Era Digital, Liburan Jadi Mudah

Sepuluh tahun lalu aku masih rajin mengoleksi buku panduan jalan-jalan yang tak gratis. Untuk melengkapi info suatu kawasan wisata, aku browsing sana-sini lalu kukliping. Aku juga rajin bergabung ke berbagai mailing list. Saat itu tak banyak blog catatan perjalanan dan tur wisata paket irit. Kini sejak era digital dan penetrasi internet yang makin makin baik maka liburan pun makin mudah dan praktis. 

Aku masih ingat pada sepuluh tahun lalu aku susah payah mengumpulkan informasi untuk melakukan backpacking selama beberapa hari ke empat daerah yang masih sekitaran Jawa. Berangkat dari Jakarta aku berniat ke Semarang, Surakarta, Dieng, dan berakhir ke Yogyakarta. Masa itu belum ada pemesanan tiket kereta api secara online. Info perjalanan juga terbatas hingga aku berburu buku Lonely Planet dan bergabung dengan berbagai mailing list perjalanan.

Jauh-jauh hari sekitar H minus sebulan kami bertiga berburu tiket. Kami memiliki berbagai rencana, jika tiket A tidak didapat maka kami akan berangkat pada hari B atau menuju kota C dahulu. Untunglah rencana awal bisa terlaksana. Kami berangkat malam hari seusai jam kantor dan tiba pukul empat dini hari di Semarang. Kemudian lanjut siangnya ke Surakarta dan menginap di sana. Sorenya kami ke Yogyakarta lalu keesokan harinya menuju Dieng serta menginap di sana. Baru setelah itu kami kembali ke Yogyakarta dan menginap semalam untuk bertolak ke Jakarta.

Kami pun mengandalkan semangat dan keberanian bertanya ke warga lokal jika kami kebingungan menuju ke suatu tempat. Saat angkutan umum sudah sepi kami terpaksa naik taksi karena pada masa itu tidak ada ojek dan taksi daring. Untunglah kami punya banyak foto yang indah dari perjalanan tersebut. Kenangan yang sungguh menyenangkan.

Setelah era ngeblog disusul dengan maraknya media sosial serta situs yang menyediakan  jasa paket tur dan pemesanan tiket maka berwisata pun jadi mudah. Mau naik gunung, ke pantai, ataupun jalan-jalan ke luar negeri, era sekarang liburan makin mudah.

Bermodal dengan kuota internet maka informasi tentang tempat wisata, cara menuju ke sana, tarifnya, akomodasi dan sebagainya langsung terpampang di layar secara cuma-cuma. Tidak perlu membeli buku panduan wisata ke sebuah daerah. Waktu liburan lebaran kemarin, kami berdua menuju ke Taman Nasional Baluran dan Kawah Ijen, dengan hanya mengandalkan cerita catatan perjalanan dan situs resmi Taman Wisata Baluran di internet, juga info terkini yang dibagikan di media sosial oleh netizen yang tinggal di Banyuwangi  tentang status Kawah Ijen.

Namun tidak semua orang memiliki kecukupan waktu untuk melakukan riset sebelum berangkat ke tujuan wisata. Apabila waktu yang dimiliki untuk merencanakan jalan-jalan tidak cukup, karena kesibukan, maka mereka bisa tinggal pilih tur wisata yang terpercaya. Cukup menyebutkan keinginan, liburan seperti apa yang diinginkan, apakah wisata yang menguras adrenalin dan tubuh bergerak aktif, apakah wisata yang bersifat menghibur dan menyenangkan, ataukah wisata yang sifatnya bikin badan dan pikiran terasa rileks?

#LiburanJadiMudah

Saat ini ada banyak perusahan yang menawarkan jasa tur dan tiket. Tinggal dipilih mana yang nyaman dan dipercayai. Perusahaan yang menyediakan layanan tur dan tiket dengan ketiga jenis wisata di atas adalah Vizitrip. Perusahaan yang memiliki tagline make your trip ini easy ini menawarkan paket wisata ke berbagai daerah di Indonesia dan mancanegara seperti Korea, Hong Kong,Thailand, Australia, Maldives, dan sebagainya. Paket tripnya bisa dipilih yang sifatnya regular, open trip dan grup. Juga bisa memilih untuk hanya memesan tiket yakni tiket masuk wisata atau rail pass. Wah trip bareng Vizitrip bikin liburan jadi mudah.

Liburan jadi mudah dengan trip bareng Vizitrip (tangkapan dari situs Vizitrip)

 

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Juni 25, 2018.

4 Tanggapan to “Era Digital, Liburan Jadi Mudah”

  1. Internet memang cara yang paling efektif. Cepat dan mudah digunakan. Thanks infonya!

  2. asikkk dan seru ya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: