Howl’s Moving Castle Menginspirasi Mortal Engines?

Film “Mortal Engines” menggambarkan distopia. Manusia hidup berkelompok-kelompok dalam sebuah kota yang bergerak. Kota mesin ini digerakkan oleh sumber daya. Tiap kota kemudian berebut sumber daya dan sumber pangan. Melihat desain kotanya yang bisa berjalan aku jadi teringat akan film animasi dari studip Ghibli berjudul “Howl’s Moving Castle.

Dikisahkan dalam “Mortal Engines” kelompok manusia London memiliki kota raksasa yang digerakkan mesin. Mereka menyerang kota kecil. Memaksa penduduknya menyerah lalu bongkahan kota tersebut dijadikan bahan bakar. Mereka seolah-olah baik dengan menjadikan warga kota yang kalah dengan memberinya pekerjaan. Tapi rupanya ada sesuatu yang disembunyikan oleh salah satu pemimpin kota tersebut, Valentine (Hugo Weaving).

Hester Shaw (Hera Hilmarsdottir), warga kota yang ditundukkan kemudian menyerang Valentine karena ia membunuh ibunya. Ia pun dikejar tapi berhasil lolos. Tom (Robert Sheehan) yang berniat menangkapnya malah didorong Valentine keluar dari kota mesin tersebut. Dari Hester, Tom akhirnya tahu apa yang dilakukan Valentine dan juga kondisi di luar kotanya. Rupanya ada pimpinan perlawanan, Anna Fang (Jihae) yang mencoba menghentikan niat ambisius Valentine.

Ceritanya sebenarnya menarik tapi terasa ada yang kurang. Kurang menyentuh. Penonton kurang diajak untuk lebih peduli terhadap Tom, Hester, dan warga kota yang ditindas.

Dari segi visualisasi memang keren. Melihat kota-kota tersebut bisa dibuka tutup lalu bergerak mengingatkanku pada film-film animasi Ghibli. Desainnya mirip dengan kastil ajaib milik penyihir Howl. Demikian juga dengan desain pesawat dan kastil terbang juga biasanya muncul di animasi fantasi Ghibli seperti Laputa.

Dalam kastil Howl ia bisa muncul di kota mana saja, kadang-kadang pintunya juga bisa dibuka dan langsung muncul di kota belahan mana saja. Lebih fantastis dan lebih magis karena ia memang penyihir.

Kota-kota dan rumah bergerak ini menarik. Desainnya fantastis. Hanya kisahnya memang kurang tergarap dengan baik sehingga terkesan hampa.

Detail Film:
Judul: Mortal Engines
Sutradara: Christian Rivers
Pemeran: Robert Sheehan, Hera Hilmarsdottir, Hugo Weaving, Jihae
Genre: Distopia
Skor: 6/10 dan 8/10 untuk desain kota bergeraknya.

~ oleh dewipuspasari pada November 13, 2019.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: