Serial Jadul Law and Order yang Masih Asyik Dinikmati

Akhir-akhir ini aku mudah lelah. Setelah pulang kerja rasanya ingin tiduran, sehingga menulis pun kurang bisa seintens dulu, kecuali saat akhir pekan. Sambil menunggu momen mengantuk aku pun membaca atau menonton televisi. Karena tidak langganan teve kabel jadinya suka bingung nonton film apa. Belakangan ini aku jadi suka menonton film berjudul Law and Order yang diputar oleh sebuah stasiun teve swasta. Ceritanya menarik karena bercerita tentang kasus yang ditangani detektif hingga kasus tersebut dimejahijaukan.

Saat ini sangat jarang saluran televisi yang memutar serial impor yang menarik. Jaman dulu sih ada banyak, seperti The X-Files, MacGyver , Ally Mc Beal, dan masih banyak lagi. Sekarang untuk menonton serial teve seperti CSI, Arrow, dan sebagainya harus bersedia keluar dana untuk teve kabel atau menonton berbayar di layanan video on demand. Karena aku jarang nonton teve maka aku lebih suka pilihan nomor dua dan telah mencobanya beberapa kali.

Law and Order seperti memadukan CSI dan Ally Mc Beal, ada upaya detektif memecahkan sebuah kasus dan kemudian bagaimana jaksa membawa terdakwa untuk diputuskan apakah ia bersalah dan seberapa lama ia menjalani masa tahanannya, atau malah ia dibebaskan. Koreksi ya jika saya salah, karena takut keliru antara tersangka dan terdakwa.

Kasus yang ditangani oleh kedua detektif yang dalam kisah ini merupakan detektif di kepolisian New York, sebagian besar adalah kasus pembunuhan. Namun, juga ada kasus lain seperti pelecehan, hal-hal yang berbau rasis, perkosaan, dan masih banyak lagi. Kedua detektif ini berkeliling setelah mendapatkan bukti dari lokasi TKP. Mereka mengunjungi keluarga dan kawan-kawan korban, serta yang diduga terkait dengan kasus tersebut. Selanjutnya mereka melakukan pengembangan dan improvisasi. Ada kalanya berkat kejelian mereka, mereka mendapat titik terang dari sesuatu yang seolah-olah tak berkaitan.

Setelah ada tersangka dan kemudian menjadi terdakwa, maka cerita pun berganti ke sosok jaksa. Selain mendapatkan bukti dari kedua detektif tersebut jika bukti tidak kuat maka mereka terus melakukan eksplorasi hingga mendapatkan bukti yang cukup. Dari beberapa kali kutonton, tidak semua kasus dimenangkan oleh pihak penuntut. Ada kalanya mereka harus kalah karena bukti yang tidak cukup, atau memang mereka mendapat informasi yang sesat karena kebohongan.

Ada banyak istilah dan wawasan hukum yang bisa kudapat dari film serial ini. Humornya juga menarik, kelihatannya kering tapi menonjok. Film ini termasuk yang sukses dan bertahan. Sejak dirilis tahun 1990, film serial ini baru tamat 20 tahun kemudian. Wah mungkin karena rawan bosan berperan di film yang sama maka wajar jika pemainnya pun  juga bergantian.

Gambar dari IMDB

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Oktober 24, 2017.

2 Tanggapan to “Serial Jadul Law and Order yang Masih Asyik Dinikmati”

  1. Pilm model detektf gini kece..suka bgt..tp skg udh g smpet..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: