Taman Botani Sukorambi, Destinasi Wisata Jember yang Komplet

Sabtu atau Minggu pagi waktunya untuk bersenang-senang dengan keluarga. Mau ajak orang tua atau ajak keponakan yang lucu-lucu juga boleh, jika bosan berdua saja. Semakin ramai pesertanya, maka liburan pun bakal semakin semarak. Nah, apabila liburan lebaran nanti Kalian berencana ke Jember maka bisa banget lho berlibur bersama keluarga ke Taman Botani Sukorambi. Ada apa saja sih di sana?

Terus terang aku belum pernah ke Jember. Kalau melewatinya saja sih pernah ketika darmawisata sekolah hendak ke Bali. Tapi jelajah kota dan menikmati destinasi wisata Jember, aku belum pernah sama sekali. Oleh karenanya ketika kawanku, seorang kompasianer asal Jember, menunjukkan beberapa koleksi jalan-jalannya ke kampung halamannya, aku pun takjub. Wah ternyata Jember bukan sekedar karnavalnya dan suwar-suwirnya saja yang khas, Jember makin rame dengan berbagai destinasi wisatanya yang makin dikenal baik wisatawan lokal Jember, maupun dari berbagai kota sekitarnya. Salah satu tempat wisata Jember yang namanya makin melambung adalah Taman Botani Sukorambi. Lokasi tempat wisata ini di Jalan Mujahir, Sukorambi, Jember.

Taman yang dibuka untuk umum pada tahun 2007 ini disebut taman botani dengan alasan khusus. Alasan utamanya, taman ini benar-benar kaya akan flora. Di dalam taman yang berhektar-hektar ini terdapat kebun buah, kebun herbal, dan taman bunga. Kebun herbal menyimpan 300 spesies. Sedangkan kebun buah dan taman bunga terdiri dari lebih 200 spesies. Nama-nama tanaman ini tertera dalam bahasa Indonesia dan bahasa Latin, sehingga anak-anak dan kaum dewasa bisa mengenalinya. Oh ya taman ini juga dikelilingi oleh sawah dan hutan, jadinya yang pasti asri dan segar.

Bisa belajar banyak ilmu botani (sumber:Traveling Jember Yuk)

Selain kaya akan flora, Taman Botani Sukorambi juga menjadi rumah bagi satwa seperti beraneka burung, kelinci, dan juga kuda. Anak-anak dan kaum dewasa juga bisa berenang di tempat wisata ini karena Taman Botani Sukorambi ini memiliki empat jenis kolam renang, dua untuk anak-anak dengan salah satunya berwarna-warni bak pelangi, satu untuk remaja dengan pepohonan hijau, dan satu kolam renang untuk kaum dewasa dengan kedalaman atara 160-175 cm.

Jika perut mulai keroncongan maka bisa menikmati sajian kuliner di restoran dua lantai atau di kafe. Di sini juga disediakan perpustakaan, gazebo untuk beristirahat, mushola, dan toilet. Eh ada juga olah raga dan permainan yang disukai anak-anak dan remaja, yakni flying fox, naik perahu bebek, naik kayak, dan sebagainya.

Pengunjung bisa naik perahu bebek ini di Taman Botani Sukorambi (sumber: TravelingYuk)

Kalau ke sini enaknya pagi-pagi saat matahari belum terlalu tinggi, lalu pulang setelah benar-benar puas mengitari dan mencobai beragam wahananya. Taman Botani Sukorambi ini buka sejak pagi, pukul 07.00 dan baru tutup pukul 16.00. Tiketnya juga masih terjangkau yakni Rp 20 ribu saat hari libur. Moga-moga tiketnya tidak naik ya, atau naiknya tidak banyak, biar bisa bawa banyak pasukan.

Nah, jika Kalian belum ada rencana saat liburan lebaran, bisa lho ke sini setelah puas berhalal bihalal. Sekalian saja ajak saudara-saudara untuk ramai-ramai piknik ke Taman Botani Sukorambi.

Disclaimer: Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Taman Botani Sukorambi dan Blogger Jember Sueger

Gambar atas dari facebook/Destinasi-Wisata-Jember

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Mei 25, 2018.

4 Tanggapan to “Taman Botani Sukorambi, Destinasi Wisata Jember yang Komplet”

  1. Wih mantap, semoga menang mbak

  2. kakak harus cobain kesana kak, dijamin seru hehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: