Kukis dan Idul Fitri

Kue kering
Sejak kecil kukis alias kue kering selalu hadir pada masa Idul Fitri. Di mana-mana suguhan tamu selain kue-kue dalam kaleng adalah kukis. Jenisnya makin beragam semakin ke sini. Semakin banyak kreasi kukis yang nikmat dan menarik.

Mulai kapan ya kue kering menjadi kue ikonik pada saat Idul Fitri? Memang sih ada tetangga yang suka menyediakan es buah dan tetangga lainnya yang menyuguhkan jadah tape ketan hitam. Tapi rasanya jarang kutemui. Bila aku ke desa-desa sekitaran Malang jaman dulu sewaktu kecil, kue-kuenya umumnya rengginang dan kue kering yang dibuat sendiri. Ada kuping gajah, unthir-unthir, juga antari – semacam kembang goyang tapi ukurannya kecil-kecil.

Ibu dulu suka menyebut kue kering sebagai jajan pan-panan. Pasalnya, kue kering memang kebanyakan dipanggang daripada digoreng.

Jaman dulu kue kering yang muncul biasanya semprit (kue kering model bunga atau lonjong lalu diberi misis, sukade, atau selai), lalu ada putri salju, nastar, dan kastengel. Ayah suka membelikan kami kue kering cokelat dan lidah kucing.

Kue kering
Yang kue kering cokelat itu enak, rasa cokelatnya benar-benar terasa. Bentuknya pun lucu-lucu, ada bentuk beruang dan juga bentuk kupu-kupu. Sedangkan lidah kucingnya aroma vanilla-nya terasa.

Selang bertahun-tahun kemudian kue kering mengalami banyak inovasi. Ada masa kue kering dengan bentuk lucu-lucu dan nampak rumit. Ada campuran kurma, kismis, dan buah kering dalam kue kering yang mirip dengan keranjang mungil. Lalu ada jaman serba matcha alias teh hijau. Ada juga jaman serba keju dan serba choco chip. Yup kue kering juga ada tren dan mode tersendiri.

Dulu juga sempat musim kue sagu keju, yang tepungnya dari sagu sehingga terasa nyesss, meleleh di lidah. Lalu ada yang berbahan sereal sehingga berserat dan krenyes-krenyes.

Ayahku paling suka bangket jahe, seperti dalam fil kartun. Sedangkan ibu sukanya bangket kacang. Aku sendiri selain suka lidah kucing, suka akan kue kering beraroma lemon dan juga kayu manis berempah. Rasanya menenangkan gitu menyantap dan menghirup aromanya.

Ya, tampilan kue kering semakin aneka rupa. Tapi teuteup yang paling banyak dicari adalah semprit, nastar, dan kastengel. Kalau kalian paling suka kukis yang mana?

~ oleh dewipuspasari pada Mei 15, 2021.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: