Penghargaan

Penghargaan apa yang Kalian sukai, apakah bonus gaji, dapat hadiah dari kawan-kawan karena Kamu membantu mereka, ataukah mendapat sertifikat? Wah saya suka semuanya. Dapat hadiah lomba juga saya suka meskipun misalnya hanya menang pada urutan kesekian.

Dulu orang tuaku suka memacu semangat untuk berprestasi. Berprestasi apa saja, lomba mengaji, lomba tujuhbelasan, atau lomba cerdas cermat. Sayangnya aku tidak terlalu ahli dan beruntung dalam bidang tersebut. Prestasi terbaikku di bidang cerdas-cermat hanya juara tiga matematika di tingkat kelurahan dan juara tiga cerdas cermat agama tingkat Malang waktu SMP. Ada juga sih lomba matematika waktu SMA, tapi seingatku hanya juara harapan dua hahaha.

Aku memang suka matematika, namun pelajaran menulis bebas juga kusukai. Ada seorang guru bahasa Indonesia waktu SMA yang memotivasiku suka menulis. Padahal amit-amit deh pelajaran mengarang, bikin aku sebal waktu SMP karena dilarang ini dan itu.

Namun, ketika guru tersebut memberiku nilai sembilan dan mengajakku untuk menulis di buku kenangan, segalanya berubah. Gara-gara Beliau aku juga mendapat kesempatan menjadi finalis sebuah ajang resensi nasional. Aku jadi merasa punya masa depan di bidang menulis.

Perjuanganku menulis juga mengalami lika-liku. Aku pernah ditolak ketika melamar di sebuah media kampus dan naskah cerpen juga novelku dikembalikan di sana-sini. Aku sangat kecewa saat itu. Ketika kemudian sebuah media besar di Surabaya menerimaku aku tertegun dan merasa seolah bermimpi. Tapi itu hanya permulaan, perjuangan berikutnya sangat penuh kerja keras.

Saat jadi kuli tinta aku jarang tidur nyenyak dan tidur berkecukupan. Pikiranku hanya mencari berita dan memenuhi target berita. Ada berita apa hari ini? Aku harus kemana saja hari ini? Kata kawanku pekerjaan kami mirip dengan sales, ke sana kemari. Hehehe iya sih kalau dipikir-pikir tidak jauh beda, dengan berkeliling, bertanya ke sana-kemari.

Aku sendiri sebenarnya hanya berupaya keras agar tidak didepak. Bekerja di sana memang keras dan kejam, karena jika kualitas tulisan buruk atau dianggap kurang produktif maka bisa langsung dipecat hari itu juga. Perjuanganku tak sia-sia, aku beberapa kali mendapat tiga besar berita terbanyak dalam sebulan. Rangkaian beritaku juga pernah jadi sebuah berita nasional, bahkan dibicarakan oleh media mancanegara.

Selepas bekerja di media, aku kemudian bekerja sesuai latar belakangku. Aku tak bisa memisahkan diri dari kegemaranku akan matematika dan teknologi. Dari bagian jaringan, ke bagian portal perusahaan, kemudian jadi konsultan TI hingga kini.

Tapi aku juga tak melupakan minatku dalam menulis. Aku menulis di sana-sini, kadang-kadang juga mencoba peruntunganku ikut lomba menulis. Kadang menang, tapi kebanyakan juga kalah. Kemenangan itu kusyukuri walaupun terkadang hanya duduk di urutan kesekian. Aku tetap menulis dan menulis sebagai latihanku.

Pertemuanku dengan topik film berawal dari awal tahun 2016. Aku makin sering menulis di bidang ini sejak menjadi kontributor CinemaniaID. Waktu itu bidangku adalah film Indonesia, sehingga aku sering menonton film lokal di bioskop. Dari media online keroyokan inilah aku belajar banyak hal tentang menulis ulasan film.

Selepas dari media online tersebut, aku kemudian disibukkan dengan beragam acara tentang perfilman. Hal yang menarik dan menghibur karena bagiku sangat bertolak belakang dengan pekerjaanku yang selalu sibuk dengan analisis. Hingga kemudian hari ini ada beberapa kawan mengabarkan aku menjadi salah satu nominasi di ajang kompasianival berkat keaktifanku menulis di rubrik film. Wah senangnya (tautan di sini).

Kabar itu sangat menyenangkan. Bagiku menjadi salah satu nominasi sudah menjadi sebuah penghargaan. Menang ataupun tidaknya nanti, aku juga akan masih menulis di media online keroyokan tersebut karena di sana aku memiliki teman dan atmosfer yang mendukung semangatku untuk selalu menulis. Apa saja.

Kalau Kalian penghargaan apa yang Kalian sukai?

Kredit:pixabay

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada September 24, 2017.

13 Tanggapan to “Penghargaan”

  1. Salam kenal nih mba.Nemu blog mba lewat artikel Superman Batman+Brainiac.Ternyata tulisannya sangat menarik..

    Ngomongin penghargaan,kalo di blog saya sih saya ngerasa seneng aja kalau ada pembaca yang menemukan lagu -lagu yang mereka cari sesuai rekomendasi saya.

    Ya,walau tulisannya belum sempurna.Tetapi
    pembaca adalah penghargaan yang tak ternilai bagi penulis amatir seperti saya.hhee

  2. Moga menang..amin
    Mbak nulis di kompasiana juga?

  3. Wah bagus kak antara matematika dan teknogi buat sistem pakar pasti sangat berguna, salama kenal ya kak dari pulai dewata ….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: