Bakpia, Yangko, dan Kawan-kawannya

Aku lagi suka mengupas makanan baik makanan berat dan makanan yang biasa buat oleh-oleh. Artikel-artikel tersebut murni pengalaman dan ulasan dariku sendiri, bukan konten berbayar. Menurutku bisnis makanan ini masih menjanjikan dan bisa menjadi sumber potensi daerah yang menguntungkan. Seperti halnya oleh-oleh khas Yogya dan Jawa Tengah, bakpia dan kawan-kawannya.

Entah sejak kapan bakpia pathuk dikenal sebagai oleh-oleh khas Yogya. Dulu waktu masih kecil yang kutahu hanya gudeg sebagai makanan khas Yogya. Aku sendiri kurang suka akan gudeg karena rasanya yang cenderung manis. Aku biasanya hanya mengambil telur dan kreceknya.

Kemudian muncullah bakpia dan yangko kacang sebagai oleh-oleh wajib ketika berlibur ke Yogya. Bakpia patuk ini berbeda denga bakpia pada umumnya. Kulitnya tipis dan lembut, isian di dalamnya begitu banyak. Awalnya isiannya hanya kacang ijo, kemudian berkembang menjadi kumbu hitam, kacang merah, keju, cokelat, dan sebagainya. Kini juga ada bakpia cokelat yang dikembangkan oleh Griya Cokelat. Empuk dan rasanya jadi mirip brownies.

Merk bakpia pathuk ini beragam. Dari yang menggunakan nomor, seperti bakpia pathuk 75, 12, 25, 52, kemudian ada juga bakpia kurnia sari, kencana, mutiara, djava dan masih banyak lagi. Kemudian ada lagi yang sedang hits yaitu bakpia kukus, bakpia tugu. Rasanya jadi mirip roti kukus.

Sedangkan yangko kacang itu mirip dengan mochi, Bahannya sepertinya dari tepung ketan. Kini rasanya berwarna-warni dengan penambahan essence buah-buahan. Tapi yang terenak tetap yang yangko kacang.

Kue-kue lainnya yang khas di antaranya gula kacang, geplak, dan enting-enting. Sedangkan kue-kue dari Jawa Tengah yang biasanya ditemukan di oleh-oleh yaitu gethuk dan dodol.

Oh iya di Griya Cokelat Desa Nglanggeran Patuk juga ada oleh-oleh serba cokelat. Di antaranya ada aneka minuman cokelat, kombinasi cokelat dan susu etawa kambing, dodol cokelat, keripik pisang cokelat, juga kue yang unik, keripik dari kulit pisang. Ketika kucicipi keripik kulit pisang ini mirip dengan kerupuk karak, atau kerupuk dari nasi. Gurih dan renyah.

Kalau Kalian apa oleh-oleh favorit dari Yogya dan sekitarnya?

~ oleh dewipuspasari pada September 29, 2019.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: