Poligami Yuuk!?

poligami

Topik poligami tidak habis-habis diperdebatkan. Banyak yang mendukung, tidak sedikit pula yang menentang. Topik beristri lebih dari satu ini kembali marak ketika Dai Gymnastiar alias Aa Gym memutuskan menikah lagi.

Topik ini berkembang luas dan menjadi berita utama di berbagai media massa. Lalu, apa yang terjadi? Aa Gym kehilangan sebagian jamaah wanita karena tidak setuju dengan keputusannya untuk berpoligami. Di sisi lain, sikap Aa Gym ini seolah menjadi pendukung alasan orang-orang yang sudah atau yang ingin berpoligami.

Sebenarnya apa poligami itu? Mengapa poligami lebih populer daripada poliandri? Benarkah Al Qur’an memerintahkan umatnya untuk berpoligami? Dianjurkan? Sekedar diperbolehkan dengan persyaratan tertentu? Atau, malah dilarang?

Semua pertanyaan-pertanyaan itu akan terjawab dalam buku yang dikarang alumni jurusan teknik nuklir UGM ini. Ia akan membimbing pembaca untuk menganalisis apa itu poligami dan mendudukkan permasalahan poligami dengan adil, cerdas dan sesuai Al-Quran.

Namun, pembaca harus sedikit bersabar karena penulis satu ini bukan tipe pengarang to the point. Ia mengawali pembahasannya dengan menerangkan konsep Semua Diciptakan Berpasangan dan Keseimbangan adalah Kebahagiaan pada bab pertama.

Dalam bab pendahuluan ini ia memberi tekanan pada baris berikut. ’’Memberi kebahagiaan adalah kata kunci untuk memperoleh kebahagiaan pada giliran berikutnya. Memberikan kesuksesan kepada pasangan kita, adalah kata kunci untuk meraih kesuksesan kita sendiri pada giliran berikutnya’’ (halaman 32).

Ketika bersentuhan dengan buku ini, jangan pernah berspekulasi tentang kesimpulan akhirnya. Penulis sarankan untuk membaca secara keseluruhan buku ini, dari bab pertama hingga bab ketujuh untuk memahami gagasan dan pendapat dari seorang Agus Mustofa.

Meski cukup tebal, buku ini mudah dicerna dan dapat dibaca segala kalangan, baik remaja, mahasiswa, ataupun masyarakat umum sebagai bahan diskusi atau sekedar menambah wawasan tentang poligami. (dimuat di Media TASPEN 83/2007)

Judul : Poligami Yuuk!?

Pengarang : Agus Mustofa

Penerbit : Padma PressT

Tebal Buku : 255 halaman

KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia

 

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Februari 15, 2008.

7 Tanggapan to “Poligami Yuuk!?”

  1. maaf mba dewi purpitasari.. mungkin saudari yang belum memahami islam dengan teliti.. siapa bilang nabi tidak menyarankan poligami meski tak secara langsung di ucapkan… Ali r.a bukan dilarang menduakan Fatimah, mungkin mba dewi belum membaca hadist lengkapnya.. bahwa kenapa Nabi saw. tidak mengizinkan Ali menikah lagi.. kurang lebih begini redaksi haditsnya “……Demi Allah, aku tidak mengharamkan apa yang telah Allah halalkan, dan akau tidak menghalalkan apa yang telah diharamkan Allah, tapi yang sebenarnya adalah tidak akan pernah bersatu selamanya anak dari pesuruh Allah ( Fatimah) dan anak dari musuh Allah ( anak gadis abu Jahal)…..” kenapa Nabi melarang Ali menikah lagi, itu karena yang akan dinikahi adalah anak dari Abu Jahal,,manusia yang tecatat dalam Al Quran sebagai manusia yang dilaknat. bukan karena poligaminya . bukan hanya itu mba… dalam sebuah riwayat ada seorang sahabat Nabi saat masuk islam dia memiliki 8 orang istri, ketika sahabat itu masuk islam, maka Nabi menyuruhnya memilih 4 orang istri dan menceraikan sisanya,. siapa bilang juga Ali hanya memiliki istri fatimah, setelah Fatimah meninggal, maka Ali menikah lagi dengan dua orang wanita (poligami). ini hanya mencerahkan maba aja..tidak bermaksud berdebat.. hanya jangan kita memotong-motong hadiits ata ayat mana yang sesuai dengan nafsu kita..

  2. KATALOG BUKU AGUS MUSTOFA

  3. Kalau kita lihat dengan banyaknya musibah sekarang ini ,saya sangat setuju sebab dengan berpoligami banyak orang terselamatkan dari perzinaan ,udah jelas Poligami adalah hal yang di ridhoi Alloh Swt kenapa harus diperdebatkan ! kenapa harus dipermasalahkan namun coba kita lihat kota mana yang tidak ada lokalisasinya kenapa kurang orang yang menentangnya ?padahal itu jelas -jelas yang melanggar aturan Alloh dan pasti mendatangkan Bencana . tq ,jadi saya harap buku ini dicetak sebanyak mungkin dan diedarkan dg harga yang terjangkau.

    • Hehehe mungkin Anda akan terkejut dengan isi buku tersebut. Buku tersebut malah tidak menyarankan berpoligami karena Nabi Muhammad SAW sendiri berpesan ke Ali waktu ia menikahkan anaknya agar jangan menduakan Fatimah…coba baca sejarah Islam lebih teliti…di sana malah disarankan untuk tidak berpoligami karena tidak ada yang bisa adil dengan istri-istrinya, hanya Nabi Muhammad SAW.
      tentang perzinahaan, pelacuran itu bukan karena poligami namun penyakit mental orang-orang tertentu saja.
      maaf jika tidak setuju dengan pendapat saya

  4. memang sebuah hal yang seru untuk didiskusikan tetapi tetep harus dipandang dari segala sisi. dan iya sepakat untuk tidak berspekulasi pada sebuah kesimpulan jika hanya memandang dari satu sisi saja bukan dalam poligami saja tetapi dalam semua hal, menurutku sih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: