Menikmati Hari Pelanggan Ala ShopFest yang Untungnya Berlimpah


Minggu pertama bulan ini masih dirayakan hari pelanggan nasional lho, yuk siap-siap berbelanja, kata kawanku. Wah apa itu hari pelanggan dan tiap kapan diperingatinya? Aku awalnya cuek, tapi karena tiap hari mendapat email blast tentang hari pelanggan ini, jadinya ikut penasaran. Apalagi disebutkan dalam salah satu email blast ada banyak keuntungan berlimpah selama bulan September dalam bentuk ShopFest.

Hari pelanggan itu memang belum sepopuler peringatan hari lainnya, misalnya hari Olah Raga yang dirayakan tiap 9 September dan hari Kesaktian Pancasila yang diperingati 1 Oktober. Hari pelanggan dirayakan oleh warga Indonesia setiap 4 September. Indonesia baru ikut merayakannya dalam waktu belakangan ini seiring dengan kesadaran pentingnya seorang pelanggan bagi para pelaku industri, baik berupa jasa maupun barang.

Ya, kelahiran hari pelanggan nasional dilatarbelakangi oleh niat untuk memberikan penghargaan kepada pelanggan. Tanpa pelanggan mana mungkin sebuah perusahaan tetap bisa beroperasi. Sebuah industri kosmetik tidak akan hidup jika produk kecantikannya tidak ada yang menggunakannya.

Kesadaran akan pentingnya pelanggan penting ditanamkan bagi pelaku industri. Jangan sampai mereka menjual produk baik barang maupun jasa yang menipu atau menyesatkan pelanggan. Pelaku industri harus memberikan informasi yang penting diketahui pelanggan, sejak menjual produk hingga si pelanggan tersebut menggunakan produk tersebut alias layanan purna penjualan.

Hari pelanggan mulai diperingati pada 4 September 2003. Istilah pelanggan adalah raja masih berlaku hingga sekarang. Alhasil penting bagi sebuah perusahaan komersil untuk memanjakan pelanggannya. Pelanggan jangan dipandang sebagai sekedar sasaran penjualan barang dan jasa belaka. Saran dan kritik pelanggan perlu didengar untuk meningkatkan kualitas produk dan layanan perusahaan tersebut. Pelanggan bisa dipandang sebagai kawan yang perlu didengar nasihatnya. Senyum pelanggan itu perlu karena menunjukkan kepuasan terhadap produk dan layanan kita. Oleh karenanya logo hari pelanggan nasional melambangkan senyum manusia.

Dengan adanya hari pelanggan nasional ini maka para pelanggan dan pelaku industri akan saling memahami dan menciptakan simbiosis mutualisme. Nah, karena pelanggan itu penting bagi sebuah perusahaan, maka sudah waktunya diberikan penghargaan setiap tahunnya. Penghargaan tersebut bisa dalam bentuk promo yang menarik, hadiah, diskon dan cashback.

Hari Pelanggan Nasional Ala ShopFest
Di antara email blast tentang hari pelanggan nasional, ada salah satu pengirim yang membuatku tertarik. ShopBack, namanya. Aku sudah berkawan dengan situs aggregate untuk belanja online ini sekitar setahun lalu.

ShopBack cocok dijadikan kawan bagi mereka yang gemar berbelanja online, termasuk mereka yang biasanya membayar tagihan dan membeli pulsa lewat internet, memesan tiket pesawat, menambahkan saldo untuk membeli tiket nonton di bioskop dan sebagainya. Aku sendiri termasuk yang tidak banyak belanja online. Paling-paling membeli pakan kucing, belanja sembako, dan kadang-kadang membeli buku. Namun aku terbiasa membayar tagihan, membeli pulsa, memesan tiket lewat ranah online.

Dengan situs aggregate ini aku jadi tahu mana di antara marketplace yang sedang memberikan promo diskon atau cashback yang menarik, apakah Tokopedia, Bukalapak, Blibli, dan sebagainya. Asyiknya keuntungannya dobel. Sebagian besar marketplace tersebut memberikan cashback ketika aku menjadi anggota dan masuk ke marketplace tersebut dari ShopBack. Memang tidak besar, rata-rata hanya 2% hingga Rp 50 ribu untuk tiap pembelian. Tapi lumayan jika sering.

Cara dapat cashback dari ShopBack
Serius mbak dapat cashback tanpa perlu melakukan apa-apa? Ya pasti ada lah yang harus dilakukan. Yang pertama adalah mendaftar sebagai anggota di laman ShopBack, kemudian memilih marketplace dari laman tersebut, lalu belanja deh. Maka setelah pembayaran dilakukan, akan ada notifikasi besaran cashback yang akan didapat. Cashback itu biasanya diterima sekitar 1-2 bulan kemudian. Yang biasanya kulakukan adalah membiarkannya. Setelah nilai cashback-nya mencapai Rp 25 ribu maka bisa kutukar dengan pulsa atau kubiarkan saja hingga mencapai Rp 50 ribu atau lebih. Baru deh kumasukkan ke rekening tabungan. Asyik kan?

Cashback-nya dobel selama Shopfest, juga ada flashsale
Dalam rangka Hari Pelanggan Nasional, ShopBack menggelar ShopFest. Even ini awalnya diadakan 1-7 September dengan promo Serba Seru. Namun, kemudian diperpanjang hingga awal Januari 2019 dengan promo sepanjang akhir tahun. ShopFest serba seru meliputi flashsale serba 9900, cashback dobel, voucher ekstra diskon dan sebagainya, bergantung hari dan jadwalnya.

Aku kemarin kebagian mendapatkan cashback dobel. Aku berbelanja pakan kucing 4 kg plus ongkir jadinya Rp 91 ribu. Aku terkejut sekaligus senang ketika mengetahui aku mendapat cashback dari shopback dua kali dan besarannya mengejutkan. Yang pertama sebesar 68 ribu dan yang kedua nilainya 90 ribu. Wow.

Memang tidak semua pembelian dan pembayaran sih yang dapat cashback besar dan dobel. Ketika aku melakukan top up tiket film, aku hanya dapat cashback sebesar Rp 4000 dari pembayaran nominal Rp 205 ribu. Tapi lumayanlah daripada tidak dapat sama sekali kan. Sudah dapat yang dibutuhkan, dapat cashback lagi.

Even ini banyak menawarkan hal-hal menarik. Flashsale-nya juga menggiurkan namun memiliki jadwal dan berlangsung cepat. Saranku buat daftar kebutuhan Kalian, kemudian catat jadwal-jadwal cashback dan flashsale sehingga Kalian bisa mendapatkan barang sesuai keinginan dan tidak sekedar impulsif.
Selamat berbelanja!

Gambar dari: 1 | 2

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada September 7, 2018.

2 Tanggapan to “Menikmati Hari Pelanggan Ala ShopFest yang Untungnya Berlimpah”

  1. bayar2 buat rumah kecepetan nih jadinya gak dapet double cashback (tokopedia ama shopback)
    sampe kapan ini?

    • Aku dapat email blast-nya sebelum waktunya, jadinya aku ngumpulin daftar belanjaan dulu hehehe. Kalau yang promo seru (cashback dobel) dalam rangka hari pelanggan sampai hari ini. Tapi kalau yang promo lain2 sampai 3 Januari 2019. Ada jadwalnya sih. Kalau lagi flashsale teman-teman suka ngingetin dan heboh banget, padahal juga susah dapatnya hahaha.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: