Buku untuk Pencitraan

Si tukang blusukan

Sebenarnya buku biografi untuk seorang tokoh yang hidup sah-sah saja. Akan tetapi ada di antaranya yang digunakan untuk keperluan pencitraan, apalagi untuk mendukung kampanyenya pada saat pemilihan pemimpin di suatu daerah atau negara.

Beberapa tahun lalu juga diadakan pengumpulan naskah oleh sebuah blog keroyokan untuk beberapa tokoh politik, tapi saya enggan ikut karena memang tidak kenal secara mendalam dengan tokoh tersebut, juga dikuatirkan untuk ajang kampanye.

Oleh karenanya ketika kawan memberikan buku biografi seorang tokoh, saya agak malas membacanya. Dia tahu saya enggan membacanya, ia berkata tidak apa-apa jika malas membuat ulasannya.

Buku berjudul Sekelumit Kisah Tukang Blusukan itu saya baca secara skimming. Sebenarnya bukunya lumayan jika buku ini ada setelah si tokoh tidak menjabat. Akan tetapi karena dirilis saat kampanye, terlihat sekali aroma pencitraannya, apalagi gaya bahasanya agak berlebihan menurut saya. Terlalu didramatisir. Jika waktu SMA tidak pernah mencontek dan waktu kuliah tidur di lantai kos sih bukan sesuatu yang istimewa. Saya yang orang awam saja juga seperti itu, dan pasti banyak juga yang pernah memgalaminya.

Bukunya full colour. Agak sayang sih jika menilik isinya. Bagi mereka yang mencintai banget tokoh ini tentu akan menyukainya. Oleh karena saya biasa-biasa saja, saya menganggap buku ini memang dibuat sekedar pencitraan belaka. Nilai itu akan beda jika tokoh ini sudah tidak lagi memimpin atau bukan seorang tokoh politik.

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Agustus 3, 2016.

2 Tanggapan to “Buku untuk Pencitraan”

  1. sayang sekali banyak pejabat yang pencitraan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: