Siapapun Bisa Jadi Pahlawan Keluarga

kudo

Seorang tukang sol sepatu sejak pukul 06:30 sudah berkeliling kompleks menawarkan jasanya. Ia kembali lagi ke kompleks tersebut sekalian menuju rumah yang disewanya bersama teman sejawatnya sore hari sambil berteriak ‘sol sepatu’ dengan lantang dan khas setiap beberapa saat.

Sol sepatu itu bukan siapa-siapa bagi lingkungan di kompleks yang makin individual. Tapi ia pahlawan bagi mereka yang sol sepatunya sudah tipis sementara musim hujan sudah membayang. Dengan jahitan, sol, dan lem sepatu kesayangan bisa tetap awet dan kokoh.

Tukang sol sepatu adalah pahlawan bagi keluarganya. Ia rela tinggal berjauhan dengan keluarganya karena petak sawah sudah tak tersisa sementara kebutuhan hidup tak bisa dibendung.

Kisah seorang ibu pemulung juga serupa dengan tukang sol sepatu. Kadang-kadang aku melihat sosok pemulung perempuan tersebut dengan memanggul karung memeriksa tong-tong sampah mencari sampah botol plastik, beling, dan kardus. Pernah aku melihatnya ia juga menggendong putranya yang masih balita. Ia nampak kerepotan, tapi ia menekuni aktivitasnya dengan tabah dan sabar.

Sebagai sesama perempuan aku merasa trenyuh. Kusiapkan barang-barang yang kiranya bisa ia bawa, namun ketika kubuka pagar untuk memanggilnya ia sudah beranjak.

Menjadi pemulung tentu bukan pekerjaan impiannya, apalagi ia seorang perempuan dan masih memiliki balita. Mungkin suaminya sedang sakit atau bisa jadi lebih buruk sehingga ia terpaksa bekerja keras seperti itu. Bagiku ia wanita yang hebat dan bagi keluarga kecilnya, ia seorang pahlawan.

Ada banyak pedagang kecil yang bersileweran. Dari penjaja perabot, tukang sayur, penjual baterai jam dan remote, tukang ikan, penjual tanaman hingga penjual ember dan penjual kasur. Mereka bekerja keras menawarkan barang dan jasanya dengan berkeliling.

Ada kalanya saya trenyuh melihat penjual ember yang menggunakan kepalanya sebagai salah satu cara untuk membawa dagangannya. Mereka orang kecil yang bekerja keras demi mencukupi kebutuhan hidupnya dan keluarganya. Merekalah pahlawan keluarga yang tak malu dan menahan gengsi, mau mengerjakan pekerjaan apa saja asalkan halal.

Dengan semakin majunya teknologi, sebenarnya lapangan usaha semakin beragam. Mungkin saat ini mereka hanya mampu menjajakan jasa dan barang secara keliling, namun suatu saat bisa jadi mereka memiliki usaha sampingan, seperti memiliki toko dan penawaran jasa online, sehingga penghasilan bisa lebih maksimal dari door to door dan juga dari usaha online. Penjual ember bisa menawarkan beragam embernya di toko onlinenya sembari ia tetap berkeliling, sehingga sumber penghasilannya bukan hanya dari berkeliling tapi juga lewat pesanan secara online atau melalui brosur sederhana yang mencantumkan usaha dan nomor kontak yang bisa dihubungi, bisa nomornya sendiri atau nomor yang digunakan beramai-ramai oleh para pedagang keliling.

Ada juga pekerjaan alternatif yang bisa digunakan untuk menambah penghasilan dengan memanfaatkan aplikasi, seperti misalnya Kudo, dimana tidak memerlukan modal besar. Kudo ini menjadi media bagi mereka yang ingin menjadi pahlawan keluarga.

Kudo merupakan singkatan dari Kios untuk Dagang Online. Dengan Kudo, Kalian menjadi seorang agen yang memiliki toko dengan beragam produk. Ada produk makanan, kosmetik, elektronik, perabotan rumah tangga, dan aneka voucher. Kalian bisa membeli dan menggunakannya untuk keperluan sendiri atau menjadi semacam perantara bagi mereka yang ingin berbelanja online. Untuk itu ada sistem komisi setiap melakukan transaksi.

Aneka produk kudo

Jika dulunya setiap agen harus mengunduh dulu aplikasi Kudo, maka kini Kudo bisa diakses via web dan mobile tanpa mengunduh aplikasinya. Namun untuk menjadi agen perlu dilakukan verifikasi terlebih dahulu sekitar 1-2 hari.

Jika Kalian sudah menjadi agen maka Kalian siap berbelanja dan menjadi perantara. Kalian bisa membantu tetangga, saudara, atau penjual jasa keliling yang ingin berbelanja barang secara online tapi bingung atau was-was dengan cara melakukan pembayaran. Dengan sistem Kudo, maka mereka akan melakukan pembayaran secara tunai dan Kalianlah yang menjadi perpanjangan tangan Kudo. Dengan demikian Kalian mendapat dua keuntungan, dapat membantu mereka yang ingin berbelanja online dan yang kedua, mendapatkan komisi atas setiap transaksi dimana jika dikumpulkan lama-kelamaan akan menjadi bukit. Alhasil Kalian bisa menjadi pahlawan bagi keluarga versi Kalian.

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Agustus 11, 2016.

2 Tanggapan to “Siapapun Bisa Jadi Pahlawan Keluarga”

  1. seandainya ya para tukang sol dan pemulung serta pekerjaan lainnya punya pengetahuan lbh dari itu. wish us luck lombanya mbak 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: