Tembang-Tembang intimidatif Garbage

Gara-gara salah satu tembangnya muncul di sebuah adegan “Captain Marvel” aku jadi ingat band satu ini. Garbage. Dulu band ini salah satu favoritku. Ia termasuk band bervokalis wanita yang memiliki karakter kuat, seperti halnya Cranberries dan No Doubt. Garbage tidak seperti namanya memiliki lagu-lagu yang apik dan tetap enak didengar hingga sekarang.

Garbage merupakan band asal Madison Wisconsin Amrik. Ia dibentuk tahun 1993 dan beranggotakan Shirley Manson (vokalis, gitar), Duke Erikson (gitar,keyboard), Steve Marker (gitar, bas), dan Butch Vig (drum)

Band ini tumbuh di era musik alternatif yang kuat pada pertengahan tahun 90-an. Genre ini cocok dengan warna vokal Shirley yang kuat dan khas. Mereka menyebut musiknya scifi pop juga rock alternatif. Kenapa scifi pop? Karena musiknya memiliki unsur seperti futuristik.

Garbage sendiri bisa kubilang sebagai salah satu pengusung musik sinematik. Tiap lagunya seperti memiliki cerita, bak menyaksikan sebuah film. Mungkin itu kiranya yang membuat band ini dulu laris mengisi tembang soundtrack. Yang kuingat band ini menjadi salah satu pengisi soundtrack “Romeo & Juliet” (Crush), “The Faculty” (Medication), dan “James Bond: The World is Not Enough” (The World is Not Enough).

Hingga saat ini mereka telah berhasil menjual 17 juta keping CD dari enam buah album studio. Dari enam buah album terdapat sekitar 70 tembang yang mereka hasilkan. Mereka saat ini juga masih rajin menggelar tur meskipun album terakhir mereka dirilis tiga tahun lalu.

Keenam album tersebut adalah Garbage (1995), Version 2.0 (1998), Beautiful Garbage (2001), Bleed Like me (2005), Not Your Kind of People (2012), dan Strange Little Bird (2016). Dari keenam album tersebut yang paling banyak memiliki hits adalah album debutnya. Lagu-lagu pada album awalnya begitu fresh. Kesan Garbage sebagai band alternatif dengan lirik ‘dark’ dan vokalis yang ikonik begitu kental.

Berikut lagu-lagu Garbage yang ikonik

Supervixen
Lagunya muram dan memiliki unsur grunge. Lagu ini tentang seseorang yang membiarkannya diidolakan seseorang tapi ia kemudian menuntut balik.

A falling star that you cannot live without
And I’ll feed your obsessions

You Look So Fine
Masuk dalam album kedua. Lagu ini menenangkan dan relatif lebih lembut dibandingkan lagu-lagu Garbage pada umumnya. Tapi liriknya sadis gara-gara terobsesi dengan seseorang berlebihan.

You look so fine
I want to break your heart
And give you mine
You’re taking me over

It’s so insane
You’ve got me tethered and chained
I hear your name
And I’m falling over

Stupid Girl
Kehadiran band ini langsung menggebrak berkat hits “Stupid Girl”. Lagu ini memiliki loop bas yang asyik dan terdengar jelas dengan gaya bernyanyi Shirley yang dinamis.

Liriknya sarkas tentang seorang gadis yang berpura-pura tampil lebih daripada kondisi sebenarnya. Shirley dalam video klip ini tampil ‘bold’. Stupid Girl meraih dua nominasi Grammy Award untuk kategori Best Rock Song dan Best Rock Performance By a Duo or Group.

What drives you on
Can drive you mad
A million lies to sell yourself
Is all you ever had

Don’t believe in love
Don’t believe in hate
Don’t believe in anything
That you can’t waste

stupid girl
stupid girl
Can’t believe you fake it
Can’t believe you fake it

Medication
Lagu pada album kedua yang kusukai dari Shirley cs berjudul Medication. Tembang ini dibawakan dua versi, secara full music dan ala akustik. Aku suka dua-duanya. Nuansanya berlainan.

Medication lebih balada. Sisi lembut Shirley terlihat di lagu ini.

Androgyny
Androgyny adalah lagu yang memiliki video musik unik. Di sini Shirley tampil dengan rambut cepak sehingga sulit diduga ia perempuan ataukah pria. Ia kemudian berganti lagi menjadi sosok feminin.

Musik Androgyny ceria dan berbeda dengan musik Garbage pada umumnya. Aku suka intronya yang bernuansa modern.

The World is not Enough
Garbage tampil megah dalam tembang soundtrack James Bond yang dibintangi Pierce Brosnan, The World is Not Enough. Menurutku lagu ini salah satu tembang soundtrack terbaik James Bond karena lagunya terkesan glamour sekaligus klasik.

Video klipnya unik. Shirley diceritakan seorang android yang menyerupai sosok diva. Ia memiliki misi tertentu yang jahat.

Only Happy When It Rains
Lagunya satir. Dan lagu ini masuk termasuk yang populer dari Garbage. Musiknya easy listening dan liriknya berulang. Kesannya tentang seseorang yang bersenang-senang di atas penderitaan orang lain. Lagu ini juga masuk dalam tembang hits album debut Garbage dan juga pernah di-cover oleh Metallica. Lagu ini menjadi salah satu tembang soundtrack Captain Marvel.

I‘m only happy when it rains
I’m only happy when it’s complicated
And though I know you can’t appreciate it
I’m only happy when it rains

You know I love it when the news is bad
Why it feels so good to feel so sad?
I’m only happy when it rains

Pour your misery down
Pour your misery down on me
Pour your misery down
Pour your misery down on me

I think I’m Paranoid
Sejak jaman digital ini orang-orang cenderung paranoid. Hehehe bisa jadi.

Musik lagu ini khas Garbage namun dengan Shirley yang matang. Liriknya masih apatis kontras dengan musiknya yang dinamis.

Milk
Lagu ini memiliki nuansa yang sendu dan mellow. Lagu ini dirilis tahun 1995, satu album dengan Stupid Girl.

Lagu ini membuat sedih ketika mendengarnya. Lagu ini tentang seseorang yang rindu dan menanti seseorang. Tapi tak ada harapan. Hopeless.

Push
Video klipnya aneh dan terkesan horor. Seram. Liriknya tetap dark dengan musik yang anehnya bikin Kamu ingin bergoyang atau berlari.

Crush
Lagunya ringan dengan lirik dan musik yang berulang. Mengintimidasi. Lagu ini masuk dalam tembang soundtrack Romeo & Juliet.

Queer
Unik. Haunting. Lagunya lebih lembut dan lebih soul. Enak didengar saat Minggu sore. Liriknya sebenarnya ambigu. Tentang perempuan yang imitidatif.

Video klip lagu ini dinominasikan sebagai Breakthrough Video dalam MTV Video Music Awards 1996. Tapi sayang tidak menang.

Empty
Lagu ini menjadi andalan dalam album yang dirilis tahun 2016, Strange Little Bird. Meski usianya tak lagi muda, vokal Shirley tak banyak berubah.

Lagunya tetap cadas dengan lirik dark ala tahun 90-an. Sepertinya Garbage tak banyak berubah dari segi preferensi genre musik.

Subhuman
Lagu ini seperti lagu Maryln Manson. Lagunya futuristik dan agak aneh tapi membekas.

Control
Lagu ini masuk sebagai tembang video game The Amazing Spider-Man. Lagunya tentang jangan terlalu keras dan kaku pada hidup, tapi nikmati momen yang ada dan berserah diri. Lagu ini juga masuk dalam album kelima Garbage, Not Your Kind of People.

Gambar: allaroundnewmusic,electricpicnic,

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Maret 13, 2019.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: