Berbagai Adaptasi Si Cantik dan Si Bengis

poster beauty and the beast 2017

Film adaptasi dari cerita klasik populer Beauty and The Beast akan segera tayang di bioskop pada bulan Maret mendatang. Menilik dari trailernya, ceritanya tak berbeda jauh dengan kisah dalam animasinya yang dirilis Walt Disney tahun 90-an. Masih ada Gaston ‘preman kampung’, Bella si kutu buku jelita dan pangeran yang dikutuk menjadi beast.

Ceritanya sih sederhana. Alkisah seorang pangeran sombong dan lalim. Ia tidak mengizinkan seorang nenek untuk berteduh di istananya, bahkan mengusirnya. Alhasil ia pun dikutuk bersama seisi penghuni istananya. Ia menjadi berwajah bengis dan pelayannya menjadi makhluk sihir. Ia bisa menyelamatkan semuanya jika menemukan cinta sejati dan si gadis menyukainya dengan tulus. Ada mawar ajaib sebagai pengingat.Jika mawar mati maka waktunya pun habis.

Bertahun-tahun kemudian istana tersebut telah dilupakan. Di sebuah desa hiduplah seorang ilmuwan bersama anak gadisnya yang rupawan, Bella. Ia tidak seperti gadis pada umumnya. Ia benar-benar kutu buku dan tidak menyadari jika seorang pahlawan desa tersebut, Gaston, mengincarnya sebagai istri kesekiannya.

beauty-1991

Saat ayahnya menyelesaikan penemuannya dan membawanya ke kota, ia diserang oleh serigala. Kudanya kabur meminta pertolongan Bella, sedangkan ilmuwan malang tersebut ketakutan dan bersembunyi di rumah besar yang nampak ditinggalkan. Ia disambut ramah oleh penghuninya yang berwujud piring, lilin dan lain-lain. Si ilmuwan tidak takut hanya terkejut. Tapi si tuan rumah yang berwajah menyeramkan tidak suka ada penyusup dan memenjarakannya.

Bella sendiri cemas melihat kuda mereka kembali tanpa si ayah. Ia pun mencarinya dan menjumpai ayahnya dalam penjara di sebuah rumah besar. Saat si monster tiba ia meminta dirinya sebagai sandera pengganti ayahnya. Ya akhirnya keduanya bersama. Saling berdebat, saling mudah marah, namun juga mulai peduli satu sama lain. Akan tetapi desas-desus akan si bengis terdengar di desa. Mereka siap menyerang si bengis karena dianggap membahayakan.

Kalau cerita versi animasinya sih seperti itu, dimana juga dibuat versi komiknya atau cergamnya, saya punya dua bukunya. Entah nanti seperti apa kisah di versi Emma Watson.

buku-beauty

Oh ya ada beberapa versi dalam dongeng ini. Ada versi yang konon dari negeri asalnya yaitu Perancis yang berfokus pada mawar berjudul La Belle et la Bête karya Gabrielle-Suzanne Barbot de Villeneuve. Suatu hari seorang yang memiliki beberapa anak perempuan ingin membawakan oleh-oleh buat putrinya jika bepergian. Semua putrinya meminta barang yang mahal dan indah, hanya satu putrinya yang meminta mawar. Ia sengaja meminta hal yang sederhana karena kuatir merepotkan ayahnya.Namun ternyata permintaan tersebut yang sulit dipenuhinya.

Saay mengambil sekuntum mawar, penghuninya tidak terima dan mengancamnya. Penghuninya yang berwajah menyeramkan memintanya memohon maaf dengan menyerahkan putrinya.

Versi yang mirip dengan kisah tersebut pernah diadaptasi dalam film layar lebar beberapa waktu lalu dibintangi oleh gadis Bond, Lea Seydoux. Ia menjadi puteri yang ditawan tersebut. Film yang disutradarai oleh Christophe Gans ini berjudul sama, yaitu La Belle et la Bête dan dirilis tahun 2014.

Belle ala Lea ini juga enarik dan kaya fantasi, dimana si Beast digambarkan punya kekuatan magis. Ada peperangannya juga. Ending-nya juga bisa dibilang unik dan manis. Namun unsur surealisnya juga kental, agak berbeda dengan kisah dongeng pada umumnya.

lea

beauty-and-the-beast-poster-2014

Dari seluruh puteri Disney, Belle memang favorit saya karena sederhana dan gemar membaca. Favorit saya kedua adalah Aurora si puteri tidur, karena gaun-gaunnya cantik dan penuh magis.

beauty-buku

ket gambar dari IMDB

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Februari 4, 2017.

4 Tanggapan to “Berbagai Adaptasi Si Cantik dan Si Bengis”

  1. aku nonton hampir semua versi Beauty and The Beast, tapi memang sih paling suka yang versi kartun Disney jaman tahun 90-an, he he…

    • Hihihi sama Dina aku juga paling suka untuk saat ini versi animasi Disney. Kalau filmnya Lea bagus tapi agak absurd. Untuk versi buku, aku punya tiga, satu cergam dan satu komik ala Disney dan satu yang versi Prancis. Kalau versi buku Prancis critanya agak datar, lebih seru yang buku Disney:)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: