UKM Juga Perlu Software ERP, SystemEver Jadi Solusinya

“Kami hanya memiliki dana sebesar ini untuk implementasi IT road map apakah besarannya cukup jika pada tahun depan kami mengganti sistem ERP eksis saat ini dengan sistem baru?” Seorang klien mengajukan pertanyaan, yang membuat kami berpikir keras dan tidak bisa menjawab saat itu juga. Hal-hal berkaitan dengan investasi TI, perencanaan strategis TI hingga peta jalan (IT road map) menjadi bidang pekerjaanku saat ini. Mau tak mau kami harus memiliki pengetahuan dan informasi baru tentang standar dan best practice terbaru seperti COBIT, TOGAF dan kawan-kawannya, juga produk-produk terbaru tentang TI.

Memang tidak semuanya kumengerti dan kadang-kadang aku juga kurang update karena ilmu di bidang teknologi informasi yang sangat luas. Hingga saat ini aku dan tim lebih sering menerima proyek berkaitan dengan sistem perencanaan strategis sistem informasi dan teknologi informasi.

Kadang-kadang mereka juga meminta dibuatkan hitungan kasar tentang investasi SI/TI. Ada juga yang meminta proses evaluasi sistem mereka, apakah kapasitasnya sudah mencukupi, apakah sudah cukup aman? Dan sebagainya.

Kami juga pernah melakukan evaluasi untuk sebuah sistem bisnis inti (core business) di perusahaan besar. Mereka menggunakan ERP untuk sistem bisnis inti tersebut. Nilai investasinya sudah sangat besar. Yang membuat kami berpikir keras mereka mencoba meminta kami memberikan rekomendasi untuk mengganti sistem ERP yang eksis tersebut dengan sistem ERP baru.

Mereka menyebutkan beberapa merk tertentu dan benakku kemudian memproses informasi yang pernah kubaca bahwa nilainya sungguh tak kecil. Belum lagi besaran biaya langganannya, pelatihan sumber daya manusianya, dan sebagainya.

Intinya ketika sebuah perusahaan memutuskan untuk mengadopsi sebuah software ERP itu jelas bukan investasi yang main-main. Ini sebuah investasi besar sehingga jangan sampai salah pilih produk, salah pilih vendor, dan sebaiknya harus ada kantor perwakilan di Indonesia untuk memudahkan proses pemeliharaannya.

Sekitar satu dasawarsa lalu, sistem ERP umumnya hanya dimiliki oleh perusahaan-perusahaan besar di Indonesia. Selain memang software ERP memiliki berbagai manfaat bisnis yang besar bagi perusahaan tersebut, juga dikarenakan penerapan ERP di sebuah perusahaan mampu meningkatkan citra positif perusahaan tersebut.

Nilai trust atau kepercayaan dari para stakeholder termasuk pemegang saham dan publik ikut terangkat karena ERP dikenal sebagai sistem yang tangguh dan bersifat transparan. Oh ya apa sih ERP itu?

Apa bedanya dengan software pada umumnya?

Pengertian dari Software ERP

ERP yang kumaksud di sini bukan electronic road pricing alias jalan berbayar ya. ERP yang kubahas memiliki kepanjangan Enterprise Resource Planning. Jika diterjemahkan secara bebas, maka ia berarti perencanaan sumber daya perusahaan.

Berdasarkan Gartner-yang mempopulerkan istilah ini-ERP adalah kapabilitas untuk menghadirkan serangkaian aplikasi bisnis yang terintegrasi. ERP ini menurut Investopedia dapat membantu perusahaan untuk melakukan perencanaan sumber daya karena memiliki kemampuan untuk mengintegrasikan semua proses yang diperlukan untuk menjalankan perusahaan mereka dengan satu sistem tunggal.

Sistem ERP pada umumnya terdiri dari berbagai modul (gambar dari blog sistem-informasi dot xyz)

Dalam bahasa sederhananya, software ERP merujuk pada sebuah software yang begitu besar atau kompleks sehingga kadang-kadang juga disebut sebagai sebuah sistem aplikasi, sistem software (software system) atau sistem saja.

Di dalam sistem tersebut umumnya terdapat berbagai modul aplikasi, seperti modul perencanaan, SDM, keuangan, manufaktur, layanan, aset, rantai pasokan, dan masih banyak lagi.

Istilah ERP ini mulai banyak digunakan pada tahun 90-an dan makin populer pada tahun 2000-an seiring dengan kemajuan teknologi infomasi dan semakin banyaknya perusahaan yang operasionalnya bergantung pada SI/TI.

Berdasarkan definisi tersebut, software yang dikategorikan sebagai software ERP memiliki karakteristik di antaranya sistem yang terintegrasi, beroperasi secara real time (atau hampir), penampilan (interface) modul-modul aplikasinya yang konsisten dan mirip satu sama lain, dan adanya database yang mendukung operasional sistem aplikasi tersebut.

Pada saat ini software ERP terus berkembang. Teknologinya terus berkembang, yang dulunya hanya bisa digunakan secara dekstop based, kemudian bisa digunakan secara web based, dan saat ini juga muncul berbagai produk software ERP yang memungkinkan untuk digunakan secara mobile based. Dengan adanya teknologi ini maka software ERP bisa diakses dengan menggunakan smartphone, sehingga membantu pada masa work from home seperti saat ini.

Sekarang teknologi mobile semakin berkembang (sumber:bmmagazine dot co dot uk)

Software ERP untuk UKM Adakah? Tadi di atas aku menyebutkan rata-rata perusahaan yang mengimplementasikan software ERP adalah perusahaan besar, seperti perusahaan multicompany dan perusahaan plat merah. Dulu memang software ERP dikenal begitu mahal. Tapi dengan kemajuan teknologi dan kebutuhan dari pihak UKM (SME – small and medium enterprise) maka kemudian juga hadir software ERP yang juga bisa mengakomodasi kebutuhan Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Tentunya investasinya jauh lebih hemat. Salah satu software ERP yang dikhususkan untuk UKM adalah adalah SystemEver®.

Mengapa sebaiknya UKM menggunakan software ERP SystemEver untuk operasional bisnisnya?

Software ERP selama ini dikenal ‘tangguh’ dalam membantu proses bisnis, dari proses perencanaan hingga proses akuntansi. Dengan adanya sistem yang terintegrasi, Software ERP SystemEver ini maka UKM bisa lebih berfokus pada usahanya. Ia bisa berfokus untuk menciptakan pangsa pasar baru, meningkatkan kualitas produknya, melakukan inovasi agar lebih kompetitif, dan meningkatkan kualitas layanan after sale.

Setelah digunakan selama sebulan dua bulan hingga setahun maka akan terlihat perbedaannya antara UKM yang menggunakan sistem manual, semi manual, terotomasi, hingga yang menggunakan sistem otomasi dan terintegrasi berupa SystemEver. UKM tidak akan kesulitan dalam melakukan proses penggajian, pembelian ini dan itu, manajemen persediaan, akuntansi, pemeliharaan aset, dan masih banyak lagi.

Software ERP SystemEver yang menyandang predikat sistem ERP terbaik untuk UKM dari mana sih? SystemEver berasal dari Korea Selatan. Ia dikembangkan oleh YoungLimWon SoftLab Co., Ltd. Perusahaan YoungLimWon SoftLab Co., Ltd. merupakan perusahaan software ERP yang berdiri sejak tahun 1993. Produk SystemEver telah diluncurkan sejak tahun 2014. Hingga saat ini SystemEver telah digunakan oleh 1800 UKM di Indonesia, China, Jepang, Korsel, dan Vietnam.

Dengan adanya Software System SystemEver bisa membuat operasional berjalan lebih efektif efisien (sumber gambar: SystemEver)

Yang Bikin SystemEver Perlu Dilirik UKM Indonesia

UKM perlu fokus kepada kualitas produk dan jasa yang dihasilkan serta upaya untuk memperluas pangsa pasar. Itulah core business-nya. Untuk itu ia sebaiknya tidak dipusingkan dengan soal administrasi dan hal-hal lainnya. Sistem aplikasi yang dimilikinya juga sebaiknya membantunya dalam membuat keputusan.

Nah, SystemEver memiliki fungsi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Ia telah memiliki iSeries produk yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan, yaitu unit model (i1: akuntansi, i2: sistem keuangan dan penggajian, i3:inventory, pembelian, dan penjualan) dan integrasi sistem ERP (i5 & i7). Untuk yang bersifat unit modul maka ini cocok bagi UKM yang baru memulai mengimplementasikan software ERP. Sedangkan untuk produk integrasi sistem cocok bagi UKM yang ingin aplikasi yang komplet dan terintegrasi sehingga operasional bisa berjalan lebih efektif dan efisien.

iSeries 7 SystemEver komplet dan terintegrasi (sumber gambar: SystemEver)

Dari segi fitur ada dua jenis produk yakni Consultan-K dan Visual-K. Apa bedanya? Umumnya permasalahan dari implementasi software sistem ERP adalah proses setting dan kustomisasinya dengan kebutuhan perusahaan yang relatif tidak mudah, sehingga kadang-kadang ada berbagai fitur yang tak bisa dipakai. Di software ERP SystemEver hal ini terbantu dengan fitur yang disebut Consultan-K. UKM tidak perlu menyewa tenaga TI khusus untuk implementasi, kustomisasi, dan operasional sistem ERP ini. Fitur ini akan bertindak semacam konsultan, membantu meminimalkan kesalahan yang umum terjadi dalam menerapkan sistem ERP. Ini nih yang bisa membuat SystemEver masuk aplikasi ERP terbaik.

Ada juga fitur yang disebut Visual K. Fitur ini ini akan membantu para penggunanya dalam menjalankan proses kerja. Proses-proses kerja ini terpetakan secara visual sederhana. Pengguna bisa melakukan satu kali klik pada proses kerja yang dituju kemudian ia bisa langsung bekerja. Sehingga tidak perlu banyak pull down.

System Ever punya fitur Visual K yang membantu dalam bekerja (sumber gamabr: System Ever)

Aplikasinya ini juga bisa diakses oleh gawai apapun, komputer dekstop, laptop, ataupun smartphone. Sehingga ia bisa digunakan secara mobile asalkan terakses internet. Manfaatnya pemilik perusahaan akan dapat memonitor transaksi di mana saja dan kapan saja. Software sistem ERP ini juga memiliki fitur multicurrency. Selain itu ia juga memiliki berbagai pilihan bahasa yang dapat dipilih, seperti Bahasa Indonesia. Bahasa Inggris, Mandarin, Jepang, Korea, dan Vietnam. Dengan kelebihan tersebut tak heran apabila software sistem ERP System Ever berhasil meraih sistem ERP terbaik dan terpercaya di Asia dan juga sistem ERP terbaik di Indonesia.

Software ini bersifat cloud alias tidak perlu berinvestasi untuk server database, sehingga investasinya lebih terjangkau dan masuk dalam ruang lingkup sistem cloud ERP dan software ERP murah. Kantor perwakilan Software Cloud ERP di Indonesia ini ada di jalan Gandaria 8 Office Tower – 8th Floor , Jl. Sultan Iskandar Muda. Untuk lebih lengkapnya bisa langsung berkunjung ke web SystemEver di https://systemever.co.id/cloud-ERP.

gambar cover dari sme-news dot uk

~ oleh dewipuspasari pada Mei 26, 2020.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: