Wahana Air Jadi Favorit di Taman Botani Sukorambi

Hari saat itu masih pagi. Sinar matahari belum tinggi sehingga pas untuk jalan-jalan pagi, menuju tempat rekreasi. Si Putih, mobil kami, kemudian melaju menuju daerah Sukorambi. Dari pusat kota hanya sekitar 45 menit, kami pun tiba di Taman Botani Sukorambi. Sambil menikmati panorama cantik, di sini juga sekaligus menambah wawasan edukatif.

Akhirnya kesampaian juga ke Jember. Kami berdua berliburan dari Jakarta hingga Banyuwangi, kemudian singgah ke Jember. Dari Malang menuju Jember memakan waktu sekitar enam jam perjalanan karena macet di berbagai tempat. Maklum sih waktu itu masih suasana lebaran.

Tujuan kami ke Jember adalah ke obyek wisata pantainya. Keesokan paginya kami pun menuju Taman Botani Sukorambi yang terletak di Jalan Mujahir, Sukorambi, Jember. Kesan kami terhadap Jember, Jember makin rame dan destinasi wisata Jember terus bertambah.

Sejak memasuki pelataran parkiran kami disambut dengan pepohonan yang hijau nan sejuk. Setelah membayar tiket masuk Rp 20 ribu per orang, si Putih pun siap untuk diparkir.

Di sekeliling pelataran parkiran ada banyak hal yang menambah ilmu tentang botani, seperti kebun edukasi hidroponik, kebun buah, dan kebun herbal. Di sini juga ada mushola yang lapang, penjualan bibit tanaman, dan penyewaan kuda untuk berkeliling.

Ketika menuju obyek wisata utama kami disambut dengan payung-payung cantik beraneka warna. Wah instagrammable banget. Bisa jadi tempat untuk berfoto-foto.

Nambah Ilmu Tentang Botani
Hayo siapa yang masih bingung membedakan pohon kelapa biasa dan kelapa sawit? Atau jangan-jangan ada yang belum pernah melihat pohon asam? Di sini ada beragam jenis pepohonan. Sebagian pohon diberi nama sehingga pengunjung tahu apa jenis pepohonan tersebut. Oh ya ada pohon mojo lho. Ehem kenapa pohon mojo istimewa? Karena dari nama pohon inilah, nama kerajaan besar Majapahit berasal.

Eh ada sawah juga. Di depan sawah tersebut disediakan tempat bagi pengunjung untuk berfoto-foto.

Satwanya juga ada. Tak banyak sih. Ada merak dan beragam jenis burung lainnya. Ikan-ikan juga nampak gemuk dan besar di kolam.

Wahana Airnya Jadi Favorit
Yang paling difavoritkan di Taman Wisata Sukorambi adalah kolam renangnya yang jumlahnya banyak serta wahana permainan air lainnya. Kolam renangnya lumayan banyak, dibagi ada yang khusus anak-anak, remaja, dewasa, dan yang privat bagi perempuan.

Kolam renang dengan efek pelangi biasanya jadi favorit anak-anak sambil ditemani ayah ibunya. Sambil berenang bisa menikmati panorama sawah. Wah segar deh.

Kalau saya sendiri sih bakal memilih kolam renang privat karena lebih nyaman dan tertutup. Kolam renang privat ini juga bisa jadi pilihan bagi mereka yang berhijab.

Toilet dan ruang gantinya juga banyak serta dibedakan untuk laki-laki dan perempuan. Ada tempat untuk membilas diri setelah berenang yang bersih.

Habis renang jadi lapar? Kalau kulihat di sini juga ada kedai yang menjual beragam makanan ringan, es krim, dan berat. Ais kepal juga ada hahaha. Harganya sih termasuk wajar. Waktu itu naksir es krimnya yang terletak dekat kolam renang pelangi Berhubung antriannya lumayan panjang jadi batal deh.

Selain berenang, wahana air lainnya juga bisa dinikmati. Yang ingin bermain di kolam juga ada perahu bebek dan permainan bola terapung. Perahu bebek ini bisa digunakan berdua. Lumayan sambil berolah raga juga berkeliling kolam. Yang lebih suka permainan unik juga bisa masuk dalam bola raksasa yang mengapung dalam kolam. Kalian harus ikut bergerak agar bolanya tidak diam saja. Kalau melihat permainan bola itu jadi ingat hamster hehehe. Lucu sih dan banyak disukai remaja.

Pria dewasa beda lagi seleranya. Mereka lebih suka memancing hehehe. Ikannya gendut-gendut sih.

Bisa untuk Piknik, Uji Adrenalin dan Camping
Di sini ada area untuk camping lengkap dengan tendanya dan peralatan barbeque. Tinggal pesan dulu ke pengelola, maka anak-anak bisa diajak untuk berlatih camping menikmati suasana di luar rumah. Sedangkan untuk area pikniknya bebas. Sebaiknya sih jangan menginjak rumput ya. Bawa tikar kemudian menyantap bekal dari rumah hemmmm sudah lama banget aku tidak melakukannya, jadi pengin.

Jika enggan berbasah-basah atau bermain air, maka bisa tetap asyik berlibur di sini dengan mencobai wahana outbound. Ada flying fox untuk menantang adrenalin.

Aktivitas lainnya di sini di antaranya mendengarkan musik di Pondok Seni, mencobai wahana permainan anak, atau sekedar bermalasan menikmati udara segar.

Bagaimana Jika Ada Acara Tematik?
Konsep wisata di Taman Nasional Sukorambi ini menurutku sudah oke. Tiket masuknya juga tidak mahal. Akan lebih menambah wawasan lagi jika selain nama pohon juga ada keterangan seperti manfaat pohon tersebut beserta asal usulnya.

Acara tematik juga bisa dihelat di sini, seperti pekan jajanan Jember dan belajar barbeque untuk anak-anak. Oleh karena wahana air di sini jadi favorit maka bisa dilakukan beragam aktivitas air seperti water zumba bagi remaja dan dewasa. Bisa ada lomba water zumba kelompok untuk kategori remaja dan dewasa. Atau permainan seperti pertandingan tarik tambang di atas sekoci di atas permukaan air. Atau lomba paling cepat mencapai garis finish dengan menggunakan bola terapung atau perahu bebek.

Kolam renangnya bisa ditambahkan efek gelombang seperti berenang di lautan. Atau ditambahkan seluncuran yang berkelok-kelok.

Disclaimer: Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Taman Botani Sukorambi dan Blogger Jember Sueger #2

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Juli 8, 2018.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: