Qlue Dukung Jakarta Sebagai Kota Cerdas

puskemas kurang baik dalam melayani? bisa lapor

puskemas kurang baik dalam melayani? bisa lapor

Jakarta sebagai ibukota Indonesia sudah patutnya terus berpatut diri agar benar-benar menjadi kota yang nyaman bagi penduduknya, Tidak cukup bersolek menjadi kota modern, namun juga sewajarnya memberikan pelayanan publik terbaik kepada warganya, dari hal-hal yang nampak sederhana seperti keberadaan troktoar yang bebas dari PKL dan parkir hingga keamanan lingkungan dan transportasi publik yang nyaman.

Ya, Jakarta merupakan kota yang banyak disorot karena merupakan tempat berlokasinya istana negara dan kantor-kantor lembaga pemerintah serta berbagai kantor pusat perusahaan terkenal. Memang dibanding kota lain di sekitarnya, Jakarta nampak mengkilap sehingga banyak pendatang yang berdatangan untuk mencari rejeki. Sayangnya Jakarta tidak segemerlap yang terlihat. Masih banyak hal yang dikeluhkan warganya dan sayangnya keluhan warga tersebut kurang terdengar atau seolah-olah tidak didengar. Namun sejak era digital dan smartphone, mereka yang bekerja di lembaga layanan publik ataupun dari pihak swasta tidak bisa lagi menutup mata dan menyumpal telinga dengan keluhan warga.

Adalah Rama Raditya dengan perusahaannya PT Terralogiq yang berupaya membuat perubahan di ibukota terutama pada pelayanan publik. Ia terinspirasi membuat aplikasi untuk keluhan warga Jakarta setelah melihat begitu banyak permasalahan yang dialami warga Jakarta di lingkungan sekelilingnya. Sementara selama ini keluhan dan laporan warga tidak jelas apakah sudah diberikan solusi atau dibiarkan seperti angin lalu. Meskipun aplikasi yang diberi nama Qlue ini mirip-mirip dengan aplikasi Lapor yang dimiliki oleh Sekretariat Negara, menurut saya aplikasi ini sangat bermanfaat terutama bagi warga Jakarta. Oleh karena dengan Qlue warga bisa memberikan laporan dan kemudian mengetahui sejauh mana laporan tersebut direspon, apakah masih dalam proses ataukah sudah mendapatkan respon, baik dari pemerintah daerah maupun lembaga swasta yang berada di Jakarta.

Dengan qlue, warga bisa lapor dan memberikan

Dengan qlue, warga bisa lapor dan memberikan

Aplikasi Qlue bisa digunakan melalui aplikasi berbasis IOS, Android, atau melalui website. Aplikasi ini membuat warga peduli kepada lingkungan sekelilingnya. Di lingkungan sekitar memang ada beragam permasalahan baik tentang kemacetan yang juga bisa terjadi di jalan tak jauh dari pemukiman, sampah yang tak terangkut sehingga berisiko mengundang penyakit, bencana banjir yang bisa terjadi di kampung tetangga, aneka pelanggaran, kebakaran, jalan rusak yang membahayakan, pengemis yang meresahkan, kaki lima liar yang membuat kemacetan atau melanggar hak pejalan kaki, kriminal yang juga meresahkan, lampu jalan rusak yang membuka peluang tindak kriminal, pohon tumbang yang memerlukan penanganan, fasilitas umum yang menyedihkan, parkir liar, dan sebagainya.

qlue-2b

Pada pertengahan 2016 seperti yang dilansir oleh Kompasdotcom, permasalahan yang paling banyak dikeluhkan warga di Qlue adalah kemacetan, sampah, bencana banjir, pelanggaran aturan, dan kebakaran. Kelima laporan permasalahan tertinggi ini bisa jadi bahan untuk memberikan sosialiasi kepada warga untuk mencegah kejadian seperti banjir dan kebakaran, meminimalkan pelanggaran, serta memberikan pelayanan publik yang lebih baik dalam hal penanganan kemacetan dan sampah.

qlue-2c

qlue-3

qlue-4

Selain melaporkan permasalahan di sekeliling, warga juga bisa berdiskusi dan menyampaikan usulan untuk perbaikan Jakarta. Menurut saya aplikasi Qlue ini sejalan dengan konsep smart city yang sedang digiatkan di Jakarta, dimana salah satu unsur kota cerdas adalah meningkatkan partisipasi warga dalam memberikan saran dan kritikan untuk kehidupan yang tentunya diharapkan lebih baik. Kehadiran Qlue meruoakan kabar baik untuk Indonesia, khususnya Jakarta serta merupakan inovasi daerah yang patut diacungi jempol dan bisa ditiru daerah lainnya.

Berdasarkan website Jakarta Smart City ada enam indikator keberhasilan sebuah kota menjadi kota cerdas, yaitu pemerintahan yang transparan, responsif, dan informatif; kota yang menumbuhkan semangat berwirausaha dan inovatif pada warganya; warga yang memiliki kualitas SDM memadai dan memiliki kehidupan yang layak; adanya sistem transportasi dan infrastruktur yang memadai dan bermanfaat bagi warganya; manajemen sumber daya alam yang berwawasan lingkungan serta kota yang sehat dan layak huni bagi warganya.

Yuk jadikan Jakarta lebih baik secara bersama-sama!

qlue-1

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Agustus 31, 2016.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: