Asian Games 2018 Menyebarkan Energi Positif ke Asia dan Dunia

Aku tersenyum ketika memasuki halaman kantor kelurahan di tempat tinggalku. Standing banner Asian Games 2018 sudah dipajang, menyambut para warga yang mengurus surat-surat. Spanduk dukungan Asian Games juga sudah dibentangkan. Bahkan lambang olah raga yang dipertandingkan dalam pertandingan olah raga bergengsi tersebut sudah semarak menghiasi pilar gedung Kelurahan. Wah nuansa dan euforia Asian Games sudah menyebar. Semua elemen siap mendukung dan menyemarakkan Asian Games 2018.

Even olah raga yang ditunggu-tunggu tersebut tak terasa sebentar lagi tiba. Setelah 56 tahun berlalu, Indonesia berkesempatan menjadi tuan rumah. Dengan tagline Energy of Asia, Indonesia siap menyebarkan energi positif ke para atlet dan negara-negara peserta Asian Games 2018.

Asian Games 2018 bukan sekedar pesta olah raga se Asia yang bergengsi. Dalam ajang olah raga ini terkandung nilai-nilai yang ingin disampaikan ke negara peserta dan juga kepada dunia. Oleh karenanya sebagai tuan rumah, Indonesia sebaiknya memersiapkan diri sebaik-baiknya karena ia akan disorot oleh media massa dan ditayangkan di seluruh dunia. Bukan hanya kerapian dan kemajuan kotanya, serta dukungan warganya, melainkan juga nilai dan pesan apa yang ingin disampaikan Indonesia kepada negara-negara di Asia dan kepada dunia.

Raihan peringkat sepuluh besar menjadi harapan para atlet nasional dan warga Indonesia. Suatu kebanggaan dan prestasi tersendiri jika Indonesia mampu mengulang kesuksesan meraih peringkat sepuluh besar, syukur-syukur bisa menempatkan diri dalam peringkat lima besar seperti yang pernah terjadi ketika Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games 2018.

Kelurahan tempat tinggalku juga mulai semarak

Selain harapan meraih prestasi tersebut, jangan lupa ada pesan penting yang ingin disampaikan ke para masyarakat Indonesia, kepada negara peserta dan kepada dunia. Ia adalah Energy of Asia. Apa itu?

Dalam situs resmi Asian Games 2018, ada alasan memilih tagline ini sebagai tagline resmi Asian Games di Indonesia. Tagline ini hadir di mana-mana, di halte Trans Jakarta, di tempat pelayanan umum dan di spanduk dukungan Asian Games di dua kota penyelenggara dan daerah-daerah lainnya.

Dengan mengusung Energy of Asia, Indonesia sebagai tuan rumah merasa bangga dengan keragaman yang ada di Indonesia. Indonesia sangat multietnis dan memiliki keragaman budaya dan bahasa. Meskipun memiliki keragaman Indonesia adalah satu karena dilekatkan oleh semangat Bhineka Tunggal Ika.

Negara-negara Asia juga seperti di Indonesia. Mereka memiliki keragaman budaya, bahasa dan juga peninggalan sejarah. Elemen-elemen tersebut adalah potensi dan bisa menjadi sumber kekuatan Asia jika saling bersatu.

Semarakkan Asian Games 2018

Semangat menghargai perbedaan dan kesatuan inilah yang ingin disampaikan Indonesia kepada Asia dan dunia. Pesan ini disimbolkan dalam tiga maskot yang masing-masing mewakili energi yang berbeda. Ketiganya adalah Bhin-bhin si cenderawasih, Atung si rusa Bawean, dan Kaka si badak bercua satu. Ketiga nama simbol ini diambil dari Bhineka Tunggal Ika.

Ini Bhin-bhin perlambang strategi (dok. situs Asian Games)

Bhin-bhin mewakili strategi. Ia mengenakan rompi dengan motif batik Papua. Atung menunjukkan kecepatan. Ia tampil dengan sarung motif tumpal Jakarta. Sedangkan Kaka si badak bercula satu merepresentasikan kekuatan. Ia tampil anggun dengan motif bunga khas Palembang. Ketiga daerah itu menunjukan Indonesia dari Barat ke Timur yang bersatu dalam keragaman.

Ini Atung perlambang kecepatan (dok. situs Asian Games)

Yuk Beri Dukunganmu Kepada Asian Games 2018
Aku berharap bisa turut hadir di bangku penonton agar bisa memberikan semangat ke para atlet yang bertanding secara langsung. Kapan lagi Indonesia akan menjadi tuan rumah ajang bergengsi ini, bisa jadi 48 tahun atau malah di atas 96 tahun mendatang. Mumpung tempat penyelenggaraannya di Jakarta, aku ingin hadir dan menjadi bagian pesta olah raga Asian 2018.

Wujud dukunganku lainnya adalah menulis blog. Sosialisasi Asian Games 2018 ini memang agak terlambat dan kurang gencar sehingga para blogger bisa membantu menyebarluaskannya lewat tulisan.

Mumpung acaranya belum dimulai, yuk kita bantu pemerintah untuk menyebarluaskan dan menyemarakkan even ini dengan berbagi tulisan dan dukungan lainnya baik di media sosial maupun di dunia nyata. Dukungan lainnya bisa berupa menjaga kebersihan dan ketertiban di kotamu agar para peserta dan penonton mancanegara juga merasa nyaman di Indonesia. Siapa tahu setelah menonton pertandingan, mereka juga jalan-jalan ke berbagai daerah di Indonesia. Syukur-syukur juga bisa hadir langsung di acara pertandingan untuk memberikan dukungan kepada para atlet nasional.

Wah semoga Asian Games bisa berjalan lancar dan sukses. Energi positif dari ajang Asian Games juga bisa menyebar dan bermanfaat bagi masyarakat Indonesia sendiri, masyarakat Asia dan juga ke masyarakat dunia.

Aku Kaka perlambang kekuatan

Catatan: Gambar cover dari situs resmi Asian Games 2018

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Juli 20, 2018.

5 Tanggapan to “Asian Games 2018 Menyebarkan Energi Positif ke Asia dan Dunia”

  1. kemarin aku liat torch relay api obornya mbak
    seru banget emang AG ini harus didukung penuh biar sukses

  2. Semoga atlet Indonesia segera mendunia…

  3. Semoga Indonesia mampu menorehkan prestasi yg membanggakan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: