Para Aktor dan Aktris Laga Ini Sudah Tak Muda

Ketika melihat Liam Neeson tampil dalam film trilogi Taken untuk menyelamatkan keluarganya, aku mengapresiasinya. Wow ia menyusul aktor Indiana Jones, Harrison Ford, meskipun sudah tua, tapi tetap energik di film laga. Dua aktor laga lainnya seperti Tom Cruise dan Keanu Reeves juga rupanya sudah berkepala lima. Mereka membuktikan pertambahan usia tak jadi halangan untuk terus aktif berkarya.

Harrison Ford naik daun sejak membintangi Star Wars dan Indiana Jones. Ketika usianya sudah menanjak ia tetap dipercaya membintangi Air Force One, Indiana Jones 4, The Expendables 3, dan Star Wars: The Force Awaken. Ia direncanakan akan tampil lagi dalam Indiana Jones 5 yang bakal rilis sekitar tahun 2021. Percaya atau tidak saat ini usianya 76 tahun.

Di bawah usia om Indiana Jones ada nama-nama aktor laga seperti Sylvester Stallone, Chuck Norris, Dolph Lundgren, Arnold Schwarzenneger, Mickey Rourke, Jean-Claude Van Damme, Bruce Wilis, Al Pacino, Mel Gibson, Steven Seagal, Nicolas Cage, Tommy Lee Jones dan Kurt Russel. Sebagian besar aktor tersebut masih aktif hingga sekarang. Usianya juga rata-rata berkisar 60-70 tahun.

Dibandingkan aktor pria, aktor perempuan yang sudah bertambah usia dan masih aktif berlaga tidak banyak. Ada Jamie Lee Curtis yang biasa muncul di film science fiction dan Halloween universe. Ada Jodie Foster yang beken lewat Silence of The Lambs. Oh ya ada si penyihir bengis dalam Narnia yakni Tilda Swinton. Dan, si Michele Yeoh, Lucy Lawless, Sandra Bullock, Carrie Anne-Moose, Linda Hamilton, Halle Berry, Judi Dench, Brigitte Nielsen saja sih yang kuingat berusia 50 tahun ke atas, tidak semuanya masih aktif di film laga.

Dari aktor-aktor laga adapula yang seperti vampire karena terlihat tak banyak menua. Ada dua aktor laga yang wajahnya tak banyak berubah, yaitu Tom Cruise dan Keanu Reeves. Keduanya sudah berusia 50 tahunan, Tom Cruise 56 tahun dan Keanu Reeves 52 tahun. Brad Pitt juga 50 tahunan tapi karena mengurus perceraian ia nampak lelah dan mulai menua.

Tom Cruise sepertinya tak kenal lelah dan masih menjadi ikon laga. Ia masih betah di Mission Impossible dan dengar-dengar ingin menghidupkan lagi Top Gun, film tentang pilot yang mengangkat namanya.

Sedangkan Keanu Reeves setelah sukses di Speed dan The Matrix, ia naik kelas dengan menjadi jagoan yang makin sangar. Jika dulu ia nampak “manis” kini ia menjadi pembunuh maut di John Wick. Meski usianya tak muda ia berlatih keras gunfu hingga berbulan-bulan sehingga benar-benar menguasai banyak senjata berpeluru.

Di Indonesia aktor dan aktris laga yang senior dan masih aktif tidak banyak. Dulu ada nama Barry Prima, Advent Bangun, Willy Dozan, Fendy Pradana, George Taka, Ratno Timoer. Sayangnya mereka sudah tak aktif. Di Comic 8, Barry Prima dan Wily Dozan malah jadi becandaan, aku sedih melihatnya.

Yang senior dan masih tampil itu ada Tio Pakusadewo, Pierre Guno, dan Ray Sahetapy. Yang sudah 50 tahunan dan baru naik daun sejak era The Raid adalah Yayan Ruhian. Untuk aktris laga yang sudah senior sepertinya sudah banyak yang pensiun, tinggal Christine Hakim yang sempat tampil dalam Pendekar Tongkat Emas.

Untunglah sejak 10 tahun ini genre film laga kembali bersinar di perfilman Indonesia. Kini ada generasi aktor dan aktris laga seperti Iko Uwais, Ario Bayu, Joe Taslim, Cecep Arif Rahman, Zack Lee, Oka Antara, Vino G Bastian, Prisia Nasution, Julie Estelle, Hannah Al Rashid dan masih banyak lagi.

Wah kalau melihat mereka di atas limapuluh tahunan yang tetap bersemangat berkarya jadi ikut-ikutan tertular semangatnya. Ya, jangan mau kalah dengan mereka. Usia jangan jadi penghalang untuk terus belajar dan berkarya.

Gambar dari Rollingstones dan iMDB

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada November 3, 2018.

10 Tanggapan to “Para Aktor dan Aktris Laga Ini Sudah Tak Muda”

  1. Waw… datamu lngkap bnget ya klau ngulas ttg perfileman dg para aktornya. Ternyata Brad Pitt lbih tua dari ibuku, haha…

    Luar biasa ya smngat mereka utk trus berkarya. Yg manca jauh lbh bnyak ternyata.

  2. Keanu itu beneran vampire ya. Awet muda

  3. Aktor/aktris gaek memang ga ada matinya. Dan biasanya mereka pemain watak dgn katakter yg kuat. Sesuai pepatah ya, makin tua makin bersantan 😊

    • Eh pernah dengar dengan istilah good actor vs good acting? Ada beberapa aktor laga yang meskipun totalitas aksi laganya tapi disebut bukan aktor yang mumpuni untuk disebut kelas Oscar. Keanu Reeves salah satunya yang disebut good actor, meski aku juga nggak setuju.
      Tapi tidak sedikit juga aktor laga yang memang pemain watak.

  4. Jangan lupain simbah Jackie chan..
    Udah tuwir tapi masih aktif juga.

  5. Kurang tuh
    Denzel masih main eq2 di usia 68 tahun
    Kakek” super

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: