Bagaimana Cek SPPT Pajak Bumi dan Bangunan

Sebentar lagi, tepatnya tanggal 31 Agustus 2017, batas akhir pembayaran pajak bumi dan bangunan. Sudah sejak empat tahun ini saya tidak pernah lagi mendapat SPPT PBB dari RT. Entah kenapa dokumennya campur-aduk di kelurahan dan banyak yang statusnya tidak jelas entah kemana. Untungnya PBB bisa dibayar secara online lewat internet banking jadi sebenarnya tidak masalah. Tapi tahun ini saya bingung kok ketika hendak membayar via internet banking ada status sudah dibayar. Tanya ke RT tentang keberadaan SPPT PBB juga tidak terjawab. Ketika browsing, saya menemukan situs untuk mencari tahu, memeriksa status SPPT PBB kita, berapa besarannya dan apakah sudah lunas atau belum.

Yup akhirnya ada cara praktis untuk mencari SPPT PBB. Percayalah tidak enak jika seorang warga hendak melakukan kewajibannya membayar pajak bumi dan bangunan, tapi kemudian harus bersusah payah mencari dokumennya di kelurahan. Kenapa tidak dipisahkan per RW-nya agar memudahkan warga mendapatkan SPPT PBB-nya? Entahlah.

Masukkan nomor dan tahun

Alamat website untuk pencarian SPPT PBB tersebut adalah bprd.jakarta.go.id/pencarian-sppt-pbb. Kalian tinggal memasukkan nomor PBB dan tahun. Lantas voilla, dokumen SPPT tersebut sudah terpampang di layar. Kalian bisa melihat statusnya apakah sudah lunas atau belum. Jika belum ya segera dilunasi. Dokumen ini juga bisa jadi bukti kalau Kalian sudah memenuhi kewajiban Kalian. 

Klik search setelah memasukkan nomor objek pajak dan tahun pajak

SPPT PBB tahun tersebut akan terpampang di layar. Kalian bisa mencetaknya

Tapi aku bingung kenapa di situ sudah tertayang lunas ya, seingatku padahal belum bayar. Benarkah PBB DKI di bawah 1 Miliar itu gratis?

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Juli 10, 2017.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: