Tantangan Menulis Bebas

Ketika mendapat tantangan menulis apa saja alias bebas, aku malah kebingungan. Wah enaknya menulis apa ya? Aku malah tak ada ide sama sekali. Malah ketika dibatasi, misalnya menulis tentang kucing-kucing lucu malah aku punya banyak ide. Dari si Nero yang menangis karena pincang, si Mungil yang centil hingga si Kidut yang kurus. Benarkah menulis dengan tema bebas lebih susah?

Jawabannya ya dan tidak. Ketika diberikan tantangan menulis bebas maka topiknya luas. Bisa apa saja. Kalian bisa menulis tentang langit biru di Jakarta (ada nggak ya?), sudut-sudut di kota Jakarta yang seperti berada di pedesaan, atau tentang hal yang serius seperti membedakan gejala Gerd dan penyakit jantung.

Biasanya orang-orang kesulitan ketika diberikan tantangan topik bebas karena ia terlalu muluk-muluk. Bayangannya adalah menulis sesuatu yang kompleks. Padahal menuliskan kegiatan sehari-hari juga cukup. Merangkum pengalamannya bekerja misalkan dalam mendeteksi seseorang ini sombong atau terlalu bersemangat saat wawancara kerja juga bisa jadi sebuah tulisan.

Ada kalanya seseorang ragu dan was-was apakah tulisannya tentang kehidupannya sehari-hari itu menarik atau malah nanti ditertawakan. Padahal membaca kisah kehidupan seseorang itu unik. Tak ada yang sama persis.

Menulis dengan topik tertentu juga kadang-kadang malah bikin pusing jika kita tidak paham dengan topik tersebut. Misalkan aku diminta menulis tentang Phyton. Wah aku tak pernah menggunakan bahasa pemrograman tersebut. Jika dipaksa menulis maka aku bakal hanya menulis kulit-kulitnya saja.

Menulis dengan tema bebas atau yang temanya ditentukan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kalian tulis saja apa yang ada di pikiran Kalian, kemudian dibenahi setelahnya. Karena jika kelamaan memikirkannya malah tidak ditulis-tulis, seperti yang sering kualami.

Gambar: pixabay

~ oleh dewipuspasari pada Februari 24, 2020.

3 Tanggapan to “Tantangan Menulis Bebas”

  1. Sebenarnya kita mampu hanya saja rasa malas kadang membatasi kita

  2. Gimana kepala kitanya sih klo mnrt saya. Kdang ada ide kdng nggk

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: