Tindak Tanduk Si Kaya

Money

Siapa sih yang tidak ingin jadi kaya raya. Menjadi kaya bukan berarti orang menjadi pasif, foya-foya atau bermalas-malasan. Ada kebiasaan orang kaya yang bisa disimak.

Saya merangkum lagak orang kaya ini dari majalah Reader Digest tahun 2013. Di situ tertulis ada berbagai hal yang biasa dilakoni orang berbagai kaya. Siapa tahu jika melakukannya, Kalian bisa jadi kaya hehehe amiin.

Berikut berbagai kegiatan yang si kaya lakukan. Kebiasaan utama adalah mereka pelit mengeluarkan uang, rajin berhemat meskipun sudah kaya-raya, dan tidak suka membeli sesuatu secara berlebihan.

Nah dalam deskripsi artikel tersebut disebutkan bahwa bagi mereka menahan diri untuk mengeluarkan uang untuk mendapatkan sesuatu yang luks sama saja dengan mendapatkan uang. Misalkan mereka naik pesawat, ada godaan terbang di first class, tapi mereka menahan diri mengeluarkan jutaan rupiah untuk kenyamanan lebih karena mereka tahu mendapatkan uang itu juga sulit.

Ada lagi kebiasaan yang unik yaitu mereka rata-rata menggunakan pakaian-pakaian itu saja. Setelan mereka itu-itu aja dan mereka memang jarang berbelanja pakaian. Mereka hanya membeli sesuatu yang penting. Untuk itu biasanya mereka berinvestasi di pakaian. Pakaian bisa berasal dari bahan dan jahitan yang baik sehingga bisa dikenakan hingga lima tahun atau lebih.

Banyak dari miliuner juga tidak berpenampilan seperti orang kaya. Mereka tetap menggunakan mobil kelas menengah dan tidak pernah menggantinya. Bahkan bisa jadi ponsel mereka jenis yang biasa bukan yang jenis premium.

Ada juga orang kaya yang masih suka memanfaatkan obral, menggunakan voucher potongan harga dari koran dan sebagainya. Mereka tidak malu melakukannya karena sebagian juga dibesarkan dengan cara demikian.

Kebiasaan berikutnya yaitu mereka tidak suka sampah. Untuk itu sebagian dari mereka memanfaatkan sampah. Yang dianggap orang lain sampah dan kurang bernilai merela gunakan, seperti potongan sabun, mereka kumpulkan untuk digunakan. Klip kertas yang seakan tak bernilai juga dikumpulkan. Banyak di antara orang kaya yang memanfaatkan sampah dapur untuk keperluan berkebun. Mereka rajim bertanam sayuran, meskipun mereka mampu membelinya jika mau.

Kebiasaan berikutnya yaitu dari cara mereka memperlakukan keluarga dan orang di sekelilingnya. Mereka tidak memanjakannya. Anak-anak mereka didik tahu cara mencari uang dan berhemat. Saudara mereka dorong untuk berusaha keras, demikian juga orang-orang di sekeliling merela. Tapi kabar baiknya, banyak juga yang memberikan ‘bonus’ dengan membeli ide-ide dari saudara atau teman-teman mereka dengan harga lumayan tinggi. Mereka tidak suka membagi-bagikan uang tanpa sebab, tapi menghargai ide dan usaha apapun itu.

Banyak orang kaya karena mereka fokus dan hanya ingin satu kata, yaitu berhasil. Ketika mereka kecewa terhadap sesuatu mereka melakukan penelusuran hingga mencapai orang yang paling berwenang untuk menyelesaikan urusannya. Ketika mereka hendak berbisnis mereka melakukan investigasi hingga mendapatkan bahan-bahan/SDA dari tangan pertama.

Kurang baiknya sebagian orang kaya terkadang juga ingin sombong dan ingin pamer. Ketika mereka melakukan pesta di tempat terbaik mereka sedang ingin sombong untuk menunjukkan keberhasilan mereka selama ini. Oh ya satu lagi orang kaya suka melakukan inisial nama, jarang yang menggunakan nama lengkapnya. Coba deh Kalian membuat inisial nama, siapa tahu bisa mengikuti jejak jadi orang kaya.

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Agustus 5, 2016.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: