Sekilas Tokoh-tokoh Srimulat yang Telah Wafat

Srimulat
Ketika menyaksikan film “Srimulat: Hil yang Mustahal”, aku merasa gembira dan haru. Haru di sini karena beberapa tokoh dalam filmnya telah wafat.

Ada sejumlah tokoh Srimulat yang muncul di sana. Ada Asmuni dan lainnya juga pendiri Srimulat, Teguh Slamet.

Ya, di antara mereka ada yang telah pergi ke alam baka. Mereka adalah Asmuni, Gepeng, Timbul, dan Basuki, juga Pak Teguh Slamet. Yang tidak muncul dalam film dan sudah almarhum ada Mamiek Prakoso, Pak Bendhot, dan Eko DJ.

Asmuni adalah pelawak yang khas dengan kumis kotak kecilnya ala Charlie Caplin. Kumis kecilnya itu rupanya ada semacam penjepit ditaruh di dalam lubang hidung kalau melihat di film.

Melihat penampilannya saja sudah bisa bikin tertawa. Ia biasanya suka ngomong belibet, alias terbalik-balik seperti ‘hil yang mustahal’.

Di Srimulat, karena sosok yang senior dan juga pengayom maka ia disegani dan dihormati oleh para anggota Srimulat.


Tentang Gepeng aku tak tahu banyak karena ia meninggal pada tahun 1988.Yang kuingat ketika baca di sebuah majalah, ia sosok pelawak yang kurus alias berbadan gepeng dan punya senyum yang khas. Di film ia memiliki modal lawakan yang alami. Celetukannya kocak. 

Untuk pelawak Srimulat bernama Timbul aku juga lupa lawakan khasnya. Namanya ingat sih. Baru di film, baru ngeh itulah Timbul yang ceria.

Yang agak mengejutkan adalah kepergian Basuki dan Mamiek Prakoso. Keduanya sebelumnya masih aktif di teve. Basuki kocak dengan gayanya yang suka menggerutu. Mamiek sendiri memiliki gaya berbicara yang berapi-api. Penampilan Mamiek khas berkat rambutnya yang sebagian disemir mencolok.

Pak Eko DJ ternyata kelahiran Malang. Ia dulu cukup sering juga tampil di teve jadi tokoh bapak-bapak. Pak Bendhot yang kuingat pernah tampil di film Si Doel. Sedangkan Pak Teguh aku baru mengetahui sosoknya di film.

Mamiek, Eko DJ, dan Pak Bendhot belum muncul di babak pertama film Srimulat. Atau mungkin mereka awalnya lebih banyak di daerah sebelum kemudian ke pentas nasional.

Gambar milik MNC Pictures

~ oleh dewipuspasari pada Mei 25, 2022.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: