Ingin Kulit Wajah Putih Atau Kulit Wajah Sehat?

Sebagian wanita Indonesia tidak percaya diri dengan kulitnya dan ingin tampil putih. Sebaliknya mereka yang berkulit putih lebih bangga dengan kulit cokelat hasil terpanggang matahari. Ya, manusia memang ingin tampil sempurna. Ketika banyak media dan brand yang menampilkan sosok wanita cantik adalah wanita yang berkulit putih, maka banyak yang berharap untuk mengubah kulitnya yang sawo matang menjadi nampak putih.

Aku ingat sekitar pertengahan tahun 2000-an ada banyak kosmetik yang menawarkan unsur pemutih. Apa-apa diberi unsur pemutih, lotion, pelembab, alas bedak, bahkan sabun cuci muka. Iklan-iklan tentang pemutih merajalela. Mereka berlomba-lomba paling cepat dan paling manjur memutihkan. Baru kemudian ketahuan ada beberapa produk yang menggunakan unsur pemutih dari bahan berbahaya. Kulit memang menjadi putih, tapi nampak tidak sehat. Ada yang pucat, ada pula yang wajahnya malah panas dan kemerahan seperti terbakar.

Setelah konsep wanita cantik itu berkulit putih mengundang banyak kritikan, baru deh gagasannya diubah. Yang penting bukan berkulit putih, melainkan seseorang yang nyaman dengan kulitnya,apapun warnanya dan nampak sehat. Konsep iklan pun diubah menjadi kulit yang cerah dan sehat, tidak lagi nampak putih pucat.

Namun bukan berarti permintaan memiliki kulit wajah putih berhenti. Masih banyak yang menggunakan cara instan. Krim wajah pemutih masih laris-manis. Banyak juga yang pergi ke salon untuk suntik putih dengan melakukan suntik vitamin C. Aku belum pernah mencobanya sehingga tidak tahu efeknya. Banyak artis yang melakukannya dan memang mereka nampak lebih putih daripada saat baru kali pertama muncul. Tapi kebanyakan vitamin C sebenarnya tidak bagus karena bisa berpengaruh ke ginjal.

Aku sendiri berkulit sawo matang. Jika pun ingin nampak lebih terang maka aku menggunakan alas bedak 1 tingkat di atas kulitku, kalau lebih maka akan sangat kontras dengan kulit lenganku. Untuk perawatan agar kulit nampak lebih terang secara alami maka aku suka mencuci muka dengan air cucian beras. Aku juga kadang-kadang menggunakan masker wajah dan menggunakan jeruk nipis sebagai masker wajah alami.

Menurutku lebih aman untuk merawat diri agar kulit lebih sehat daripada kulit putih dengan banyak bahan kimia. Bagaimana menurut Kalian?

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Mei 13, 2019.

9 Tanggapan to “Ingin Kulit Wajah Putih Atau Kulit Wajah Sehat?”

  1. Saya sendiri lebih memilih memiliki kulit yang sehat, Kak. Jujur, bangga dengan kondisi dan warna kulit saat ini.
    Perawatan kulit itu sangat penting, dan saya lebih senang kalau perawatan kulit ini bukan untuk memutihkan atau mencerahkan. Tapi, lebih pada membuatnya sehat, lembab.
    Warna kulit saya coklat dan super bangga dengan warna kulit ini. Alas bedak sendiri sudah lama saya tinggalkan hahaha.

    Tulisan yang menarik, Kak.

    • Setuju. Waktu aku lihat ada beberapa kasus yang kulitnya rusak karena menggunakan produk pemutih abal-abal jadinya takut.

      • Itulah dia Kak, mensyukuri kecantikan dan keunikan kulit sendiri nampaknya lebih baik dari pada berusaha untuk merubah seperti ini. Bahayanya itu lo!

        • Aku belum tahu sih bahayanya suntik putih dengan vitamin C yang lagi ngetren. Tapi setahuku vitamin C dalam tubuh ada batasnya, selebihnya dikeluarkan lewat urine. Kalau dipaksa masuk dalam batas tertentu sepertinya ada dampak ke bagian tubuh lainnya.

          • Betul, vitamin C dalam tubuh memiliki kebutuhan dalam jumlah tertentu. Kalau kelebihan akan langsung dibuang melalui urine. Side effect kalau kelebihan konsumsi dosis harian, yang paling sering dilaporkan adalah diare sampai batu ginjal.

            Efek vitamin C untuk memutihkan kulit, hummmm….sampai saat ini masih belum begitu jelas untuk saya, Mbak hahahaha

          • Wah terima kasih banyak atas tambahan informasinya, Ayu.

          • Terima kasih kembali, Kak. Saya senang membaca tulisan Kakak, mengalir dan sangat mengena.

            Semangat untuk menyebarkan kebaikan ya Kak.

          • Kamu juga Ayu, tetap semangat menebar kebaikan😀

          • Terima kasih banyak, Kak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: