Jelang Ramadhan, Jogja Adakan Festival Pisungsung Ruwahan

Saat akhir pekan lalu ke Jogja (13/5) rupanya ada festival tahunan menyambut bulan suci Ramadhan. Saya menonton pawai kultural ini di sekitar Pasar Ngasem yang diikuti banyak peserta dari kelurahan Kadipaten.

Festival Pisungsung Ruwahan ini dihelat pada bulan ruwah atau bulan Syaban, dimana biasanya sepuluh hari jelang puasa Ramadhan. Kegiatan ini selain di Jogja juga diadakan di berbagai daerah dengan sebutan Megengan atau menahan nafsu. Di tingkat lingkungan tetangga tradisi ini biasanya dalam bentuk sederhana seperti membagikan makanan ke tetangga atau kenduri.

Acara festival ini berlangsung mulai pukul 16.00. Para warga kelurahan Kadipaten baik tua dan muda menggunakan berbagai kostum untuk ikut berpawai dalam festival yang mengusung tema “Art, Religius and Cultural Performance”.

Ruwahan ini biasanya identik dengan apeman. Dan memang sebagian peserta pawai menandu gunungan kue apem yang berwarna-warni juga menggoda selera. Mengapa apem? Konon kue dari tepung beras, telur, gula, ragi dan santan ini merupakan simbol permohonan ampun dimana berasal dari kata ‘afwan’ yang berarti permintaan maaf. Dengan saling meminta maaf maka niat kita menjalankan ibadah puasa akan lebih fokus dan bersih.

Peserta perwakilan tiap RW kelurahan Kadipaten ini tak lelah berjalan. Ada yang menggunakan baju kebaya, menggunakan kostum penari kuda lumping, menampilkan performa drum band dan sebagainya. Atraksi mereka mengundang perhatian warga sekitar dan turis asing. Pada hari Minggu (14/5) juga masih ada festival Apeman dimana bertempat di Stasiun Lempuyangan. Oh ya selain apem biasanya juga mereka menyajikan makanan berupa ketan dan kolak.

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Mei 15, 2017.

2 Tanggapan to “Jelang Ramadhan, Jogja Adakan Festival Pisungsung Ruwahan”

  1. disana ada nyadran juga gak kak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: