Jakarta dan Apartemen

Apartemen

Jakarta sudah terlalu padat. Namun masih banyak yang memanfaatkan laju urbanisasi dengan menawarkan investasi berupa properti dengan dihadirkannya beragam apartemen. Yang terkadang atau memang sengaja tidak diperhatikan adalah bahwa kehadiran apartemen sering menyebabkan kemacetan bertambah parah dan merugikan mereka yang sudah dari dulu tinggal di lingkungan tersebut.

Banyak yang bilang apartemen simbol modernitas. Yang modern, yang kaya dan ingin tampil lebih keren sebaiknya tinggal di apartemen daripada rumah. Tak heran ada banyak para eksekutif muda dan mahasiswa kaya yang memilih membeli atau menyewa apartemen dibanding tinggal di kos-kosan atau rumah. Lebih bergengsi dan fasilitasnya lebih komplit. Apalagi jika apartemennya bergabung dengan pusat perbelanjaan dan pusat kebugaran.

Sekarang apartemen juga merambah ke berbagai sudut kota Jakarta. Kemacetan pun semakin bertambah dari yang awalnya di pusat-pusat kota merambah ke pinggiran Jakarta. Akses jalan masuk/keluar apartemen tidak ditambah, memanfaatkan yang sudah tersedia.

Ada beberapa apartemen yang dibangun dan akan dibangun yang menggunakan kawasan hijau dan resapan air. Dulu apartemen di kawasan Rawasari itu juga dibangun dengan menggusur berbagai pedagang keramik dengan alih-alih akan dibuat taman kota, ternyata kemudian dibangun apartemen.

Di Jakarta Timur yang sebenarnya daerah resapan air juga akan dibangun apartemen, padahal di situ masuk daerah resapan air. Lagi-lagi uang sepertinya berkuasa di Jakarta dibandingkan alam yang hijau dan kelestarian lingkungan, serta keselarasan dengan tata kota.

Gambar dari sini

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Agustus 7, 2016.

2 Tanggapan to “Jakarta dan Apartemen”

  1. kalo saya sih kepikiran punya apartemen yg kaya di jepang gitu yg biasa ada di anime2 gitu

    kan suka ada kan rumah yang kaya apartemen tapi bukan apartemen mewah kalo disini lebih mirip sama Rusun gitu yah.

    lumayan cocok tuh kalo di perkotaan cuma masalah utamanya yang saya yakin adalah bagaimana menjaga kondisi apartemen itu tetap bersih dan terjaga.

    • Apartemen sebenarnya baik untuk diterapkan di kota besar, cuma sebaiknya juga melihat tata kota, ruang hijau dan resapan air, juga tidak mengeksploitasi air tanah, sehingga apartemen tidak hanya dijadikan ajang investasi properti dan menguntungkan sebagian kecil masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: