Penampilan Apik Viola Davis dalam Fences

Dalam Fences, Viola Davis berhasil meraih penghargaan sebagai aktris pendukung terbaik di ajang Golden Globe dan Oscar. Sayangnya rekannya Denzel Washington, yang berperan sebagai suaminya dalam film ini hanya dapat meraih nominasi sebagai aktor terbaik. Mengapa Viola layak meraih Oscar dalam Fences?

Fences bercerita tentang kehidupan warga kulit hitam di Pittsburgh, Amerika, pada tahun 1950-an. Troy Maxson (Denzel Washington) bersama sahabatnya, Bono (Stephen Henderson) bekerja sebagai petugas kebersihan kota. Dari percakapan mereka, terlihat bahwa Troy melalui berbagai hal sebelum berakhir sebagai petugas kebersihan.

Ia pernah menjadi pencuri beberapa saat, lalu menjadi pemain baseball, namun karena ia berkulit hitam maka ia tak pernah mendapat kesempatan tampil di liga utama. Kemudian ia menderita pneumonia dan tidak mendapat pekerjaan sebelun kemudian diajak Bono untuk bekerja bersamanya. Adiknya, Gabriel Maxson (Mykelti Williamson) mengalami permasalahan mental akibat perang dunia kedua. Untuk itu ia mendapat ganti rugi dimana sebagian dana digunakan Troy untuk membeli rumah. Troy sendiri hidup sederhana bersama anaknya, Cory (Jovan Adepo) dan istrinya, Rose (Viola Davis).

Konflik mencuat ketika Troy berang mengetahui putranya meninggalkan pekerjaan paruh waktunya untuk bergabung di tim baseball. Ia mendapat tawaran beasiswa untuk bergabung di tim baseball sebuah kampus. Di satu sisi, adiknya mulai meresahkan masyarakat. Istrinya sibuk menjembatani permasalahan tersebut, namun kesabarannya kemudian habis ketika mengetahui suaminya berselingkuh dan memiliki anak.

Film ini berdurasi cukup panjang, lebih dari dua jam dan agak datar. Cerita didominasi oleh percakapan panjang yang lumayan meninabobokan. Agak membosankan, namun terbantu oleh gambaran Pittsburgh tahun 1950-an, permasalahan yang dialami bangsa kulit hitam masa itu dan akting ciamik para pemerannya. Wah tidak mudah lho menghafal dialog sebanyak itu.

Viola di sini memang tampil prima sebagai Rose, istri yang tabah. Ia selalu menjadi penengah yang baik, tapi kemudian seolah habis kesabaran atas ulah suaminya yang mempermainkan janji pernikahan. Emosinya jarang diungkapkan lewat kata-kata, tapi bisa dilihat dari mimik dan gestur.

Detail Film:
Judul : Fences
Sutradara : Denzel Washington
Pemeran : Denzel Washington, Viola Davis, Stephen Henderson, Jovan Adepo, Sanniya Sidney, Russel Hornsby, Mykelti Williamson
Genre : Drama
Rating : 7/10
Gambar dari satu, dua

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Maret 28, 2017.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: