Was-was Data Hilang, Cadangkan Saja Melalui Produk Seagate

“Mas pinjam hardisk eksternalnya dong, mau back up data penelitian?”  Pasangan pun menunjukkan lokasi hard disk eksternalnya. Hard disk eksternalnya itu setahuku berkapasitas besar. Tapi ketika kutancapkan ke laptop aku terkejut, kapasitas penyimpanannya tinggal sedikit karena penuh games. Hahaha dasar maniak, isi hard disknya pun sarat dengan games play station. Sepertinya kami berdua perlu media penyimpanan yang lebih besar untuk memenuhi hobi kami yang gemar beternak data berukuran besar. Produk terbaru Seagate pun menjadi incaran.

Berbicara tentang data, sekarang memang eranya data. Ukuran media penyimpanan bukan lagi yang berkapasitas Megabyte atau Gigabyte, saat ini bicaranya adalah Terabyte, untuk kebutuhan personal. Untuk kebutuhan perusahaan pasti bakal lebih besar lagi.

Saya masih ingat waktu masih belajar WS dan Lotus 123, menyimpan data cukup dengan disket (floppy disk). Ketika jaman berganti menjadi komputer era pentium dan internet sudah mulai dikenal, disket pun masih laris. Satu disket seingatku bisa menyimpan data hingga 1,44MB. Jika satu disket tidak cukup maka bisa menggunakan aplikasi pemecah file sehingga disimpan di beberapa disket.

Namun disket itu rentan rusak, sehingga ketika mengerjakan tugas kuliah tidak cukup menyimpan di satu disket. Kan gawat saat presentasi tiba-tiba file rusak dan tidak terbaca.

Lalu mulailah era compact disk (CD). Daripada menggunakan aplikasi pemecah file agar muat di beberapa disket maka lebih praktis disimpan dalam bentuk CD. Maka mulailah kami membeli perangkat CD dan menginstall aplikasi untuk membakar (burning) CD. Satu CD berkapasitas 700MB. Lumayan besar, bisa untuk menampung berbagai file, untuk back up data kuliah dan sebagainya. Kemudian biar praktis dan hemat maka digunakan CD RW agar data yang sudah tidak digunakan bisa dihapus. Era CD kemudian berganti DVD yang kapasitas dan kualitasnya lebih besar, yakni 4GB. Lalu merambahlah flash disk dan hard disk eksternal.

Awal-awal kehadiran, fash disk lebih populer dibandingkan hard disk eksternal. Ukurannya mungil dan mudah dibawa-bawa. Saat itu kapasitasnya hanya berukuran Megabyte seperti 256MB dan 512MB. Sedangkan hardisk eksternal sudah berkapasitas di atas satu Gigabyte.

Seiring waktu kapasitas pun membesar, saat ini banyak beredar flashdisk ukuran 2-32 Gigabyte. Harddisk eksternal Seagate yang dipunyai pasangan berkapasitas 500 Gigabyte. Ia membelinya beberapa tahun lalu dan masih awet. Awalnya bisa memenuhi berbagai kebutuhan, tapi karena ia sangat gemar bermain video games play station maka lama-kelamaan hard disk eksternalnya sarat akan games yang ukuran per games-nya rata-rata memang besar.

Kebutuhan Data Era Milenial yang Membengkak
Hayooo siapa di antara Kalian yang tak gemar foto-foto atau menyimpan video? Apalagi era gadget saat ini dimana memotret dan membuat video dimudahkan. Setelah memotret atau membuat video biasanya Kalian pasti suka menyimpannya di laptop atau komputer dekstop. Kemudian tak terasa laptop Kalian penuh dan Kalian perlu memindahkannya di hard disk eksternal atau menggunakan sistem cloud.

Kalian biasanya menyimpan dimana? Ini tren tempat menyimpan data (sumber: Seagate Indonesia)

Kebutuhan menyimpan foto dan video memang kebutuhan generasi milenial yang susah dihindari. Ada rasa ingin eksis dan ingin menyimpan segala sesuatu sehingga ruang penyimpan foto dan video terus membengkak. Sedangkan bagi kalangan seperti saya yaitu blogger, selain foto, video dan games, kebutuhan ruang menyimpan data penulisan juga besar. Artikel menulis dalam bentuk word sih tidak seberapa, tapi dokumen pendukung dan bahan-bahan untuk menulis, ukurannya bisa bermega-mega untuk dianalisis dan kemudian menjadi tulisan 500-1500 kata. Ada beberapa pilihan untuk mencukupi kebutuhan kami, menghapus berbagai file yang dirasa kurang penting dengan hati berat, membeli hard disk berukuran besar, menyimpan data di cloud dengan risiko data penting bocor atau disalahgunakan atau membeli back up portable drive untuk cadangan data penting kami.

Komputer saya penuh oleh foto

Ketika mendapat informasi tentang produk Seagate di acara temu blogger bersama Lazada, Kamis (8/6), lampu di benak saya seolah terang dan saya mendapat jawabannya. Saya dan suami sepertinya perlu produk Seagate itu untuk membuat cadangan berbagai games, foto, video, dan data-data penting lainnya.

Tirto dari Seagate menjelaskan beragam produk terbaru di bukber bersama Lazada

Produk Seagate untuk Kaum Milenial
Seagate, perusahaan multinasional di bidang teknologi perangkat penyimpanan data yang sekarang bermarkas di California, Amerika Serikat, ini paham akan kebutuhan kaum milenial yang semakin resah untuk menyimpan data. Selain menyimpan data, kebutuhan tersebut dikarenakan adanya kebutuhan analisis data.

Data saat ini merupakan hal yang berharga. Dengan analisis data maka bisa dihasilkan perilaku konsumen, tren peningkatan kebutuhan barang konsumsi dan sebagainya dimana bisa menentukan putusan strategis.

Data vital juga nilainya sulit dinilai oleh uang. Oleh karenanya data penting untuk dilindungi keamanannya. Tanpa adanya perlindungan yang mumpuni maka data suatu institusi ataupun data pribadi kita yang berharga bisa dicuri dan disalahgunakan oleh oknum, atau malah hilang tanpa sempat dibuat cadangannya.

Peran data semakin vital. Data menjadi tak ternilai (sumber: Seagate Indonesia)

Memiliki hard disk portable juga merupakan salah satu wujud mitigasi risiko (memindahkan risiko) dari kehilangan atau kerusakan data. Banyak pakar TI yang menyarankan untuk rajin melakukan back up data secara berkala.

Nah, saat ini ada tiga produk terbaru Seagate yaitu Back Up Plus (BUP) Portable Drive 5T, BUP Dekstop Hub dan BUP Ultra Slim+SRS. Yuk kita bahas satu-persatu agar Kalian seperti saya dapat mengetahui produk mana yang tepat bagi Kalian.

Ya, ukuran kebutuhan kapasitas data sekarang sudah merangkak dari Gigabyte ke Terabyte. Satu Gigabyte adalah 1024 Megabyte, sedangkan satu Terabyte adalah 1024 Gigabyte atau dua pangkat 20 Megabyte alias satu juta lebih Megabyte. Wuih besar banget ya. Jika satu video atau games katakanlah 700Mb maka 1 Terabyte bisa memuat 1497 video atau games. Wow! Bisa puas main video gamesnya dan nonton video. Sedangkan untuk foto berkualitas tinggi, misalnya berukuran 1MB, maka bisa memuat lebih dari satu juta foto. Rasanya cukup untuk setahun memotret, malah bisa jadi lebih.

BUP Portable Drive 5T
Produk terbaru Seagate yang saya bahas pertama adalah BUP Portable Drive 5T. Melihat ilustrasi di atas jika untuk 1T saja bisa untuk menyimpan sekitar 1497 video atau games maka untuk 5T bisa lebih dari 7000 video atau games. Asyik, bisa puas banget main atau nontonnya.

BUP Portable Drive seperti kantong doraemon berisi perpustakaan digital

BUP Portable Drive 5T Seagate cocok bagi semua kalangan, baik gamer, vlogger yang suka membuat dan mengolah video, kalangan blogger yang suka analisis data dan menyimpan foto, juga kalangan masyarakat umum lainnya, terutama generasi milenial dan junkie medsos yang selalu eksis bermedia sosial. Karena sifatnya yang portable, maka hard disk ini mudah dibawa kemana-mana dan praktis.

Sifat hardisk disk eksternal ini praktis, langsung ditancapkan ke laptop atau komputer dekstrop tanpa perlu power supply eksternal. Ia bisa digunakan untuk back data komputer, media sosial juga smartphone. BUP Portable ini juga kompatibel dengan komputer dengan sistem operasi Windows ataupun Macintosh (Mac).

Warnanya pun keren, ada merah, biru, silver dan hitam untuk kapasitas data 5T dan 4T khusus untuk warna emas. Oleb karena media penyimpanannya yang besar maka BUP Portable 5T ini disebut juga perpustakaan digital. Hahah kayak kantong doraemon sih, waktu dibuka isinya begitu banyak.

BUP Ultra Slim+ SRS
BUP Ultra Slim masuk dalam keluarga BUP Portable Drive. Sama seperti BUP Portable, maka BUP slim dapat digunakan untuk back up data komputer, media sosial dan smartphone.

Ukurannya yang tipis menjadi keunggulan BUP Ultra Slim ini. Ukurannya tertipis di dunia hingga saat ini, yaitu 9,6 mm. Varian BUP Portable ini ditawarkan dengan kapasitas data 1 dan 2Terabyte.  BUP Ultra Slim ini mudah dibawa karena ringan juga tampilannya elegan dengan pilihan warna emas dan platinum.

Back Up Plus Portable Slim yang tipis

BUP Slim cepat untuk mencadangkan data yaitu bisa dengan sistem satu klik atau juga bisa dilakukan penjadwalan back up secara berkala. Kecepatan back up juga terbantu dengan adanya USB 3.0.

Masa garansi BUP Ultra Slim ini adalah dua tahun dimana ada bonus satu tahun untuk SRS. Eh apa yang dimaksud SRS? SRS singkatan dari Seagate Rescue System, yakni layanan dari Seagate untuk mengembalikan data apabila karena kecelakaan maka data Anda dalam hard disk ini rusak ataupun hilang.

BUP Dekstop Hub
Nah, bagi yang ingin fitur lebih selain kapasitas media penyimpanannya yang besar, yaitu mencapai 8T (ada pilihan 4T dan 6T juga), maka BUP Dekstop Hub ini bisa jadi pilihan.

Back Up Plus ini memiliki daya tarik pada dua port USB 3.0-nya yang berfungsi sebagai Hub dan juga pengisi daya. Sehingga sambil transfer foto dari ponsel bisa sekalian charging ponsel tersebut. USB 3 0 juga membuat urusan transfer data jadi lebih cepat.

BUP Dekstop Hub yang juga bisa untuk charging

Oh ya selain bisa menyimpan data dari aneka gadget, BUP Dekstop Hub ini bisa digunakan untuk back up data cloud. Jadi apabila data yang sudah diunggah ke flickr hilang misalnya, maka bisa diselamatkan.

Ada juga fitur Seagate dashboard dimana bisa mengatur data yang sudah di-back up. Kompatibilitasnya juga patut diakui jempol dimana bisa digunakan untuk Windows dan Mac, dengan hanya mengubahnya menjadi format NTFS.

Kalian bisa membelinya di Lazada mumpung sedang ada promo Ramadhan. Untuk Seagate BUP Portable 5T bisa disimak di sini, BUP Slim+SRS bisa dilihat di tautan ini, dan BUP Dekstop Hub bisa diklik di tautan berikut.

Belanja di lazada

Produk Seagate lainnya ada Wireless Plus dan Personal Cloud dengan keunggulan masing-masing.

Hemmm kalau saya sih naksir BUP Dekstop Hub karena kapasitas penyimpanannya dan juga kemampuannya untuk charge dan back up cloud. Tapi karena saya juga mobile saya rasa lebih praktis membawa BUP Portable 5T. Bagaimana dengan Kalian, mana yang sesuai dengan kebutuhanmu?

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Juni 15, 2017.

2 Tanggapan to “Was-was Data Hilang, Cadangkan Saja Melalui Produk Seagate”

  1. TFS mbak Dewi..
    Noted deh utk brand penyimpan datanya.

    Berkunjung dari ujung timur Lombok..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: