Agar Cuti Menyenangkan dan Menghasilkan

out of office

Cuti bagi pegawai ibarat simpanan istimewa yang perlu dihemat-hemat penggunaannya. Agar cuti berjalan maksimal dan bisa menghasilkan ada beragam hal yang perlu dipersiapkan. Seru bukan!!! Sudah dapat liburan, pikiran dan badan pun jadi nyaman, syukur-syukur juga menghasilkan uang.

Cuti sejumlah 12 hari itu saat ini umumnya tidak diterima secara utuh dengan adanya cuti bersama. Hemmmm…mungkin ada yang kecewa berat kok orang mau bekerja dipaksa cuti.

Agar tidak terlalu kecewa maka anggap saja cuti bersama itu seperti liburan bersama. Ya, meskipun dalam hal hati kecewa simpanan istimewa Kalian berkurang, akan tetapi dalam hari-hari tersebut Kalian bisa bertemu orang tua, saudara, kawan-kawan, atau pasangan dan anak-anak Kalian. Waktu bersama keluarga atau hang out bersama kawan-kawan juga bertambah. Jika Kalian berpikir seperti itu, maka Kalian tidak akan terus menggerutu selama cuti bersama.

Bagi seorang pekerja kreatif yang bekerja secara freelance atau part time mungkin tidak terlalu menganggap besar suatu cuti karena waktu kerja dan waktu berlibur mereka fleksibel. Berbeda dengan mereka yang bekerja kantoran dan ingin melakukan cuti plus-plus. Melakukan cuti tapi juga bisa menyalurkan hobi dan syukur-syukur menghasilkan duit.

Langkah pertama untuk mempersiapkan cuti adalah mengetahui minat Kalian. Apakah Kalian lebih suka memanfaatkan cuti untuk berlibur, atau mengikuti sebuah kursus bidang kreatif, atau sekedar beristirahat di rumah dan melakukan hobi.

Jika hobi Kalian adalah jalan-jalan maka Kalian bisa berencana untuk membuat dokumentasi perjalanan baik lewat karya kreatif berupa artikel maupun foto dan video. Karya tersebut bisa Kalian kirimkan ke majalah, surat kabar, atau saluran televisi yang saat ini menerima video warga atau yang mereka sebut citizen journalism.

holiday

Coba rencanakan dari awal apa-apa saja yang akan diangkat, misalkan makan sate domba yang laris tapi belum banyak dikenal atau perjalanan ke sebuah air terjun yang indah tapi memerlukan usaha berat. Bisa jadi konten yang Kalian hasilkan kemudian berbeda dari rencana karena perubahan jadwal, tentunya kejutan itu bisa menambah keseruan sebuah cerita. Misalnya tips bermalam di bandara atau sudut-sudut unik di bandara yang asyik untuk menghabiskan waktu. Cerita-cerita semacam ini jarang ada dan biasanya dicari oleh netizen.

Saat berlibur biasanya seseorang tidak harus pergi ke suatu tempat yang indah, tapi juga bisa mempelajari kebudayaan setempat, misalnya tarian, menenun, atau belajar memasak makanan khas daerah tersebut. Hal-hal semacam ini juga menarik untuk dibuat materi tulisan. Akan tetapi jika hanya ingin menikmatinya juga sah-sah saja. Kemampuan yang didapat dari belajar menari, menenun, atau memasak mungkin tidak sekonyong-konyong menghasilkan, namun akan menambah pengalaman dan khazanah budaya.

Bagi yang tidak berniat menghabiskan cuti dengan liburan, maka bisa menambah keahlian dengan mengikuti beragam workshop. Saat ini ada berbagai komunitas yang menggelar aneka pelatihan gratis. Ada pelatihan fotografi, menulis, membuat skenario film, make up, masak, membuat video dengan smartphone, menjahit, dan sebagainya.

Ilmu yang dipelajari di workshop tersebut bisa ditekuni sebagai ladang penghasilan sampingan. Bonusnya lagi ketika mengikuti workshop yang diadakan komunitas, Kalian bisa menambah jaringan pertemanan dan bisa berdiskusi dengan kawan-kawan baru tersebut.

Cuti dengan menjalankan hobi di rumah juga tak kalah menyenangkan. Kalian bisa melakukan hobi seperti melukis, bertanam, atau membuat aksesoris. Hobi ini bisa menghasilkan asal ditekuni dan mengetahui cara memasarkan produknya, misal melalui website atau bergabung ke platform jual beli.

Bagi yang berniat berlibur saat cuti, maka langkah kedua persiapan bercuti adalah melihat kalender. Ada berapa banyak tanggal merah di kalender mendatang. Apakah Kalian ingin menambah durasi liburan pada saat long weekend atau malah ingin mengambil cuti di bulan yang paceklik tanggal merah agar dapat tiket murah.

Saat long weekend biasanya tiket transportasi umum cepat habis dan penginapan cepat penuh. Tapi jika Kalian mengambil cuti di awal dan hari akhir long weekend maka masalah tersebut bisa diatasi. Oleh karena itu agar liburan nyaman maka persiapkan segala sesuatunya dengan lebih matang.

Yang akan menambah keahlian juga bisa mengetahui jadwal workshop yang biasa disebar di berbagai komunitas di media sosial. Jika workshopnya menarik tapi dihelat saat hari kerja maka sudah waktunya Kalian bercuti.

gambar dari sini

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Juni 18, 2016.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: