Lima Obyek Wisata dan Dua Sajian Khas Ini Sayang Dilewatkan di Perth

cover

Menikmati bentang alam yang unik dari bebatuan karang di padang pasir, mencicipi anggur berkelas dunia, serta merasakan kuliner nikmat dari ikan segar  bisa didapatkan ketika berwisata di Perth.

Saat ini portofolio jalan-jalanku masih ada di kawasan Asia. Kalah dengan pasangan dan kakakku yang sudah merambah ke benua Eropa. Tapi aku dan pasanganku punya kesamaan belum pernah mengunjungi benua yang terdekat dengan wilayah Indonesia, yaitu benua Australia. Padahal kami sama-sama penasaran untuk melihat dari dekat satwa khas Australia seperti kanguru, dingo, dan koala. Juga dilanda rasa ingin tahu untuk menjelajah alam liar dan keunikan Australia lainnya. Bermimpi dulu deh, siapa tahu wisata ke Australia suatu saat kesampaian. Dan kota di Australia yang pertama ingin saya ingin kunjungi adalah Perth

Australia memiliki sejumlah zona iklim karena luasnya teritorial yang dimiliknya. Selain itu, Ia juga punya zona musim yang berbeda. Meskipun benua Eropa dan Australia sama-sama memiliki empat musim tapi waktunya berbeda. Jika di Eropa sedang mengalami musim dingin, maka musim panas di Australia. Sehingga banyak warga yang daerahnya mengalami musim dingin memilih menghabiskan menghangatkan tubuh sejenak di Australia.

Ada beragam pilihan menghabiskan liburan musim panas di Australia. Liburan musim panas di Australia sendiri berlangsung Desember hingga Februari. Kota-kota yang umumnya menjadi tujuan wisata ke Australia adalah Sidney, Melbourne, Darwin, Adelaide, Perth, Brisbane, dan Gold Coast. Tapi saya paling ingin menuju Perth untuk liburan musim panas di Australia. Pasalnya, Perth yang terletak di Australia bagian Barat ini memiliki bentang alam yang beragam dan menakjubkan dari taman-taman asri, hutan, sejumlah pantai dan juga padang pasir.

Ada berbagai objek wisata dan pusat atraksi yang menarik di Perth. Di antaranya The Pinnacles, Kings Park dan Botanic Gardens, Museum Fremantle, Pulau Rottnest, dan Swan Valley. Saya akan bahas satu-persatu  dari lima tempat wisata tersebut di atas dari yang paling ingin ingin saya kunjungi yaitu The Pinnacles.

The Pinnacles adalah tempat wisata yang cocok bagi penggemar jalan-jalan eksotik dan alar liar. Berlokasi di Taman Nasional Nambung, pemandangan indah dan unik ini baru bisa dinikmati setelah dua jam berkendara dari pusat kota Perth. Lokasinya yang cukup jauh akan terbayarkan oleh panorama bebatuan karang yang menawan seperti stalagmit.  Eksotis. Menikmati matahari terbit dan  terbenam di lokasi ini pasti akan menjadi pengalaman yang menakjubkan.

The Pinnacles yang Unik dan Eksotis (gambar dari Detik Travel)

The Pinnacles yang Unik dan Eksotis (gambar dari Detik Travel)

Setelah berpanasan di kawasan gurun yang eksotik, maka waktunya menyejukkan tubuh di Kings Park dan Botanic Gardens dimana mata bakal dimanjakan dengan pemandangan indah aneka tanaman. Tamannya begitu luas dan dari atas bukit bisa melihat panorama laut. Kalian bisa berjalan-jalan, jogging, ataupun piknik di sini.

Di taman ini Kalian bisa menyejukkan mata dan badan (gambar: westernaustralia.com)

Di taman ini Kalian bisa menyejukkan mata dan badan (gambar: westernaustralia.com)

Di Fremantle ada berbagai berbagai situs budaya yang dibangun abad ke-19 yang masih terlestari dengan baik. Di sini pecinta sejarah, budaya dan seni akan dipuaskan dengan adanya museum tentang para imigran dan kemaritiman juga bisa mengunjungi pusat kerajinan tangan. Oleh karena lokasi Fremantle adalah di Pelabuhan maka Kalian bisa bersantap aneka sajian laut di sini, berlayar, atau menuju ke pulau Rottnest.

Museum maritim di Fremantle (gambar: http://museum.wa.gov.au)

Museum maritim di Fremantle (gambar: http://museum.wa.gov.au)

Jika Kalian sedang menuju Pelabuhan Fremantle sekalian saja menuju pulau Rottnest yang indah. Di sini wisatawan dapat berenang, berjalan-jalan di tepi pantai, berspeda, atau bersnorkeling. Siapa tahu Kalian berjumpa dengan hewan lucu menggemaskan, quokka.

Quokka bisa dijumpai di Pulau Rottnest (gambar wikipedia)

Quokka bisa dijumpai di Pulau Rottnest (gambar wikipedia)

Yang terakhir adalah menuju Swan Valley yang indah dan merupakan salah satu perkebunan anggur tertua. Di sini Kalian bisa mencicipi anggur berkelas dunia dan melihat kilangnya serta mendengar cerita dari pengelolanya. Di sini Kalian juga bisa berkereta kuda, melihat desa jaman dulu, atau berkano dan berarung jeram. Asyik deh.

Swan Valley bukan hanya kebuh anggur (gamabr: http://www.australia.com/id-id/places/perth/swan-valley.html)

Swan Valley bukan hanya kebuh anggur (gamabr: http://www.australia.com/id-id/places/perth/swan-valley.html)

Berwisata sendiri tak lengkap tanpa icip-icip masakan khas daerahnya. Daerah Perth karena dekat dengan pelabuhan maka kaya akan ikan dan hasil tangkapan laut yang segar. Di Fremantle, Kalian bisa mencicipi aneka sajian masakan ikan, seperti fish & chips yakni ikan kakap yang digoreng dengan tepung dan disajikan bersama kentang goreng. Ikan segar tentu nikmat.

Fish & Chips yang Sedap (gambar: detik travel)

Fish & Chips yang Sedap (gambar: detik travel)

Selain itu Perth juga memiliki anggur yang nikmat berkelas dunia karena memiliki salah satu perkebunan anggur tertua di Swan Valley. Mumpung di Swan Valley cobai deh anggurnya.

Ada lagi sajian bernama deep fried mozzarella. Yakni keju mozzarella yang digoreng dengan tepung. Rasanya gurih dan sedap.

Gurihnya Deep Fried Mozzarella (gambar: CoconutOilCooking.com)

Gurihnya Deep Fried Mozzarella (gambar: CoconutOilCooking.com)

Akses/Transportasi
Dari Jakarta ke Perth ada berbagai jenis maskapai yang melayani, dari maskapai yang memberikan layanan penuh hingga yang masih ‘ramah’ di kantong traveler. Perth seperti kota besar berkelas dunia yang ramah terhadap transportasi umum. Ada sejumlah rute bus yang mengarah ke berbagai pusat atraksi atau Kalian dapat berjalan kaki dan bersepeda dari tempat penginapan Kalian. Kalian dapat berkunjung ke pusat informasi untuk mendapatkan peta kota ini secara cuma-cuma.

Sedangkan untuk menuju tempat-tempat yang jauh dari pusat kota seperti Taman Nasional Nambung, Kalian perlu menyewa kendaraan atau menyetir sendiri dengan syarat Kalian memiliki SIM internasional. Kalian juga bisa mengikuti paket tur dan travel yang banyak ditawarkan ke wisatawan. Salah satunya H.I.S.

H.I.S. merupakan perusahaan di bidang travel yang memberikan layanan tour baik secara individu maupun grup. Tujuan wisatanya bisa perjalanan ke domestik maupun ke obyek wisata di mancanegara. Kalian bisa merencanakan liburan ke berbagai tempat menarik di Perth bersama H.I.S. Jika ingin tahu lebih banyak tentang H.I.S. Kalian bisa mengunjungi akun facebook-nya di sini.

Wah jadi makin ingin nih jalan-jalan ke Perth.

https://kawaiibeautyjapan.com/campaign/present-22/track.js

kredit: gambar cover merupakan rangkaian dari gambar di tourism western Australia dan Arya Daru/Kompas.

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada November 9, 2016.

2 Tanggapan to “Lima Obyek Wisata dan Dua Sajian Khas Ini Sayang Dilewatkan di Perth”

  1. Fish n Chips sama fried mozzarella bikin mupeeng…. The pinnacles juga bikin penasaran :). Btw Mba udah TLD nih blog-nya 😉

    • Wah aku juga beberapa waktu lalu mampir ke blogmu, sama-sama pake dot net ya hehehe. Tahun lalu aku sudah beli domain dotcom, cuma bingung karena pakai wordpress ternyata masih harus bayar ke wordpressnya, tidak seperti kalau pakai blogspot. Akhirnya tahun ini niat pake dotnet dan bayar 13dolar/tahun ke wordpress-nya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: