Teror Wangiri Si Penelpon Misterius

Hei apakah Kalian akhir-akhir ini mendapat missed call dari seseorang yang tidak Kalian kenal? Yang bikin aneh lagi, kode negaranya terasa asing. Aku sudah dua kali ini mengalaminya. Rasanya aneh, darimana mereka mendapatkan nomor telponku tersebut?

Si penelpon misterius dari negeri antah berantah ini dikenal sebagai wangiri. Yang pertama aku cek kode negaranya dari Congo, Afrika. Busyet jauh banget ya. Misalkan dia benar-benar kawanku, kenapa tidak kirim pesan saja via email atau medsos kan jauh lebih murah.

Saat itu aku merasa aneh. Awalnya aku mengira angka depan itu bukan kode negara melainkan nomor kode kota. Tapi ternyata bukan, benar-benar kode negara. Aku pun kemudian memeriksa di internet apakah ada yang bernasib serupa. Rupanya gejala ini juga dialami di bernagai negara. Di Australia,salah satunya. Korbannya bukan hanya aku. Ada juga yang menuliskan di internet bahwa korbannya rata-rata nomor operator tertentu, seperti milikku. Wah bisa jadi ada kebocoran data.

Kejadian pertama itu sekitar April. Eh kemarin aku mengalaminya lagi dengan kode +243. Duuuhh dari negara Afrika lagi. Kali ini Zaire, Afrika. Kenapa ya dan ada apa dengan negara tersebut?

Aku hanya kenal Congo dari buku Congo milik pengarang favoritku, Michael Crichton. Rasanya muskil jika mereka menelpon hanya karena ku tahu aku suka akan buku tersebut.

Apa sih wangiri dan bahayanya? Aku belum memeriksa lebih lanjut bahayanya. Yang pasti nomor telpon itu sangat pribadi. Aku tidak suka ditelpon oleh orang yang tidak kukenal. Telpon jauh lebih pribadi daripada email atau mencolek lewat medsos.

Wangiri itu menyebalkan. Aku merasa seolah-olah batas privasiku tertembus. Tujuan wangiri adalah melakukan missed call dan berharap kita menelpon balik. Jangan pernah dilakukan!!! Oh ya wangiri sendiri berasal dari bahasa Jepang yang artinya panggilan tak terjawab. Eh barusan sambil ketik tulisan ini aku dapat lagi gangguan. Dari Kamerun hahaha. Ngajak lari kayaknya.

Rupanya nomor itu adalah nomor premium. Jika kita penasaran dan menelponnya maka bisa jadi pulsa telpon kita cepat tersedot habis atau jika menggunakan telpon rumah maka tagihan akan membengkak. Menyebalkan bukan?!

Oh ya aku tidak pernah mencantumkan nomor telponku di ranah medsos selama ini. Kalian sebaiknya jangan juga mencantumkannya kecuali jika Kalian punya nomor yang berbeda, satu untuk ranah bisnis dan satu untuk ranah privat. Oh ya hati-hati juga ada yang melakukan DM Kalian lalu memberikan tautan yang terasa janggal. Bisa jadi tautan itu akan membuka data pribadi Kalian.

Wangiri oh wangiri kenapa Kamu menyebalkan ya? Lebih asyik dengerin lagu Angin Mamiri.

Gambar sampul dari pixabay

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Mei 5, 2018.

7 Tanggapan to “Teror Wangiri Si Penelpon Misterius”

  1. Ini ibukku nih, tiap malam dapat telfon. Tapi aku belum cek seh nomornya, besok deh aku cek. Duh ngeri , kasihan ibukk

  2. Patut di waspadai. Saya si belum pernah. Tapi dwngan baca artikel mbak dewi. Bisa lebih hati hati dan waspada.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: