Tentang Kesabaran

Ada dua makna tentang kesabaran. Yang pertama adalah tentang tidak mudahnya emosi tersulut kemarahan. Makna yang kedua berarti dengan tabah menunggu terjadinya perubahan. Sabar berkaitan dengan pengendalian emosi dan proses menunggu.

Ada yang menyebut orang yang sabar adalah orang yang lemah. Ada pula yang mengatakan sebaliknya.

Terkadang terlalu cepat merespon sesuatu malah berujung kurang baik. Ketika kita marah kepada hewan peliharaan ataupun tetangga kita maka emosi meledak-ledak dan kemudian bisa malah membawa ke permasalahan lain yang lebih serius. Rasa marah erat kaitannya dengan penyesalan.

Orang yang sabar bukan berarti ia lemah. Ia berupaya memikirkan jalan keluar dengan kepala dingin. Ia tak ingin meruncing masalah. Tapi biasanya setiap orang memiliki batas kesabarannya sendiri.

Demikian juga dengan proses menunggu. Tak selamanya harapan itu cepat terkabul. Tak jarang harapan baru terengkuh setelah kita bertahun-tahun tekun melakukannya. Kesabaran umumnya menuangkan hasil. Mereka tak memikirkan untuk pengakuan hanya melakukan proses dengan baik setiap kalinya.

Seperti halnya emosi, proses menunggu juga memiliki batas tertentu. Menunggu seseorang membalas perasaan, menunggu panggilan pekerjaan tentunya perlu batas waktu. Apabila hingga batas waktu tak tercapai, maka segeralah menyusun rencana lain, karena memang bukan jodohnya, bukan rejekinya.

Gambar: pexels

~ oleh dewipuspasari pada Februari 9, 2020.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: