Lagi (Lagi) Tentang Slipknot

slip-3

Lagi dan lagi saya menulis tentang Slipknot. Jika Kalian bosan membaca artikel saya tentang Slipknot, bisa langsung dilewati artikel ini. Sebaliknya, bagi yang suka dengan band asal Iowa ini yuk kita ngobrol bareng. Kali ini obrolin tentang video klip legendaris bernama yang seperti film horor klasik.

Waktu baru kenal dengan musik Slipknot belasan tahun silam, saya suka sekaligus merasa ngeri dengan sebuah video klip di sebuah single pada album perdananya. Video klipnya menggambarkan sekelompok hantu dan teror di sebuah rumah, disutradarai oleh Thomas Mignone.

Baru kemudian saya paham jika video klip ini terinspirasi dari sebuah film horor populer tahun 1980-an yang disutradarai oleh Kubrick yang terkenal dengan film bertema horor-psikologi-absurd. Judul filmnya adalah The Shining.

Dalam video klip milik Slipknot tersebut, kesembilan personel formasi awal Slipknot tampil sebagai pemeran. Di sini masih bergabung Joey si drummer dan Paul Grey yang saat ini telah meninggal.

Joey di sini berperan sebagai si anak penjaga hotel yang memiliki kemampuan supranatural. Ia dapat melihat sesuatu entah masa depan atau masa lalu, juga hantu. Waktu asyik bersepeda ia terpaku pada sebuah pintu kamar. Ketika pintu kamar itu terbuka dua gadis kembar muncul, tapi digantikan dengan sosok dua hantu badut yang menyeramkan.

slip-2

slip-4

slip-5

Lantas si Corey Taylor, si vokalis, yang berperan sebagai penjaga hotel dan penulis tertekan. Ia mulai menjadi gila. Ia ngobrol dengan hantu bartender, bertemu dengan berbagai hantu dan ada mayat di bak mandi. Ia seperti sulit berpijak di dunia nyata. Lantas ia hendak menyerang anak dan istrinya.

Konon video klip ini pernah dicekal pemutarannya oleh MTV. Baru setelah adegan kekerasannya dikurangi maka video klip baru bisa tayang.

Menurut saya video klipnya tidak brutal (mungkin saya menonton versi kedua). Malah terkesan kocak dan sedikit seram. Seramnya disumbang oleh intro dan kemudian wujud dua gadis kembar yang digantikan dua badut yang berpakaian wanita. Duh horor banget. Sampai sekarang saya tidak suka menonton horor dengan tokoh badut. Seram. Wajahnya menyeringai tapi brutal.

Topeng Joey yang putih polos seperti hantu Jepang juga menyeramkan. Menurutku topeng lama Slipknot lebih keren dan seram dibandingkan topeng barunya. Yang dulu itu seram tapi ada unsur kocaknya. Ada kayak badut terong, badut landak, badut nguik-nguik dan sebagainya. Cuma topeng Corey di awal memang jelek banget.

Menurutku adegan yang paling kocak dan menarik dalam video klip ini ketika pintu kamar dibuka muncul semua hantu yang semuanya personel Slipknot. Mereka menyeringai, bukannya seram malah menggemaskan.

slip-7

Video klip ini perpaduan antara sebuah film dan pertunjukan live. Film The Shining merupakan horor klasik dari novel terkenal Stephen King. Film ini bercerita tentang keluarga yang berpindah ke hotel. Suami bertugas sebagai penjaga hotel pada musim dingin serta seorang penulis. Ada kamar yang terkunci dan sebaiknya dihindari.

Dan kamar itulah sumber kegilaan itu berasal. Hantu-hantu jahat bermunculan. Anak dan istri selamat dari pengejaran si suami yang telah menjadi gila. Suami tewas kedinginan di maze ketika mengejar anaknya. Hantunya sendiri entah beneran nyata atau hanya ada dalam pikiran si suami. Film ini disebut-sebut sebagai salah satu horor klasik terbaik.

Video klip horor ini merupakan video musik lagu berjudul Spit it Out. Secara harfiah dimaknakan sebagai meluda, muntah, atau merasa jengkel/jijik. Tapi juga bisa dimaknakan sebagai perbuatan agar seseorang memberitahukan sesuatu yang disembunyikannya.

Menilik dari lirik, komposisi dan irama lagunya, lagu ini merupakan lagu penuh kemarahan. Lagu ini diciptakan Corey Taylor, Pauk Gray dan Mick Thomson. Di awal Corey melakukan rap dengan cepat dan santai. Tapi liriknya tidak nyantai, itu kata-kata mereka yang sedang marah.

Lagu ini memang enak didengar. Salah satu rap metal yang seru dan dinamis. Lagu ini masuk sebagai salah satu lagu terbaik Slipknot.

Refrainnya memang mengumbar kemarahan dan keinginan membalas dendam.

All you want to do is drag me down
All I want to do is stamp you out 

Lagu ini disebutkan merupakan balasan bagi mereka yang merendahkan dan menyebarkan rumor buruk tentang Slipknot. Corey dkk juga merasa kesal ada salah satu radio di kotanya yang memboikot lagu-lagunya. Tapi sekarang terbukti Slipknot tetap eksis dan radio yang pernah memboikotnya menjadi rajin memutar lagu-lagunya.

slip-1

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Desember 13, 2016.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: