Napak Tilas Asian Games 1962

Sabtu lalu (11/8) aku mengikuti tur Napak Tilas Asian Games 1962. Acaranya seru sih, berawal dari Mall Sarinah hingga ke TVRI Jakarta. Pada bangunan-bangunan itu terdapat cerita masa lalu, limapuluh enam tahun silam, pada saat terjadinya even Asian Games kedua yang juga berlangsung di Jakarta

Ketika mengikuti tur napak tilas yang diadakan Wisata Kreatif Jakarta tersebut aku jadi terkagum-kagum dengan sosok Soekarno. Ia memang seorang yang visioner. Pada masa itu ketika usia bangsa Indonesia baru belasan tahun, ia berani membuat gebrakan dengan melakukan pembangunan yang gencar untuk menyambut pelaksanaan Asian Games 1962.

Pada masa itu Jakarta tentunya tidak seperti Jakarta masa kini. Namun, Presiden pertama bangsa Indonesia ini telah memikirkan sebaik-baiknya demi kesuksesan penyelenggaraan Asian Games yang tentunya bakal banyak disorot dunia.

Ia kemudian meminta pembangunan dipercepat. Bangunan dan infrastruktur yang hadir dalam rangka menyambut Asian Games 1962 di antaranya adalah Hotel Indonesia sebagai hotel para tamu, patung Selamat Datang di Bunderan HI, kemudian Jembatan Semanggi dan Gelanggang Olah Raga Bung Karno. Oh ya Pak Karno juga mengisiasi stasiun televisi yaitu TVRI Jakarta.

Hemmm jika tidak ada Asian Games 1962 dan pemimpin seperti Pak Karno bisa jadi pada tahun itu belum ada lapangan olah raga yang luas dan Indonesia memiliki stasiun penyiaran. Dan bangunan itu masih ada hingga sekarang, menjadi saksi sejarah.

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Agustus 14, 2018.

2 Tanggapan to “Napak Tilas Asian Games 1962”

  1. Oya, utk thn 1962 itu Asean Games di Jakarta brlngsung sukses dong ya. Aplgi skrg, kita berharap agar Asean Games-nya bs brlngsung lbh sukses lagi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: