Belajar di Kelas vs Studi Mandiri

Kalian lebih suka belajar secara konvensional atau belajar secara mandiri? Kalau aku ditanya sebenarnya aku lebih suka belajar secara mandiri karena topiknya bisa kupilih sendiri. Tantangan dari belajar mandiri yaitu berdisiplin dan menjaga komitmen diri.

Aku tipe yang kadang-kadang mudah bosan dan pelamun. Ketika mendengarkan kuliah di kelas kadang-kadang aku terdistraksi karena bahan yang diajarkan kurang menarik. Aku pun mencoret-coret kertasku, membaca materi lainnya, atau malah membuat blog dan catatan pekerjaan.

Kuliah di kelas mau tak mau membuatku disiplin karena ada batasan jumlah ketidakhadiran. Tugas-tugas, kuis, dan ujian juga membuatku harus menguasai materi.

Yang kusukai dari belajar secara konvensional yaitu aku punya kawan baru. Bersama mereka aku bisa bercanda dan bertukar pandangan. Kami berkeluh kesah atau tertawa-tawa dalam grup percakapan. Hal-hal semacam itu yang membuat cerita dan menjadi kenangan.

Sementara ketika aku mengikuti studi mandiri aku dituntut untuk memilih topik sendiri dan menentukan waktu studiku. Keberhasilan studiku bergantung pada diriku sendiri. Supervisi hanya berperan untuk mengarahkan dan memotivasi.

Studi mandiri menuntutku untuk berdisiplin dan memahami diriku sendiri. Aku harus berjuang untuk mengalahkan ego dan kebiasaan burukku.

Mereka yang sukses dengan studi mandiri tertib dan disiplin soal waktu. Waktu sehari dalam studi mandiri berkisar 2-3 jam dan itu sebenarnya cukup asal fokus.

Kalau Kalian lebih suka studi di kelas atau studi mandiri?

Gambar: pixabay

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Februari 9, 2019.

2 Tanggapan to “Belajar di Kelas vs Studi Mandiri”

  1. dua duanya si bagus aja

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: