Tips Menulis Ulasan Video Musik

Kalian pasti suka menonton video musik atau video klip yang menarik. Sebenarnya definisi menarik itu relatif. Tapi kali ini aku tidak bahas tentang kriteria video klip yang apik, tapi bagaimana menulis ulasan video klip tersebut dari sisi awam. Yang lebih disoroti bisa dua hal, apakah video klipnya atau lagu musisi tersebut.

Jaman dulu masih banyak televisi yang memutar video klip. Tapi sekarang video klip lebih mudah ditonton di youtube. Ada berbagai video klip unik yang pasti Kalian ingat, seperti video musiknya Band Naif dengan lagu Posesif-nya. Begitu juga dengan band Peterpan alias Noah yang menggunakan Dian Sastro sebagai model video klip Menghapus Jejakmu. Dalam video klip ini Dian digambarkan terus mengikuti dan meniru gerakan si vokalis. Dari musisi mancanegara, ada video klip dari Slipknot yang meniru film horor untuk lagunya Spit it Out. Video klipnya antara kocak, seram, dan agak brutal.

Lebih asyik mengulas video musik jika Kalian menyukai videonya atau suka akan musiknya. Misalnya saja lagu New Rules milik Dua Lipa yang tahun lalu sangat beken.

Ketika ingin mengulas video klip musisi ini Kalian bisa menulis pendapat Kalian akan video klipnya. Dalam video klip ini si penyanyi digambarkan sedang bersiap untuk berpesta bersama para sahabat wanitanya. Mereka nampak kompak. Kalian kemudian bisa cerita outfitnya dan apakah lagunya cocok dengan konsep video klipnya.

Kalian juga bisa mencari tahu lokasi syuting video klip dan pesan apa sebenarnya yang ingin disampaikan lewat video klip. Apakah video klipnya unik dan original?Apakah videp klipnya meniru milik musisi lain?

Berikutnya yang bisa digali adalah sisi lagunya. Lagu New Rules masuk dalam album manakah, album debut atau album kesekian. Kapan dirilis dan di bawah label mana? Lagu ini tentang apa sih dan bagaimana penjualannya? Dari sisi musik dan vokal apakah unik? Ataukah terpengaruh musisi lain?

Setelah musik dan lagu, Kalian bisa bahas personaliti si musisi. Siapakah Dua Lipa? Darimana ia berasal? Kapan ia mulai berkarir di bidang musik dan apa ciri khasnya?

Sebenarnya masih banyak yang bisa dibahas. Misalnya reaksi fans terhadap video klip ini. Apakah ia berhasil meraih penghargaan atas video klipnya atau malah pemutarannya dicekal dan sebagainya.

Tips di atas merupakan tips dari pecinta musik awam hehehe. Selamat menonton video klip favorit Kalian dan jangan lupa diulas ya:)

Gambar dari rollingstone, refinery29 dan genius

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Januari 13, 2018.

6 Tanggapan to “Tips Menulis Ulasan Video Musik”

  1. menarik banget. kebetulan aku juga berencana mau nulis ulasan video musik. postingan ini lumayan ngasih gambaran buat aku. makasih yaaa

  2. Wah, saya sebenarnya sering bahas musik, terutama lagu. Tapi belum berani bahas satu per satu gitu. Soalnya masih berasa dangkal aja tulisannya.
    Tapi ini tips bisa berlaku juga buat yang mau nulis mengulas video klip, atau lagu. Makasih mba tipsnya.

  3. terima kasih untuk informasinya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: