Catatan Penelitian: Awalan dan Mind Map

Kemarin aku belajar tentang epidemiologi. Aku bertekad mengambil penelitian tentang topik epidemiologi, dengan fokus ke penyakit atau kondisi kesehatan yang bisa menyebabkan kejadian luar biasa. Topik tersebut kemudian dikaitkan dengan teknologi informasi dan komunikasi, terutama bidang media social analytic.

Penelitian ini menurutku agak rumit tapi cukup menantang. Pasalnya latar belakangku bukan dari jurusan kesehatan masyarakat dan juga bukan jurusa kedokteran. Peranku di sini adalah memberikan kontribusi di bidang TI.

Apakah TI bisa memberikan sistem deteksi dini dengan memanfatkan big data yang di luar sana dari masyarakat luar. Dimana lagi kalau bukan salah satu sumber datanya dari media sosial. Ada banyak percakapan di sini. Orang-orang juga suka bahkan dengan sukarela berbagi status di sana, bukan?! Oh ya ada juga kaitan dengan data geospatial, sehingga wilayah mana yang sedang mengalami kejadian luar biasa bisa langsung diketahui.

Agar penelitianku ini dapat kuketahui perkembangannya maka mulai hari ini aku akan membuat folder khusus tentang catatan penelitian. Monggo dan sangat berharap jika ada kawan-kawan yang memberi saran berkaitan dengan penelitian ini. Kritik juga boleh hehehe.

Kali ini aku sedang membuat mind map. Apa saja data dan informasi yang kuperlukan di tiap-tiap bagian tersebut serta bagaimana nantinya aku akan mengompilasinya serta memilah-milahnya nanti. Pekerjaan ini seperti menyusun sebuah puzzle.

Mind map ini besar manfaatnya. Ia bisa membantu untuk membayangkan ide garis besar penelitian yang akan kulakukan. Nantinya akan kusempurnakan dan kubuat lagi versi detailnya.

Kali ini yang kulakukan kali pertama adalah belajar tentang epidemiologi atau wabah. Ilmu ini berkaitan dengan kondisi sebuah penyakit dan penyebaran penyakit tersebut.

Catatanku seminggu ini:
– Berkenalan dengan dokter di bidang epidemiologi klinis. Masih tahap perkenalan saja sih. Aku dikenalkan dengan bagian yang mengelola KLB, namanya Epidemiologi Komunitas. Rupanya epidemiologi itu ada banyak. Aku harus belajar lagi nih (PR).
– Membaca epidemiologi yang basic
– Hari ini aku berencana membuat daftar pertanyaan dari yang kupelajari tentang epidemiologi selama beberapa hari ini.

Yup itu dulu yang bisa kulakukan di sela-sela pekerjaan, membuat agenda komunitas, dan membuat tulisan kreatif.

Gambar dari pixabay

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Juli 13, 2018.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: