Meriahnya Pembukaan Asian Games 2018

Asian Games ke-18 resmi dibuka malam ini (Sabtu, 18 Agustus 2018). Pembukaan yang diadakan di kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta, berlangsung meriah. Diawali dengan pesta kembang api dan tari saman yang dilakukan ribuan penari, pesta pembukaan pun resmi menandai selama dua minggu ke depan berlangsung pesta olah raga se-Asia.

Sebenarnya pertandingan sudah dimulai sejak 10 Agustus lalu, seperti olah raga sepak bola dan bola tangan. Olah raga seperti sepak bola memang perlu waktu lama karena pesertanya cukup banyak.

Malam ini bangku penonton di Stadion Utama Gelora Bung Karno penuh. Ribuan penonton memadati stadion kebanggan Jakarta tersebut untuk menyaksikan langsung momen istimewa yang langka ini. Aku sendiri hanya menyaksikannya di televisi hehehe. Ada berbagai stasiun televisi yang menyiarkannya, di antaranya SCTV, Indosiar, iNews, NET, dan TVRI.

Wow ada gunung dan rumput hijau sebagai panggung acara pembukaan (dok. Inasgoc)

Oh ya sebelumnya ada video menarik dari Presiden Jokowi yang bergaya ala Ethan Hunt di Mission Impossible. Ia naik motor membelah kemacetan. Meskipun menggunakan stunt man, aksi Presiden Jokowi dalam video ini menarik.

Setelah tarian Ratoeh Duek atau Ratoeh Jaroe yang kompak dibawakan ribuan penari, maka dilakukan defile dari ribuan atlet dari 45 negara peserta. Ada berbagai penampilan peserta yang menarik perhatian, seperti atlet gulat Mongolia, Natsagsurengiin Zolboo dengan kostum pegulatnya dan jumlah atlet Indonesia yang ratusan. Dari defile ini aku jadi tahu jika jumlah negara Asia Tengah yang ikut cukup banyak. Atlet Korea Selatan dan Korea Utara jadi satu rombongan. Negara yang sedang konflik seperti Syria, Pakistan, dan Yaman juga tak ketinggalan ikut ajang ini. Seru.

Defile yang meriah (dok. kompas)

Via Vallen kemudian mengguncang dengan menyanyikan salah satu lagu official Asian Games 2018, Meraih Bintang yang bergenre dangdut EDM. Meskipun tidak live, penampilan Via lumayan menghentak. Disusul penampilan Tulus yang memimpin lagu Indonesia Raya.

Setelah mengheningkan cipta, sambutan diberikan oleh ketua INASGOC Erick Tohir, Ketua Komite Olimpiade International, dan Presiden Joko Widodo. Ketua INASGOC dalam sambutannya berkata Benua Asia memiliki suku dan etnis terbanyak di dunia.

Keragaman demografi menjadikan masyarakat Asia dinamis dan kompetitif, juga mencintai keharmonisan dan kedamaian. Ia berpesan agar para atlet untuk bertanding dengan nilai sportivitas sehingga dikenang di masa mendatang. Jadilah inspirasi dunia, dengan semangat Asian Games dan sambutlah masa depan yang damai dengan The Energy of Asia.

Inilah Energy of Asia (dok. Inasgoc)

Sedangkan Presiden Joko Widodo berpidato singkat sebelum membuka Asian Games secara resmi. Ia mengingatkan pentingnya persatuan dan menyemangati atlet untuk meraih prestasi.

Anggun tampil dengan anggunnya (dok. Tabloid Bintang)

Acara pembukaan dimeriahkan dengan fragmen teatrikal oleh Maruli Tampubolon dan lagu-lagu daerah seperti Cik Cik Periok, Janger, Apuse, Manuk Dadali yang dibawakan penyanyi terkenal seperti Rossa, Fatin, Raisa, Edo Kondologit, GAC, Wizzy, Kamasean, Rinni Wulandari, Putri Ayu, Joey Alexander dan Anggun.

Hemmm aku paling suka penampilan Putri Ayu, indah. Joey dengan permainan pianonya juga memukai. Anggun juga menunjukkan ia penyanyi yang berkelas dunia. Untuk Anggun aku ragu apakah ia nyanyi live atau tidak karena energinya terasa. Proses menyalakan api Asian Games 2018 juga menarik.

Aku suka tarian dengan api seperti dalam kisah Anoman Obong. Tarian itu ternyata bagian tari Kecak. Tarian fututistik juga begitu atraktif. Tarian- tarian ini ditata oleh koreografer terkenal Denny Malik dan Eko Supriyanto.

Lagu terakhir, lagu tema official Asian Game 2018, Bright as The Sun yang dibawakan Rian D’Masiv, Arial Noah, Cakra Khan dan Sheryl juga menggugah. Lagu ini membangkitkan semangat.

Bright as The Sun ditampilkan sebagai pamungkas acara pembukaan Asian Games 2018 (dok. Inasgoc)

Wah semoga Indonesia panen medali nih.

Gambar cover dari: Kompas

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Agustus 18, 2018.

15 Tanggapan to “Meriahnya Pembukaan Asian Games 2018”

  1. Opening ceremonynya memang pecahhhh banget kak! Aku yang nonton di tv aja merinding :” hahaha
    Bangga dengan indonesia!

  2. Opening ceremony nya bnar meriah, mgah dan spektakuler. Sy jg mnonton lwat tv. Bngga dech dg kmasan acaranya itu. Luar biasa. World class bnget.

  3. Setelah baca siapa-siapa profesional yang mengatur di belakang layar, nggak terlalu heran kalau hasilnya seperti itu. Yang lebih penting semoga banyak dapat emas ya Indonesia 😀

  4. Keren dan seru!!
    Nonton live streaming, sering buffering!

  5. Aku yg hanya lihat di Tv merinding mbak. Haru senang 😊

  6. Sadis, liputannya cepat, detail, dan keren. Nonton di TV serasa deg2an karena saking amazing-nya.
    Semoga setelah ini atlit Indonesia memberikan hasil terbaiknya. Didukung dengan doa dan semangat seluruh rakyat Indonesia. Aamiien!

    • Cakep opening-nya cuma lagu official lainnya seperti lagunya Dira-JFlow Unbeatable dan Ariel-Dea Janger Persahabatan sayang tidak ditampilkan. Padahal bagus banget. Mungkin pas penutupan kali ya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: