Mari Kembali Hidupkan Musik Indonesia yang Bergizi

Aku tak tahu apa yang terjadi dengan musik Indonesia masa kini. Musik Indonesia yang bergizi seolah-olah tertutupi oleh musik asal trending yang lirik dan musiknya seolah-olah asal jadi.

Sebenarnya di bawah permukaan, ada banyak lagu yang berkualitas karya para musisi yang idealis. Seperti lagu dari Isyana yang baru-baru ini berani menampilkan jati dirinya dengan albumnya yang langka, bergaya ala pop opera.

Sayangnya penonton dan pendengar lagu-lagu ini masih kalah jauh dengan lagu-lagu yang asal hits. Lagu-lagu ini jadi tertutupi. Lagu milik Isyana kalah populer, padahal lagu-lagu dari album “Lexicon” ini luar biasa (di sini ulasannya).

Di luar lagu-lagu yang menggunakan instrumen alat musik modern, Indonesia juga kaya akan musik etnik. Ketika berbicara tentang world music Indonesia, aku yakin Indonesia adalah negeri penyumbang terbesar lagu-lagu dan musik etnik. Hampir tiap suku di Indonesia memiliki alat musik tradisional. Lagu-lagu diciptakan dari alat musik tradisional dan lewat suara, sebagai lagu pengiring upacara, saat upacara kematian, perayaan panen, dan sebagainya. Menurutku musik etnik yang dimiliki Indonesia adalah kekayaan besar yang patut dijaga dan dilestarikan

Omong-omong Kalian sudah pernahkah ke museum musik yang ada di Malang? Ada dua di sana. Yang di kota Malang lebih ke album kaset dan lebih fokus ke musik dalam negeri, sedangkan yang di Batu itu begitu lengkap, dari lagu, alat musik, dan juga sejarah musik dunia. Aku merasa gembira dan ingin berlama-lama di sana. (Ceritaku di museum musik dunia di sini)

Di museum musik dunia, terlihat begitu kayanya alat musik di Indonesia. Genre musik yang ada di Indonesia begitu bervariasi. Ada asal-usul tentang musik dangdut dan keroncong yang perlu dipahami kaum muda.

Ini sekedar artikel tentang musik. Ceritanya tidak fokus ke sana-sini hahaha. Aku hanya ingin bercerita ada banyak hal menarik tentang musik nasional. Juga adanya kekuatiranku musik Indonesia yang bergizi terus kalah oleh lagu-lagu yang hanya asal trending. Selamat hari musik nasional.

~ oleh dewipuspasari pada Maret 9, 2020.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: