa saat puasa malah kadang boros berbelanja makanan dan minuman. Untuk hal ini sih bukan hal yang patut ditiru. Kan tujuan puasa malah tidak berlebihan.

Oh iya selamat bersiap menjalankan ibadah puasa.

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Juni 4, 2016.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: