Semangat Maritim dari Pelabuhan Tanjung Priok

lautan

Saat diajak komunitas Click Kompasiana berkunjung ke palabuhan Tanjung Priok, saya merasa was-was dengan lalu lalang kontainer yang melaju dengan kencang. Duh seram. Belum lagi cuaca yang begitu terik menyengat padahal sudah mendekati pukul 16.00. Namun keluh kesah itu terbayar melihat dermaga Tanjung Priok dengan kapalnya yang hilir mudik. Berasa sekali semangat maritimnya.

Melihat kapal barang dan kapal penumpang yang hilir mudik di dermaga membuat saya merasa ciut. Duh rasanya gagah sekali bisa mengarungi samudra luas Indonesia. Bagaimana dengan nenek moyang dulu yang kapalnya menggunakan kayu. Alangkah gagah beraninya mereka melintasi lautan dalam dengan risiko terlanda hujan badai dan sebagainya.

dermaga

Saat memasuki kapal Pelni yaitu KM Kelud, saya merasa tergugah untuk berlayar. Sudah lama saya tidak pernah mengarungi perairan. eh baru April lalu sih, ketika melintasi Selat Sunda. Tapi saya belum pernah yang melintasi rute panjang atau setidaknya naik kapal Pelni. Biasanya baru naik kapal penyebrangan saja.

Kapal Kelud ini anggun dan bersih. Kelas ekonominya juga nampak nyaman. Jadi ingin menikmati pengalaman melaut kembali dan merasakan sebagai warga kepulauan yang memiliki semangat maritim.

kelud

Kisah berkeliling kapal KM Kelud lebih detail bisa dibaca di artikel saya di Kompasiana sebagai berikut ini: Tergiur Mencicipi Perjalanan Laut Bersama Pelni

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Juli 1, 2016.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: