Apa Pesan “Darkside” Alan Walker

Akhir-akhir ini aku suka mendengarkan tembang “Darkside” Alan Walker. Liriknya memang tak umum, tapi tone-nya di awal lagu membuatku terharu. Sebenarnya tentang apa sih pesan dalam “Darkside”?

Lagu ini dalam lirik agak kebalikan dengan tembang “Different World”, yang juga milik Alan Walker. Apabila dalam “Different World” terdapat pesan untuk saling bahu-membahu menjaga bumi serta masih ada waktu untuk mengubahnya, dalam “Darkside” seolah-olah sudah memasuki tenggat waktu. Tak ada waktu lagi, harus bergegas.

Lirik dalam lagu ini sebagai berikut. Apa ya yang sebenarnya dimaksud dalam lirik ini? Oh ya lirik ini ditulis keroyokan oleh Jamie Lou Stenzel, Alan Walker, Lars Kristian Rosness, Marcus Arnbekk, Fredrik Borch Olsen, Anders Frøen, Gunnar Greve, James Njie, Jesper Borgen, Tommy La Verdi, Atle Pettersen, William Wiik Larsen, dan Andrew Frampton.

We’re not in love
We share no stories
Just something in your eyes
Don’t be afraid
The shadows know me
Let’s leave the world behind

Take me through the night
Fall into the dark side
We don’t need the light
We’ll live on the dark side
I see it, let’s feel it
While we’re still young and fearless
Let go of the light
Fall into the dark side

Beneath the sky
As black as diamonds
We’re running out of time
Don’t wait for truth
To come and blind us

Let’s just believe their lies
Believe it, I see it
I know that you can feel it
No secrets worth keeping
So fool me like I’m dreaming

Apa yang dimaksud “darkside”?Apakah sisi gelap atau sisi yang negatif?

Intepretasi tiap orang bisa jadi berbeda terhadap lagu ini. Ada yang menganggap ‘darkside’ adalah ajakan untuk ke sisi yang gelap, ada juga yang beranggapan lagu ini tentang cinta terlarang, atau menyelami sisi gelap diri sendiri.

Rasanya kurang mantap untuk menyelami lagu ini tanpa mendengar dua lagu pendahulunya, “Tired” dan “All Falls Down”. Pasalnya tiga lagu ini merupakan trilogi sehingga lagu ini bisa jadi satu tema.

Bahas Dua Lagu Sebelumnya dalam Satu Trilogi

Tembang pertama, “Tired” merupakan kolaborasi Alan Walker bersama Gavin James.  Video musik yang dirilis 18 Mei 2017 ini telah ditonton 126 juta pasang mata. Lagu ini memiliki nuansa yang muram dan liriknya memang suram. Cuplikan liriknya sebagai berikut.

I see those tears in your eyes
I feel so helpless inside
Oh love, there’s no need to hide
Just let me love you when your heart is tired

Cold hands, red eyes
Packed your bags at midnight
They’ve been there for weeks
You don’t know what goodbye means
Just roll up a cigarette
Just forget about this mess
Waiting on the sidelines
From the sidelines

Apabila melihat liriknya, lagu ini tentang hubungan cinta yang sulit. Si pria susah payah meyakinkan kekasihnya untuk tak berputus asa membina hubungan mereka. Si gadis berkata ia baik-baik saja, tapi si pria melihatnya berbohong melihat air matanya yang mengalir.

Gavin James merupakan penyanyi asal Irlandia. Ia sukses dengan tembang “Book of Love” dan “Nervous”.  “Tired” dibawakan secara apik olehnya.

Lagu berikutnya yaitu “All Falls Down” dibawakan Alan Walker bersama Noah Cirus dan Digital Farm Animals. Lagu yang dipublikasikan 26 Oktober 2017 ini telah disimak 172 juta kali. Lagu ini lebih berirama ceria dibandingkan “Tired”. Liriknya sebagai berikut.

What’s the trick? I wish I knew
I’m so done with thinking through all the things I could’ve been
And I know you want me, too
All it takes is that one look at you and I run right back to you
You cross that line and it’s time to say F you

What’s the point in saying that when you know how I’ll react?
You think you can just take it back, but shit just don’t work like that
You’re the drug that I’m addicted to, and I want you so bad
Guess I’m stuck with you, and that’s that

Lagu ini bercerita tentang pasangan yang bertengkar. Keduanya kemudian berbaikan kembali karena keduanya memang saling mencintai. Lagu ini bisa jadi memiliki kaitan dengan “Tired”, di mana si pria akhirnya berhasil meyakinkan si gadis untuk kembali kepadanya.

Noah Cyrus merupakan penyanyi asal Amerika yang masih berusia 19 tahun. Dia adik dari penyanyi Miley Cyrus. Noah Cyrus sudah punya hits seperti “Stay Together”.Sedangkan Digital Farm Animals adalah DJ sekaligus penyanyi asal Inggris.

Nah, jika melihat dua lagu sebelumnya maka lagu “Darkside” yang dibawakan oleh Au/Ra dan Tomine Harket ini masih berkaitan dengan cinta terlarang. Meskipun si gadis meyakinkan diri tidak ada hubungan cinta, tapi ia melihat dan merasakannya lewat tatapan matanya. Tembang “Darkside” ini dirilis Agustus 2018 dan videonya telah ditonton lebih dari 300 juta kali.

Pesan Berbeda Menilik Video Klipnya

Cerita ini akan berbeda jika melihat dari video klipnya. Video klip “Tired” memiliki nuansa suram tentang dunia yang porak-poranda karena kejatuhan meteor. Video klip menggambarkan situasi sebelum meteor jatuh dengan banyaknya aksi huru hara dan mereka yang was-was menunggu meteor itu jatuh, salah satunya sepasang kekasih. Mereka mengeratkan pegangan ketika meteor itu semakin mendekati bumi.

Video “All Falls Down” melanjutkan kisah dalam “Tired”. Dalam video klip ditunjukkan beberapa tahun pasca kejadian meteor jatuh. Manusia mulai membangun kembali. Lantas ada beberapa pemuda pemudi mengenakan baju dan masker yang sama dengan di video klip sebelumnya, mereka bekerja sama menggali sesuatu. Mereka menemukan simbol “W” yang ternyata memiliki makna penting bagi mereka, ia sebuah teknologi kuno. Sosok mengenakan baju putih dalam video klip juga muncul sekilas.

Dalam video klip “Darkside” karakter dalam video klip sebelumnya hadir. Mereka nampak berlatih menggunakan simbol “W”. Di tempat lain sosok mengenakan kostum putih juga hadir dan juga memiliki simbol tersebut. Kedua pihak kemudian bertemu dan nampak menyebarkan simbol tersebut ke luar dunia mereka.

Bisa jadi simbol “W” itu adalah simbol pemberontakan atau suatu pengetahuan kuno yang diwariskan dari masa ke masa. Entahlah. Bagaimana menurutmu tentang tiga tembang ini?

Gambar dari youtube Alan Walker dan pixabay

~ oleh dewipuspasari pada April 24, 2019.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: