Berhati-hati Memilih Produk Kecantikan dan Kosmetik

Produk kosmetik sudah menjadi kawan akrab bagi perempuan. Para pria pun juga mulai menggunakannya untuk merawat tubuh dan menjaga penampilan. Tingginya permintaan akan kosmetik ini membuat sejumlah oknum melakukan perbuatan keji yakni menjual produk kosmetik palsu dan mendistribusikan barang yang belum terdaftar BPOM. Alih-alih merawat tubuh, yang terjadi bisa sebaliknya.

Ketika aku membaca berita tentang kosmetik palsu aku merasa ngeri. Banyak di antaranya berupa krim wajah dan serum. Ada pula lipstik dan juga maskara palsu. Yang miris ada juga jenis pil diet yang belum terdaftar BPOM. Wah produsen kosmetik palsu dan pengedarnya tidak peduli apabila hal tersebut bisa berakibat buruk ke pembelinya. Yang penting duit mengalir.

Dulu waktu aku masih bekerja sebagai kuli tinta ada kasus peredaran obat palsu. Ada juga kasus penjualan obat-obat yang sudah kadaluarsa. Miris. Mereka yang sakit malah diperdaya dengan tujuan mendapatkan duit.

Omong-omong tentang kosmetik dan produk kecantikan, apa kosmetik dan produk kecantikan favoritmu? Dulu ada masa semua kosmetik dan produk kecantikan menggunakan unsur pemutih. Orang Indonesia yang berkulit sawo matang memang sebagian berharap kulitnya putih, hingga muncul iklan gadis yang kulit wajahnya kusam kemudian menjadi pusat perhatian setelah kulit wajah dan tubuhnya menjadi putih. Namun karena dianggap hal tersebut tidak benar karena warna kulit perempuan beragam maka saat ini taglinenya berubah menjadi kulit cerah.

Aku termasuk yang tak silau dengan merk dalam membeli kosmetik dan produk kecantikan. Beberapa tahun lalu kawanku mengajakku bergabung di sebuah MLM tentang produk kecantikan dan kosmetik. Aku menyetujuinya dengan terpaksa, ada beban tutup poin dan kurasa kualitas produknya tak sebanding dengan harganya. Banyak produknya yang tak kupakai dan kemudian kubagi-bagikan. Alhasil aku sudah puas dengan produk yang ada di pasaran dan tak begitu mahal.

Produk kecantikan yang biasa kugunakan di antaranya sabun, pasta gigi, sampo, scrub wajah, dan pembersih wajah. Dasar banget sih. Tidak ada merk tertentu. Paling-paling kalau rambut mulai berkotembe karena stress aku menggunakan sampo Head n Shoulder atau Selsun. Kadang-kadang jika sedang tak ada stok di rumah ya aku menggunakan jeruk nipis. Oh ya aku juga suka menggunakan garam mandi. Tapi karena lumayan mahal untuk ukuranku ya aku jarang-jarang membelinya. Sekarang malah tak pernah sama sekali.

Sedangkan untuk kosmetik dan produk kecantikan, yang biasanya kubawa di tas hanya lipstik dan cologne. Untuk lipstik aku juga masih suka coba-coba. Yang terakhir kugunakan itu merk Sari Ayu dengan warna memiliki unsur jingga dan bersifat liquid. Tapi favoritku sebenarnya warna yang mengandung unsur cokelat dan tak mencolok karena kulitku sawo matang.

Kalau untuk bedak aku suka menggunakan bedak tabur agar bintik-bintik cokelatku tak bermunculan dan mencegah jerawat. Aku cukup menggunakan bedak Marcks yang harganya terjangkau hehehe.

Urusan menjaga kulit tubuh aku suka menggunakan hand body merk Vaseline karena tak lengket, mudah meresap dan harumnya ringan. Tapi aku juga suka mencoba-coba merk lain. Demikian juga dengan cologne dan body splash aku juga suka coba-coba. Yang kusuka itu harum lembut dari Puteri Body Splash dan Shower to Shower. Wanginya tak mencolok dan badan terasa segar.

Ini ceritanya ngalor ngidul. Betewe Kakian punya produk kecantikan dan kosmetik andalan?

Gambar dari pixabay

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Desember 15, 2018.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: