Kisah Para Anjing di Penampungan di “Mutts”

mutts

Di tempat tersebut ada begitu banyak anjing. Sangat banyak. Ada ratusan. Tempat itu adalah penampungan anjing-anjing liar. Setiap hari mereka menggantung asa, siapa tahu ada manusia yang tertarik mengadopsinya.

Film tentang anjing kampung ini tersaji dalam film Prancis berjudul “Mutts”. Film ini tanpa dialog dan berdurasi 18 menitan. Di sini penonton diajak menyaksikan rutinitas para anjing di sebuah penampunga di Maroko, sejak mereka bangun, makan, hingga malam menjelang.

Film ini berformat dokumenter. Sutradaranya adalah Halima Ouardiri. Film ini menarik karena memberikan gambaran sehari-hari mereka yang tinggal di penampungan, semua tersedia, makanan, tempat tinggal, tapi mereka terkukung di sebuah ruangan. Tak ada privasi juga di dalamnya.

Aku tersenyum ketika melihat setiap anjing punya tempat tidur sendiri, ranjang mereka seperti hammock. Ada yang berkutu, juga ada yang baru melahirkan.

Melihat begitu banyaknya anjing ini mengingatkanku pada film animasi “Isle of Dogs”, Seperti gambaran wujud nyata dari animasi tersebut.

Bukan berarti membandingkan manusia dan hewan. Tapi dari narasi dalam film tersebut, si penulis naskah mencoba menyampaikan pesan kondisi buruk yang dialami para pengungsi yang daerahnya dilanda peperangan tanpa henti tersebut, mirip dengannya.

Tak semua pengungsi berhasil tiba di negara-negara Eropa dan Australia. Mereka malah sebagian besar ditampung oleh negara tetangganya yang sebenarnya secara perekonomian juga masih bergelut untuk mencukupi kebutuhan negerinya. Mereka bernasib sama dengan yang ada di penampungan, memiliki asa untuk bisa hidup bebas dan lebih layak.

Film ini tayang selama Festival Film Prancis hingga 15 Februari. Kalian bisa menyaksikannya di website resmi di My French Film Festival atau juga di kanal Youtube di UniFrance dengan judul “Clebs”.

anjing kampung

Gambar dari MyFrenchFilmFestival

~ oleh dewipuspasari pada Januari 28, 2021.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: